advertisements
advertisements

K-Pop (singkatan dari Korean Pop) tidak hanya berkembang pesat di negara asalnya sendiri, Korea Selatan, melainkan sudah mendunia. Buktinya, K-pop sudah sering menduduki jajaran musik teratas di beberapa negara seperti Amerika, Kanada, Cina, Jerman, Malaysia, dan tak luput dari negara kita sendiri, Indonesia.

Awal mula demam K-Pop menjamur di Indonesia adalah sekitar tahun 2000-an. Dimulai dari siaran televisi nasional yang menayangkan drama Korea, masyarakat Indonesia pun mulai tertarik dengan musiknya juga.

advertisements
advertisements

Setelah itu, mulai bermunculan acara musik khusus untuk membahas lagu K-Pop atau acara musik yang membahas K-Pop secara singkat di sela-sela acara mereka. Bahkan saat ini  di sosial media seperti YouTube dan Instagram, terdapat banyak sekali orang Indonesia yang melakukan cover lagu, tarian, atau make up dari para idol K-Pop. Hal ini membuktikan betapa menjamurnya K-Pop di Indonesia.

Jika kamu memiliki teman yang menyukai K-Pop, maka kamu mungkin pernah mendengar istilah ‘asing’ yang teman kamu katakan. Misalnya seperti comeback, debut, rookie, atau kata yang merupakan bahasa Korea seperti daebak, jinjja, dan oppa. Atau kamu merupakan K-Popers baru? Untuk dapat mengerti bahasa para K-Popers, disimak yuk istilah-istilah dalan dunia K-Pop yang perlu kamu tahu!

Kamus K-Pop

Keterangan: Adj (kata sifat), Adv (kata keterangan), V (kata kerja), N (kata benda), Exclam (ekslamatori/kata seruan)

A

Abs (N):

jimin bts abs

Abs merupakan singkatan dari abdomens atau otot perut. Tidak jarang para idol laki-laki memamerkan perut ber-six packs atau biasa disebut juga sebagai abs. Tentu saja abs akan memberikan nilai lebih pada para idol, karena tidak sedikit fans yang mengharapkan idol mereka memiliki abs. Sedangkan idol perempuan, abs-nya biasanya hanya berbentuk angka 11. Maksudnya hanya dua garis dari perut bagian atas sampai perut bagian bawah, tidak sampai membentuk enam kotak seperti idol laki-laki.

Aegyo (Adj, V):

yoona snsd aegyo

Pesona atau daya tarik yang dimiliki idol K-Pop, biasanya berupa sifat yang ‘imut’. Contohnya adalah berbicara menggunakan ‘bahasa bayi’ atau dengan suara yang diimut-imutkan sambil menyanyikan gwiyomi song atau aegyo song lainnya. Di Korea, aegyo mungkin dianggap imut, dan tentu saja para fans K-Pop juga menganggapnya imut. Tapi, sebaiknya tidak perlu kita tiru di Indonesia kalau tidak mau disebut alay atau sok imut.

Age / Korean Age (N):

korean age

Sistem penjumlahan usia di Korea berbeda dari biasanya. Jika di Indonesia saat baru lahir usianya terhitung baru satu hari, di Korea usianya terhitung sudah satu tahun. Orang-orang Korea menghitung usia mereka sejak dalam kandungan, sehingga ketika anak mereka lahir, usianya dianggap sudah satu tahun. Makanya jika kamu membaca profil idol biasanya akan ada International Age dan Korean Age untuk memberikan kejelasan tentang usia mereka agar para fans tidak kebingungan.

advertisements
advertisements

Age Line (N):

Diberikan untuk member idol yang lahir pada tahun yang sama, ditulis dengan dua angka belakang tahun kelahiran lalu ditambah ‘strip’ dan kata ‘line‘. Contoh: Rap Monster dan J-Hope, member boy group BTS, merupakan 94-line karena mereka lahir pada tahun yang sama, yaitu 1994.

Aigoo (Exclam):

aigoo

Merupakan kata yang digunakan untuk menunjukkan perasaan terkejut, frustrasi, senang, lelah, atau terkejut (tergantung konteks). Kalau dalam bahasa Indonesia mungkin seperti: “Ya, ampun!”, “Aduh!”, atau “Wow!”.

All Kill (N):

Ungkapan yang digunakan ketika lagu single (lagu yang dijagokan) idol K-Pop menempati urutan teratas di beberapa tangga lagu dalam waktu yang bersamaan. Misalnya Twice meraih all kill ketika lagunya yang berjudul Cheer Up merajai tangga lagu di Melon, Mnet, Genie, dan Naver sekaligus.

Anti Fan / Anti / Antis (N):

Merupakan sebutan untuk orang yang menyatakan kebenciannya terhadap artis, idol, atau grup. Biasanya mereka menyerukan kebencian mereka secara terang-terangan dengan membuat akun media sosial yang bertujuan untuk menjelek-jelekkan idol yang mereka benci sampai mengirimkan surat ancaman kepada idol tersebut. Baca kelakuan anti Super Junior di sini.

B

Banmal (N):

Banmal adalah bahasa informal yang digunakan dengan teman dekat atau dengan orang yang usianya lebih muda. Sangat tidak sopan jika digunakan untuk berbicara dengan orang yang lebih tua atau jika hubungan kekerabatan yang dekat belum terjadi. Biasanya akan ada permainan yang memperbolehkan member idol termuda berkata banmal pada member yang lebih tua, tapi hanya dalam beberapa menit saja.

Bias (N):

mark got7

Bias mungkin diambil dari bahasa Inggris, yang jika diterjemahkan berarti ‘condong’. Misalnya dalam satu grup idol terdapat lima member, orang yang paling difavoritkan itulah yang disebut sebagai bias. Tapi, seringkali karena semua anggota atau member dari idol tersebut sangat lovable semuanya, para fans jadi tidak bisa memilih bias dan mengatakan kalau mereka menyukai semua member.

Bias List (N):

Biasanya sebuah grup idol beranggotakan empat orang hingga tak terbatas, untuk sekarang bahkan ada grup idol bernama NCT yang beranggotakan 17 orang yang terbagi menjadi tiga Sub Unit yaitu NCT 127, NCT U, dan NCT Dream. Mereka semua berada di bawah naungan agensi yang sama, yaitu SM Entertainment.

Kembali lagi ke istilah Bias List. Dalam satu grup, biasanya orang akan memiliki urutan member yang paling mereka sukai (Bias) sampai yang tidak terlalu mereka sukai atau yang mereka sukai tapi berada di urutan paling bawah. Daftar urutan inilah yang disebut Bias List. Urutan dalam Bias List biasanya tidak akan selalu sama untuk selamanya, karena kadang orang akan bosan atau mungkin member lain baru kelihatan charm-nya, sehingga Bias List sering berubah-ubah.

Boy Group (N):

monsta x group

Merupakan grup idol yang hanya beranggotakan laki-laki saja. Boy group berbeda dengan band. Jika dalam band anggotanya bernyanyi dan memainkan alat musik, boy group bernyanyi sekaligus menari.

C

CF (N):

CF merupakan singkatan dari Commercial Films, istilah yang merujuk pada penayangan suatu promosi atau iklan di TV. Jadi, jangan bingung lagi kalau membaca artikel tentang artis Korea yang diberitakan sedang kontrak CF dengan suatu perusahan atau sedang syuting CF.

Collarbone (N):

collarbone

Secara harfiah collarbone berarti tulang selangka. Beberapa idola disukai karena collarbone yang terlihat jela atau menonjol. Hal itu dianggap seksi oleh para fans.

Comeback (N):

Ketika para idol sudah selesai melakukan promosi untuk album atau lagu yang sebelumnya dan membuat album atau lagu baru, itulah yang disebut comeback. Mungkin maksudnya mereka ‘kembali’ melakukan promosi atau ‘kembali’ membuat lagu. Tidak ada aturan waktu tunggu minimum untuk melanjutkan promosi lagu sebelumnya. Jadi, bisa saja idol baru melakukan comeback empat bulan yang lalu tapi sekarang sudah melakukan comeback lagi.

Comeback Stage (N):

Miss A Comback Stage

Performance pertama idol di program musik untuk promosi lagu title (single) terbaru mereka. Dalam comeback stage, para idol biasanya diizinkan untuk menampilkan dua lagu. Akan dilakukan voting untuk menentukan lagu siapa yang terbaik. Pada acara puncak, akan diumumkan pemenang pada minggu tersebut dan bagi idol yang memenangkan predikat tertinggi akan melakukan encore.

D

Daebak (Exclam):

Sebuah ekspresi untuk mengungkapkan perasaan kagum, senang, dan terkejut. Pokoknya kata daebak disebutkan ketika melihat atau mendengar sesuatu yang luar biasa. Kalau bahasa Inggrisnya mungkin sama dengan cool.

Debut (N):

Sebelum menjadi artis, para calon artis akan melakukan masa trainee. Jika mereka sudah dinyatakan ‘layak’ menjadi artis, barulah mereka didebutkan atau diorbitkan.

Debut Stage (N):

Debut Stage adalah saat pertama kalinya artis pendatang baru atau yang lebih sering disebut rookie tampil dilayar kaca, mempromosikan lagu mereka.

Dongsaeng (N):

dongsaeng

Dongsaeng berarti saudara yang lebih muda. Bisa merujuk pada saudara kandung atau teman yang diperlakukan seperti saudara yang lebih muda. Kata ini bisa digunakan untuk semua gender.

E

Encore (N, V):

Merupakan penampilan terakhir dari para idol dalam sebuah konser ataupun dalam program musik. Mereka mengulang lagu yang paling ‘hits‘ diantara lagu mereka yang telah dipentaskan pada hari itu. 

Eye-Smile (N):

eye smile

Eye smile merupakan karakteristik wajah yang populer di mana lengkungan mata membentuk bulan sabit saat tersenyum. Hal ini dianggap manis di Korea Selatan.

F

Fanboy / Fangirl (N):

Jika kamu fan laki-laki, maka kamu disebut fanboy. Dan jika kamu fan perempuan, maka kamu disebut fangirl.

Fandom (N):

Nama atau sebutan untuk fan dari idol. Contohnya, fan Girl’s Day disebut Dai5y dan fan TVSQ disebut Cassiopeia.

Fansite (N):

Fansite merupakan sebuah situs di internet yang dibuat oleh fans dan dipersembahkan untuk fans. Maksudnya adalah para pengelola fansite bekerja selayaknya paparazzi yang mengabadikan momen para idol favorit mereka. Setelah mengambil ratusan bahkan ribuan foto, para pengelola fansite atau sering disebut fansite noona meng-upload-nya di situs mereka. Situs itu sendiri bisa didedikasikan untuk satu grup atau hanya untuk salah satu member dari grup tersebut. Alat-alat yang wajib dimiliki para fansite noona adalah kamera dengan lensa super fokus yang harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Fansite juga merupakan penyalur dukungan dari para fans untuk idol seperti mengirimkan truk makanan saat idol mereka syuting. Contoh fansite yang terkenal adalah Polar Light (fansite Baekhyun EXO).

Fan-chant (N, V):

bts i need u fanchant

Merupakan kata atau kalimat yang diteriakkan oleh fans untuk menyemangati idola mereka. Fan-chant ada yang selalu sama, tapi ada juga yang disesuaikan dengan irama. Cara melakukan fan-chant adalah dengan berteriak di sela bagian lagu saat liriknya sedang tidak dinyanyikan, sehingga tidak menganggu nyanyian idola mereka. Fan-chants umumnya berisi nama member idol dan nama grup idol. Pada gambar di atas merupakan fan-chants grup BTS saat menampilkan lagu I Need U. Bagian yang berwarna biru merupakan kata yang diteriakkan oleh ARMY, sebutan untuk fan BTS.

Fan Club (N):

Fan club resmi dan tak resmi dibentuk agar lebih teratur dalam mendukung para artis, karena di Korea Selatan terdapat aturan yang cukup sulit untuk membuat fan club. Tak jarang sebuah fan club ditegur pihak televisi karena melanggar perjanjian saat menonton idol mereka perform sehingga mereka dilarang datang ke stasiun televisi untuk beberapa kali ke depan.

Flower Boy / Kkotminam (N):

istilah k-pop

Istilah yang digunakan untuk menyebut laki-laki yang secara fisik terlihat cantik atau cenderung feminin seperti wanita.

G

Girl Group (N):

Kebalikan dari boy group, yaitu grup yang membernya perempuan semua.

Goodbye Stage (N):

Merupakan performance terakhir di program musik sebelum idol mengakhiri masa promosi lagu.

Gummy Smile (N):

gummy smile

Jenis senyum yang memperlihatkan bagian gusi dengan jelas. Banyak fan yang menyukai idol yang memiliki gummy smile seperti ini.

H

Happy Virus (Adj, N):

Merupakan sebuah sifat yang pasti dimiliki oleh salah satu member idol, seperti sudah diset bahwa setidaknya ada satu happy virus di dalam suatu grup. Happy virus sendiri bermakna orang yang memberikan keceriaan. Biasanya member yang dijuluki happy virus terlihat paling aktif dalam bergerak dan berbicara, senang tertawa, dan dapat menaikkan mood. Sehingga biasanya member yang memiliki titel happy virus yang lebih sering dipanggil untuk acara reality show.

Hwaiting (Exclam):

Sama dengan kata ‘fighting‘, yaitu kata yang digunakan untuk memberikan semangat kepada para idol.

Hyeong Line (N):

Merupakan kelompok member tertua dalam suatu grup.

I

Idol (N):

Istilah yang digunakan untuk menyebut artis K-Pop.

J

Joen-dae Mal (N):

Kebalikan dari banmal, yaitu bahasa percakapan formal.

L

Lightstick (N):

Fan sejati pasti punya barang yang satu ini. Lighstick adalah stik yang menyala dalam gelap, fungsinya untuk menyemarakkan konser para idol. Setiap idol punya lighstick masing-masing dengan desain dan warna yang berbeda-beda.

M

Maknae (N):

Member termuda di dalam grup. Biasanya menjadi sosok yang paling disayang sekaligus di-bully di grup oleh para hyeong-nya.

Maknae Line (N):

Merupakan kebalikan dari hyeong line. Sesuai dengan artinya, maknae sama dengan yang paling muda. Jadi, maknae-line adalah sederetan member yang termuda dari grup tersebut. Misalnya dari boy group iKON, yang termuda adalah Donghyuk dan Junhoe (kelahiran 1997) serta Chanwoo (kelahiran 1998).

Music Video atau MV (N):

Ketahuan sekali dari namanya saja berarti video musik, atau kalau di Indonesia lebih sering disebut video klip.

O

OT (N):

OT adalah singkatan dari one true. Maksudnya adalah angka. OT merupakan istilah yang digunakan fan yang mendukung atau menyukai semua member di dalam grup, tidak hanya mendukung bias-nya saja, dan cenderung tidak memiliki bias karena memang menyukai semuanya secara merata. Misalnya untuk boy group Seventeen yang memiliki tiga belas member, maka sebutannya adalah ‘OT13’.

OTP (N):

Merupakan singkatan dari one true pairing. Misal dalam satu grup ada sepasang idol yang terlihat sangat dekat, para fans biasanya suka ‘menjodohkan’ mereka, tidak peduli jika gender mereka sama. Misalnya official OTP seperti ‘ChanBaek’ (Chanyeol dan Baekhyun EXO) dan ‘TaeNy’ (Taeyeon dan Tiffany SNSD). Ada juga crack pairing OTP atau unofficial OTP, yaitu OTP yang tidak terlalu banyak penggemar yang meng-ship mereka seperti ‘NamMin’ (Namjoon dan Jimin BTS) atau juga pairing yang terdiri dari grup yang berbeda seperti ‘YoonYeon’ (Yoongi BTS dan Nayeon Twice).

R

Rookie (N):

Suatu idol group atau penyanyi yang baru debut. Mereka biasanya membawa label ‘rookie’ (pendatang baru) selama satu tahun dalam perkenalan mereka. Misalnya “Halo, kami adalah rookie idol, I.O.I!”

S

Sasaeng Fan (N):

Berbanding terbalik dengan anti fan, istilah sasaeng fan ditujukan untuk para penggemar yang menunjukkan kecintaan terhadap idola mereka secara berlebihan. Seringkali kegiatan yang mereka lakukan mengganggu banyak pihak, terutama sang idola itu sendiri.

Selca (N):

Kalau istilah yang lebih mendunianya, sih, selfie. Selca adalah singkatan dari self camera. Rata-rata para idol Korea masih menggunakan istilah selca daripada selfie.

Skinship (N, V):

Istilah untuk menyatakan kedekatan dan keakraban antar idol. Berlaku baik untuk idol perempuan maupun pria. Misalnya ada interaksi (mengobrol, merangkul, memeluk, dsb) antara GOT7 dan BTS saat di acara musik, maka para fans akan mengatakan “GOT7 dan BTS melakukan skinship di stage!”

Stan (N, V):

Julukan bagi penggemar yang menyukai satu idol saja atau menyukai idol dari entertainment tertentu saja. Tapi bukan berarti penggemar yang multi fandom tidak bisa disebut dengan julukan ini. Misalnya untuk orang yang menyukai girl group BLACKPINK akan menyebut mereka sebagai ‘BLACKPINK stan‘, kalau orang yang menyukai idol-idol dari satu entertainment saja seperti EXO, SNSD, F(x), dan Super Junior, maka mereka dapat menyebut diri mereka sebagai ‘SM stan‘.

T

Trainee (N, V):

Istilah untuk idol atau artis yang sedang dilatih sebelum debut. Berbeda dengan sistem dunia entertainment di Indonesia, di Korea Selatan para calon artis akan diasah bakatny, sikapnya, dan pendidikan lainnya sebelum diorbitkan. Sehingga para artis di sana memang benar-benar pantas menjadi public figure. Kalau di Indonesia kan kebanyakan hanya modal cantik atau modal nekat, walaupun banyak juga artis yang mementingkan pendidikan dan attitude seperti Chelsea Islan. Lama masa training berbeda-beda, tergantung kesiapan si calon artis dan kebijakan entertainment. Ada yang baru 2 bulan menjadi trainee langsung debut, ada juga yang perlu waktu bertahun-tahun.

U

Ultimate Bias (N):

Merupakan bias terfavorit yang selalu berada di puncak bias list dan tidak akan tergantikan posisinya oleh siapapun.

Y

Yaja Time (N, V):

Istilah lainnya:

4D atau 4D personality (Adj):

Jika grafik hanya ada 2D dan 3D, untuk para K-Popers, ada istilah lanjutannya yaitu 4D. Maksudnya adalah kepribadian idol yang unik, aneh, dengan pola pikir yang berbeda dari kebanyakan orang atau susah diprediksi. Jika kepribadian orang pada umumnya adalah 3D (normal), maka kepribadian yang nyentrik ini disebut 4D (4 dimensi), bahkan bisa disebut 8D jika sangat sangat nyentrik.

Nah, bagaimana? Masih bingung dengan istilah K-Pop lainnya? Boleh tinggalkan pertanyaan di kolom komentar. Atau jika saya melakukan kesalahan dalam penjabarannya, boleh diperbaiki di kolom komentar. 🙂

Artikel Menarik Lainnya: