advertisements

Tidur sangat penting bagi kesehatan. Tak hanya kesehatan fisik saja, namun juga kesehatan mental. Banyak sekali orang yang tak tidur cukup dikarenakan banyaknya aktifitas yang menyebabkan sedikitnya waktu yang dimiliki untuk tidur, atau memang mengalami insomnia. Kurang tidur bisa menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan Anda.

Pada saat tidur, koneksi saraf yang mendukung ingatan seseorang mengalami penguatan. Jika siklus tidur terganggu, otomatis konsolidasi ingatan pun akan mengalami gangguan. Kondisi kurang tidur juga berdampak kepada kurangnya produksi hormon pertumbuhan. Berikut adalah 5 hal yang tidak boleh dilakukan saat kurang tidur ala Bacaterus:

Mengemudi

advertisements

Kurang tidur membuat kewaspadaan otak menjadi berkurang sehingga sebaiknya hindari untuk mengemudi. Kurang tidur bisa menyebabkan kantuk yang bisa meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami kecelakaan. Kehilangan waktu tidur hingga empat jam bisa mempengaruhi kesehatan otak. Sehingga dapat membuat Anda sulit berkonsentrasi di saat mengemudi.

Mengantuk saat menyetir biasanya memberikan efek halusinasi, terbang dan perasaan was-was. Dampaknya bisa sangat besar karena membahayakan nyawa diri sendiri dan orang lain sesama pengguna jalan. Jadi pastikan Anda tidur cukup sebelum menyetir jarak jauh maupun jarak dekat. Pilihlah alternatif lain jika Anda terpaksa harus berpergian. Misalnya meminta seseorang untuk menggantikan Anda menyetir, atau menggunakan transportasi umum.

Membuat Keputusan Penting

membuat keputusan penting

Kurang tidur menyebabkan aktivitas otak pada area yang positif menjadi lebih tinggi, dan mengurangi aktivitas otak pada area yang negatif. Sehingga terkadang beberapa hal terlihat sangat baik bagi Anda dan membuat Anda memilihnya.

Sebaiknya disaat kurang tidur Anda menjadwal ulang pertemuan bila ada meeting atau pekerjaan yang berhubungan dengan membuat keputusan penting. Pada dasarnya, kurang tidur dapat mempengaruhi Anda dalam mengambil keputusan tanpa mempertimbangkan pro dan kontra.

Bagi pelajar dan mahasiswa atau semua orang yang menjalankan sedang menjalani program studi maka kurang tidur bisa menyebabkan kurangnya kemampuan kognitif. Hal ini disebabkan karena kurang tidur akan membuat otak kurang konsentrasi, tidak bisa memiliki ingatan yang baik, tidak bisa menggunakan nalar dengan baik dan sulit untuk menemukan solusi masalah.

Mengkonsumsi Minuman Berenergi

mengkonsumsi minuman berenergi

Ketika Anda merasa lelah, hindari meminum minuman berkafein dan mengandung kadar gula tinggi. Seperti didalam minuman berenergi yang biasanya mengandung kadar gula tinggi dan senyawa lain yang bisa mengganggu kesehatan Anda.

Lebih baik tambah energi dengan cara yang alami. Atau Anda bisa tidur siang. Jika tak begitu lelah, Anda bisa melakukan sedikit olahraga agar kembali bugar atau berjalan-jalan. Atau Anda bisa meminum secangkir kopi hitam tanpa gula di siang hari. Disarankan untuk tidak meminum kopi setelah jam dua siang, dikhawatirkan akan mengalami sulit tidur di malam hari.

Berbelanja

hal yang tidak boleh dilakukan saat kurang tidur

Kurang tidur bisa mempengaruhi pemilihan Anda pada makanan yang akan dibeli saat berbelanja. Kebanyakan Anda akan memilih makanan yang tak sehat dan berkalori tinggi. Hal ini karena otak orang yang kurang tidur cenderung buruk dalam hal membuat keputusan, terutama dalam mempertimbangkan yang berhubungan dengan kesehatan.

advertisements

Sebaiknya hindari juga melakukan belanja online. Ketika orang kurang tidur, mereka tak bisa membuat keputusan dengan baik. Mereka cenderung lebih mudah membuat keputusan yang tak dipikir masak-masak karena rasa lelah dan mengantuk yang tak mereka sadari.

Anda akan lebih berkemungkinan membeli barang-barang yang sebenarnya tak anda butuhkan atau bahkan  yang berharga mahal. Sebelum Anda nantinya menyesal, sebaiknya hindari berbelanja disaat Anda kurang tidur.

Melakukan Pembicaraan Serius

Ketika kurang tidur, kemampuan otak untuk menempatkan emosi pada konteks yang jelas menjadi berkurang. Otak juga menjadi kesulitan untuk mengontrol emosi seseorang. Melakukan pembicaraan serius di pagi hari ketika Anda kurang tidur dengan pasangan Anda atau teman Anda bukanlah hal yang cukup baik. Hal tersebut dikarenakan Anda cenderung menjadi lebih emosional disaat kurang tidur.

Jika tak ingin pembicaraan serius Anda berubah menjadi pertengkaran sengit sebaiknya jangan lakukan pembicaraan serius dengan pasangan atau teman Anda disaat Anda kurang tidur.

Mengingat ada banyak potensi penyakit karena kurang tidur maka sebaiknya mengatur waktu tidur yang cukup bisa menjadi solusi yang paling mudah dilakukan. Hindari kebiasaan begadang yang bisa meningkatkan resiko penyakit kronis.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya tak dilakukan saat sedang kurang tidur. Anda mungkin pernah mengalami beberapa di antaranya. Kini Anda mengetahui apa saja hal yang harus dihindari ketika kurang tidur.

Artikel Menarik Lainnya: