advertisements

Wisuda merupakan salah satu momen paling penting bagi mahasiswa. Selain sebagai penanda selesainya babak kehidupan sebagai seorang mahasiswa perguruan tinggi, wisuda juga merupakan pesta “selamat datang” bagi para mahasiswa ke dalam kehidupan yang lebih nyata.

Untuk memberikan selamat bagi orang-orang terdekatmu yang baru saja diwisuda, kamu bisa intip ide-ide berikut untuk hadiah wisuda handmade bagi sahabat atau orang yang kamu sayangi.

Topi Toga Wisuda Unik

advertisements

Topi toga wisuda ini bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan dan cara yang cukup mudah. Pertama, siapkan alat-alat yang diperlukan seperti penggaris, jangka, lem kertas, gunting, cutter, karton, dan kardus. Disarankan memakai kertas karton yang sesuai dengan warna dasar berdasarkan hiasan yang ingin dipilih.

Jika kamu ingin menambahkan tali pada topi toga hadiahmu, siapkan benang sulam. Untuk benang sulam sendiri, terdiri banyak pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan keinginanmu. Setelah semua bahan siap, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buatlah pola segi lima pada karton dengan diameter 25 cm. Buatlah dua buah segi lima. Segi lima untuk bagian bawah, segi lima ke dua untuk bagian atas, lebihkan ukurannya 1 cm. Jangan lupa juga buat pola segi lima pada kardus.

Pola topi toga hadiah wisuda

  1. Bagi yang ingin menambahkan tali, sebelum di lem, pasang dulu talinya di tengah-tengah topi. Kemudian, lem karton pada kardus seperti gambar di bawah ini, baik bagian atas maupun bagian bawah. Di sini, karton yang digunakan berwarna hitam.
lem karton

Lem karton pada kardus, jangan lupa untuk mengelem bagian bawahnya juga

  1. Sebelum kita membuat bagian lingkaran topinya, lebih baik kita hias terlebih dulu. Untuk ide hiasan topinya, silakan dicontek dari pilihan-pilihan unik berikut:

Ala Disney

topi toga disney

Selain menggunakan gambar cetakan, kamu juga bisa menambahkan pita, manik-manik, atau hiasan lain untuk mempercantik topi toga hadiahmu.

Teknologi sudah berkembang pesat dan untuk membuat hiasan ini, kamu tidak harus jago menggambar. Yang diperlukan adalah kesabaran untuk mencari gambar-gambar yang kamu inginkan, mencetak, menggunting, dan menata ulang di atas topi toga yang ingin kamu hadiahkan untuk orang terdekatmu.

Jika kamu lebih suka memakai bantuan software pengedit gambar seperti Photoshop atau Corel Draw, kamu bisa mengedit background-nya dengan software sebelum dicetak dan ditempel pada topi toga hadiahmu.

Ala Traveller

topi toga traveller

Dengan menggunakan spidol, tulis quotes mengenai travelling atau kelulusan. Sebagai tambahan, hias topi toga dengan bunga-bunga kering

Sahabatmu bercita-cita ingin keliling dunia? Desain ini bisa kamu pilih. Manfaatkan peta dunia sebagai background hiasan topi toga untuk sahabatmu yang hobi berpetualang menjelajah tempat baru seperti pada gambar berikut. Hadiah wisuda ini tentunya sangat cocok untuk teman laku-laki ataupun wanita.

Lucu

topi toga lucu

Manfaatkan lagu dan kartun untuk hiasan topi toga hadiahmu. Selain menggunakan software pengedit gambar, mungkin kamu bisa memnfaatkan kertas warna-warni tidak terpakai, potongan majalah atau koran bekas.

advertisements

Jika kamu ingin hadiah kamu tampil sedikit eksentrik, mencolok, dan tak terlupakan, kamu bisa mengambil kalimat dari film lucu favorit wisudawan atau desain topi toga lucu berikut bisa kamu pakai.

Setelah dihias sesuai keinginan, saatnya membuat lingkaran untuk topinya. Siapkan karton dan gunting dengan tinggi 7 cm dan diameter lingkaran bergantung pada ukuran kepala (silakan dikira-kira ukuran kepala temanmu, hehe).

Jangan lupa, lebihkan pemotongan 4 cm untuk memudahkan saat pengeleman. Sebelum dilem, gulung-gulung dulu kertas kartonnya agar tidak kaku. Nah, sekarang topi togamu sudah jadi dan siap untuk dijadikan hadiah untuk wisuda.

Hemat, Berguna, dan Berkesan: Air Mineral dengan Topi Toga Lucu

air mineral bertoga

Air mineral bertoga yang simpel dan tetap berkesan

Berbeda dengan topi toga di atas yang pembuatannya penuh dengan proses dan kesabaran, kali ini pembuatan hadiah wisudaan yang disajikan cukup simpel. Jika kamu perlu banyak hadiah karena banyak sekali temanmu yang wisuda, tapi kamu tidak memiliki cukup waktu untuk menghias, menggunting, dan semacamnya, air mineral bertoga mungkin cukup unik, berkesan, dan tentu saja bermanfaat.

Selain botol air mineral, kamu bisa memilih air apapun: air bersoda, minuman manis, yang penting botolnya botol plastik. Bahan-bahannya cukup sediakan gunting, penggaris, lem kertas atau lem (arsitek), karton dan tali rafia.

Cara membuatnya, potong tali rafia sepanjang 6 cm, kemudian dibagi kecil-kecil seperti pada gambar. Gunting kertas karton dengan masing-masing sisi sepanjang 4 cm, dan jangan lupa juga untuk menggunting sebuah lingkaran kecil untuk memasang tali rafia yang tadi sudah dipotong.

Tempelkan persegi pada tutup botol. Kemudian tempelkan tali rafia beserta lingkaran. Selamat, air mineral bertogamu sudah jadi! Kado wisuda murah ini bisa langsung kamu bagikan di acara wisuda.

Sebagai wisudawan, temanmu pasti kegerahan dengan baju berlapis-lapis, dan mungkin haus karena prosesi wisuda yang tidak sebentar. Mendapatkan sebotol minuman tentu sangat menyenangkan, apalagi jika hari sangat panas.

Toples Kenangan

toples kenangan

Toples Kenangan yang bisa kamu tiru. Tidak hanya tampil beda, tapi juga bisa bikin teman kamu baper!

Untuk membuat toples kenangan ini, yang harus kamu siapkan adalah kertas-kertas lucu, pulpen berbagai warna, dan sebuah toples. Jangan lupa toples kenangan tidak akan jadi tanpa ada kenangan yang kamu tuliskan ke dalamnya.

Mintalah satu per satu teman-teman dan sahabat-sahabatnya di kampus untuk menuliskan kenangan favorit mereka bersama sang wisudawan selama empat tahun ini. Tulis kenangan tersebut di kertas, dan hadiahkan toples ini untuk sahabatmu! Dijamin, tidak akan ada hadiah yang sama persis dengan hadiah yang kamu berikan untuknya.

Nah, silakan dipilih ide mana yang akan kamu pakai untuk hadiah wisuda sahabat atau orang tersayang. Tentu saja hadiah wisuda buatan sendiri lebih berkesan dibanding beli, bukan?

Artikel Menarik Lainnya: