advertisements

Hantu dianggap sebagai makhluk yang ‘pemalu’ jika berurusan dengan kamera. Jarang sekali ada foto penampakan hantu asli yang dianggap otentik karena biasanya foto tersebut hanyalah trik fotografi. Terlebih di jaman sekarang ini sudah terdapat program semacam Photoshop yang dapat memanipuasi foto dengan sangat mudah.

Dari sekian banyak kepalsuan tersebut, ternyata ada beberapa foto penampakan yang dianggap nyata. Foto-foto tersebut kebanyakan diambil sebelum tahun 60an di saat belum terdapat banyak kamera yang mampu memotret foto berwarna. Selain itu di jaman tersebut juga belum banyak dikenal trik-trik fotografi seperti sekarang ini.

advertisements

Jika penampakan di indonesia biasanya didominasi oleh penampakan hantu pocong, kuntilanak, hantu lawang sewu, hantu di iklan televisi, dan bentuk abstrak lainnya, maka di luar negeri biasanya lebih menyeramkan lagi penampakannya. Berikut adalah daftar penampakan hantu paling terkenal di dunia beserta kisah lengkapnya.

Hantu Freddy Jackson

foto penampakan hantu asli

Freddy Jackson merupakan seorang mekanik di pasukan tentara Royal Air Force. Suatu hari ketika sedang bekerja ia terkena baling-baling pesawat hingga tewas. Dua hari setelah kematiannya para pasukan Royal Air Force melakukan foto bersama tanpa ada keanehan apapun. Namun keanehan tersebut justru timbul ketika foto sudah dicetak.

Ya, di foto tersebut terdapat wajah seseorang sedang mengintip di belakang kepala salah satu tentara. Setelah diperhatikan lebih teliti, wajah tersebut ternyata adalah Freddy Jackson. Beberapa teman-temannya juga meyakini bahwa itu adalah wajah Freddy Jackson yang meninggal dua hari sebelum pemotretan.

Penampakan Wanita di Bachelor’s Grove

02

Pemakaman Bachelor’s Grove di Illionis, Amerika Serikat, merupakan salah satu pemakaman yang cukup angker. Suatu hari seorang fotografer bernama Mari Huff memotret sebuah kuburan di pemakaman tersebut. Namun yang mengagetkan ketika foto tersebut dicetak, ternyata ada sesosok wanita yang duduk di atas kuburan tersebut.

Mari Huff menyatakan bahwa ia hanya memotret kuburan dan tidak ada objek lainnya saat itu. Meskipun fotonya tampak seperti hasil trik fotografi, namun banyak orang mempercayainya mengingat Mari Huff adalah anggota komunitas paranormal terkenal bernama Ghost Research Society.

Hatu Koboy di Boothill Graveyard

03

Pada tahun 1996 Ike Clanton melakukan pemotretan di pemakanam Boothill Graveyard dengan mengenakan pakaian koboy. Ketika foto tersebut diambil hanya ada ia dan fotografernya saja di tempat tersebut. Namun ketika foto sudah dicetak, ia melihat seorang laki-laki di belakangnya melayang tanpa kaki di antara kuburan. Hiiiiiy!

Hantu di Tengah Hutan

04

Foto di atas diambil oleh Reverend R.S. Blance di hutan Corroboree Rock, Australia, pada tahun 1959. Pada foto tersebut tampak seorang wanita tembus pandang berdiri di antara pepohonan. Jika foto tersebut diambil saat ini, mungkin hal tersebut akan dianggap efek Photoshop. Namun foto tersebut diambil pada tahun 1959 di saat belum ada teknologi secanggih itu.

Hantu Kapal Tanker SS Watertown

advertisements

Pada tahun 1924, dua awak kapal tanker SS Watertown bernama James Courtney dan Michael Meehan tewas karena menghirup gas beracun saat membersihkan tank kargo. Jenazah keduanya kemudian dibuang dilepas pantai Meksiko pada 4 Desember.

Anehnya, keesokan harinya beberapa orang melihat keduanya berada di pelabuhan. Setelah itu, kedua sosok misterius tersebut juga sering menampakkan diri kepada para awak kapal, termasuk kepada sang kapten sang kapten, Keith Tracy.

Akhirnya sang kapten memutuskan untuk memotret bagian-bagian di dalam kapal yang sering dilaporkan terjadi penampakan dua hantu tersebut. Dari enam foto yang diambil terdapat satu foto yang sangat mengerikan di mana terdapat dua wajah yang mirip dengan James Courtney dan Michael Meehan.

foto penampakan hantu 3

Hantu Anak Perempuan Di Tengah Kebakaran

Pada 19 November 1995 terjadi kebakaran di Wem Town Hall, Inggris. Ketika regu pemadam sedang berusaha menaklukan api, seorang warga lokal bernama Tony O’Rahilly mencoba mengabadikannya dengan memotret beberapa sudut ruangan yang terbakar. Yang mengejutkan, di salah satu fotonya terdapat seorang anak perempuan berdiri di depan kobaran api.

foto penampakan hantu fire

Padahal di saat pemotretan tidak ada seorang pun di dalam gedung tersebut selain ia dan para pemadam kebakaran. Beberapa orang meyakini bahwa anak perempuan tersebut adalah hantu Jane Churm yang secara tidak sengaja membuat kebakaran besar di daerah tersebut pada tahun 1677. Kebakaran tersebut menimbulkan banyak korban jiwa termasuk Jane Chrum sendiri.

Hantu Ibu di Mobil

foto penampakan hantu asli

Pada tahun 1959 Mabel Chinnery mengunjungi makam ibunya sembari mengambil beberapa foto. Ketika akan pulang ia juga memotret suaminya yang tengah duduk di dalam mobil. Ketika foto sudah dicetak, alangkah terkejutnya Mabel melihat ibunya duduk di bangku belakang mobil pada foto yang ia ambil tersebut.

Hantu Biarawan

07

Pada musim panas tahun 1954, Reverend K.F. Ford mengambil foto di dalam sebuah gereja di Inggris. Namun tanpa sengaja ia memotret sebuah objek yang sangat menyeramkan di salah satu fotonya. Ya, dalam foto tersebut tampak seorang biarawan sedang berdiri dengan muka yang hancur dan sangat menyeramkan.

Kursi Favorit Lord Combermere

08

Pada tahun 1891 Lord Combermere meninggal akibat tertabrak oleh kereta kuda. Ketika acara pemakamannya, pihak keluarganya meminta seorang fotografer untuk memotret beberapa foto keluarga. Sang fotografer kemudian melakukan persiapan dengan memotret beberapa objek di rumah keluarga tersebut. Hasilnya, ia menemukan foto hantu Lord Combermere sedang duduk di kursi favoritnya pada salah satu foto tersebut.

Hantu Dorothy Townshend

09

Gambar penampakan hantu ini dianggap sebagai yang paling populer hingga saat ini. Foto ini diambil pada tahun 1936 di Raynham Hall, Inggris. Di foto tersebut tampak bayangan hantu wanita yang dipercaya sebagai Dorothy Townshend alias Brown Lady yang meninggal pada tahun 1700an.

Pada masa hidupnya Dorothy Townshend tinggal di Raynham Hall bersama suaminya Charles Townshend. Dorothy kemudian diketahui berselingkuh dengan Lord Wharton sehingga suaminya marah besar dan menghukumnya. Dorothy kemudian dipenjara oleh suaminya dan disiksa secara sadis hingga meninggal dunia.

Hantu di Tangga National Museum Greenwich

10

Pada tahun 1966, Rev. Ralph Hardy mengunjungi National Museum di Greenwich, Inggris. Ketika berada di ruangan Queen’s House ia melihat sebuah tangga yang sangat cantik sehingga ia pun memotretnya. Namun hal mengejutkan terjadi setelah foto tersebut dicetak.

Ya, Hardy melihat sesosok makhluk gaib yang sedang memanjat tangga tersebut. Foto tersebut kemudian diteliti oleh para ahli bahkan beberapa di antaranya dari pihak Kodak langsung. Mereka kemudian menyimpulkan bahwa foto tersebut asli dan tidak ada rekayasa di dalamnya.

Hantu Kakek Denise Russel

Suatu hari di tahun 1997 Denise Russel melakukan piknik keluarga bersama neneknya. Di sana ia memotret neneknya yang sedang sendirian. Ketika foto tersebut sudah dicetak, ternyata di belakang neneknya tampak seorang kakek-kakek yang sedang berdiri.

foto penampakan hantu asli

Awalnya Russel tidak terlalu peduli dengan sosok tersebut karena mungkin ia juga sedang lengah ketika memotretnya. Namun ketika neneknya meninggal pada tahun 2000, ia baru sadar kalau lelaki tersebut adalah kakeknya sendiri yang telah meninggal 7 jatuh sebelum foto tersebut diambil.

Hantu di Toko Mainan Toys R Us

Di kota Sunnyvale, Amerika Serikat terdapat sebuah toko mainan bernama Toys R Us yang cukup menyeramkan. Suatu hari seorang kru fotografer memotret sebuah lorong kosong di toko mainan tersebut dengan kamera infra merah. Hasilnya ternyata sangat mengejutkan karena di foto tersebut tampak di lorong itu ada banyak orang sedang bercengkrama.

12

Seorang paranormal mengatakan jika salah satu hantu tersebut ada yang bernama John. John merupakan seorang petani yang tanahnya kini menjadi toko mainan tersebut. John meninggal akibat kehabisan darah ketika tangannya terpotong saat membelah kayu.

Para pegawai toko mainan tersebut mengatakan jika hantu John sering menampakan diri kepada mereka dan juga pelanggan. Ia sering manampakan diri di tiolet perempuan serta mamainkan keran air. Bahkan, ia juga sering membisikkan namanya di telinga para karyawan toko tersebut.

Hantu Bocah di Pemakaman Queensland

13

Pada 1946 nyonya Andrew memotret kuburan putrinya di pemakaman kota Queensland, Australia. Putrinya tersebut baru saja meninggal pada usia 17 tahun akibat kecelakaan yang mengenaskan. Ketika foto makam putrinya tersebut dicetak, ia sangat terkejut karena melihat sosok anak kecil di sampingnya.

Hantu bocah tersebut sedang memandang ke arah kamera sambil tersenyum. Padahal tidak ada seorang pun di sana ketika nyonya Andrew memotretnya. Menurut seorang paranormal, bocah tersebut merupakan hantu dari kuburan bayi yang terletak di dekat kuburan putri nyonya Andrew tersebut.

Hantu White Lady

14

Pada tahun 1975, Peter Berthelot bersama istri dan putranya yang berusia 12 tahun berkunjung ke Gereja Worstead yang terletak di Norfolk Utara, Inggris. Di dalam gereja tersebut Peter memotret istrinya yang sedang duduk sambil berdoa di bangku gereja. Di hasil fotonya, ternyata ada seorang perempuan memakai gaun kuno berwarna putih duduk di belakang istrinya.

Beberapa bulan setelahnya mereka kembali ke gereja tersebut dan menanyakan perempuan di foto tersebut ke penjaga gereja. Sang penjaga gereja mengatakan jika perempuan tersebut adalah White Lady yang sering muncul untuk menyembuhkan orang sakit. Kebetulan pada saat foto tersebut diambil istri Peter sedang sakit dan dalam masa pengobatan.

Hantu Gereja St. Botolph

15

Dikutip dari paranormalhaze.com, Pada tahun 1982 seorang fotografer bernama Chris Brackley memotret berbagai ruang di Gereja St. Botolph. Anehnya di dalam salah satu fotonya terdapat gambar samar-samar seorang wanita di atas loteng gereja tersebut. Padahal di saat pemotretan hanya ada tiga orang di gereja tersebut dan tidak ada satu pun yang di atas loteng.

Hantu Gereja Minister

16

Foto penampakan hantu asli selanjutnya diambil di gereja Minister. Pada waktu itu seorang fotografer memotret bagian dalam gereja yang kosong. Namun ternyata dalam hasilnya tampak seorang lelaki sedang berdiri di tengah-tengah. Banyak orang percaya jika lelaki tersebut adalah hantu penjaga gereja.

Hantu di Persimpangan Rel Kereta Texas

17

Di kawasan San Antonio, Texas, terdapat persimpangan rel kereta yang dikenal sangat angker. Pasalnya di tempat tersebut pernah ada peristiwa pembunuhan anak-anak sekolah yang sangat mengerikan. Para warga di sana meyakini jika setan anak-anak korban pembunuhan tersebut sering bergentayangan di persimpangan rel kereta tersebut.

Sekumpulan remaja yang tidak mempercayai cerita tersebut kemudian mencoba membuktikannya dengan memotret tempat tersebut di malam hari. Hasilnya, mereka menemukan sebuah bayangan transparan aneh dan menyeramkan di salah satu foto yang telah dicetak.

Itulah berbagai macam foto penampakan hantu paling populer di dunia. Terlepas dari asli atau tidaknya foto tersebut, dalam ajaran Islam tidak ada yang namanya arwah penasaran atau arwah orang yang sudah meninggal berkeliaran di dunia. Semua orang yang meninggal akan hidup di alam kubur dan tidak ada lagi di dunia.

Berbagai penampakan tersebut hanyalah sosok jin yang menampakan diri menjadi mirip seseorang. Seperti kita ketahui, jin dapat berubah bentuk menjadi apa saja bahkan bisa menyerupai anggota keluarga kita yang sudah meninggal.

Oleh karena itu, foto penampakan hantu asli yang kita lihat menyerupai manusia semuanya hanyalah penyamaran jin untuk menyesatkan manusia agar menyembah dan memuja orang yang sudah meninggal sehingga kita jatuh dalam kemusyrikan. Cukuplah kita mempercayai bahwa itu adalah jin dan bukan arwah gentayangan dari orang yang sudah meninggal. Wallahu a’lam bishawaab.

Artikel Menarik Lainnya: