advertisements

Pernah dengar istilah kata Food Combining? Saya yakin Anda sudah tak asing lagi dengan istilah tersebut. Food combining adalah pengaturan pola makan yang disesuaikan dengan kerja alami sistem pencernaan manusia. Di dalam food Combining pola makan diatur dengan tidak mencampurkan atau memakan karbohidrat dan protein hewani dalam waktu bersamaan.

Kenapa food combining ‘mengharamkan’ mencampurkan karbohidrat dan protein hewani dalam waktu bersamaan? alasannya simpel, karbohidrat dan protein hewani yang masuk ke dalam tubuh membutuhkan konsentrasi lebih untuk dicerna oleh organ-organ pencernaan.

advertisements

Prinsip dasar dari food combining yaitu menjaga agar PH darah dan tubuh tetap berada di kondisi homeostasis (PH 7.3-7.6) yang artinya PH darah dan tubuh dalam keadaan netral. Pada saat PH tubuh dan darah netral itulah tubuh kita berada dalam keadaan sehat. Food combining pun merupakan salah satu cara untuk diet menurunkan berat badan tanpa harus menyiksa tubuh dan tetap menjaga tubuh Anda tetap sehat dan bugar.

Tetapi bagaimana cara melakukan food combining dengan benar? karena kebanyakan orang salah mengartikan food combining, ada yang salah mengartikannya dengan meng-irit porsi makannya, ada pula yang menghindari makan nasi, tidak makan malam atau makan malam diganti dengan buah, dan banyak persepsi yang salah tentang food combining.

Cara Food Combining

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya food combining mengatur pola makan Anda. food combining berkonsentrasi mengefektifkan penyerapan zat gizi dan zat fitokimiawi nirgizi dalam makanan. Jika tubuh dengan mudah menyerap nutrisi-nutrisi yang diperlukan oleh tubuh hal ini tentu jelas akan membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Berikut adalah langkah dan menu dalam melakukan food combining.

  • Biasakan makan buah di awal

pola makan sehat buah

Kenapa harus di awal? bukannya buah bisa bikin sakit perut kalau di makan pas perut kosong apalagi kalau pagi makan buahnya? Biasanya, orang-orang selalu menganggap makan buah sebelum menyantap makanan apa pun itu tidak baik, bisa membuat sakit perut.

Sebenarnya, buah kaya akan Vitamin, serat, mineral, dan enzim. Kandungan yang terdapat dalam buah sangat berguna untuk tubuh dan cepat sekali diolah dan dimanfaatkan. Oleh karena itu buah sangat baik dikonsumsi sebelum makan apalagi di saat pagi hari, karena mudah dicerna tubuh dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sesudah ‘berpuasa’ semalaman (baca: tidur).

Lantas jika baik bagi tubuh kenapa kita sakit perut kalau makan buah pagi-pagi? Kenapa? Ini alasannya, pada pagi hari tubuh ‘membuang’ sampah-sampah sisa kerja keras ‘berbenah’ pada malam hari (hal ini wajar bagi orang sehat). Pada saat inilah tubuh membutuhkan energi lebih untuk membuang sampah-sampah itu.

Logikanya, jika kita mengisi tubuh kita dengan makan-makanan berat otomatis energi tubuh yang seharusnya digunakan untuk membantu proses ‘pembuangan’ tersebut menjadi terbagi menjadi dua. Pertama untuk membuang ‘sampah’ tubuh kita kedua untuk mencerna kandungan makanan berat tersebut.

Namun lain halnya jika kita mengkonsumsi buah pada pagi hari, karena tubuh dengan mudah mencerna kandungan-kandungan yang terdapat dalam buah, dan kandungan yang terdapat dalam buah pun dapat menjadi pasokan energi untuk membuang ‘sampah’ tersebut. Itulah mengapa kita harus membiasakan diri untuk makan buah sebelum makan-makanan berat.

Seperti diulas dalam tips pola makan yang sehat, biasakan memberi jeda sekitar 20-30 menit setelah mengkonsumsi buah sebelum melanjutkan makan-makanan berikutnya agar tubuh dapat mencerna kandungan dalam buah terlebih dahulu.

  • Biasakan mengkombinasikan karbohidrat dengan sayur-sayuran

pola makan sehat gandum

Food combining membiasakan kita untuk mengkonsumsi makanan yang penuh serat dan mineral. Jika pada pagi hari kita disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang segar, yang kaya akan vitamin dan serat. Maka saat siang hari, saat kita akan menyantap makan siang kita, kita dianjurkan untuk mengkombinasikan protein (hewani) atau karbohidrat yang kita konsumsi dengan sayur-sayuran yang segar.

advertisements

Sayuran segar yang dimaksud adalah sayuran segar yang belum terproses atau bisa dikatakan sayuran yang mentah. Kenapa harus sayuran mentah? karena sayuran mentah nutrisinya masih bagus. Ketika sayuran terproses atau dimasak sebagian nutrisi atau kandungan dalam sayuran akan berkurang atau bahkan hilang. Jadi sebaiknya sayur-sayuran tersebut dikonsumsi dalam keadaan mentah.

  • Rajin konsumsi makanan pembentuk basa

Makanan pembentuk basa? apa saja? Sayur mayur dan buah-buahan adalah makanan pembentuk basa. Umumnya sayur dan buah yang segar adalah penyelamat pencernaan dalam tubuh. Kandungan dalam buah dan sayur yang bersifat basa membuat PH tubuh seimbang, terutama asam yang terdapat dalam lambung. So, usahakan sebaik mungkin untuk mengkonsumsi sayur mayur dan buah-buahan setiap hari.

  • Makan malam sebelum jam 20:00

Usahakan untuk makan malam sebelum jam 20:00, kenapa? karena setelah jam 20.00 tubuh akan menyerap sari makanan. Jika kita telat makan tentu tubuh kita yang seharusnya menggunakan energinya untuk menyerap sari makanan harus bekerja ekstra dengan mengolah makanan yang baru saja masuk ke dalam tubuh. Jadi usahakanlah untuk makan sebelum jam 20:00 agar tubuh dapat melakukan ‘tugasnya’ dengan baik.

  • Irama Sirkardian

Seperti kita yang memiliki aktifitas rutin setiap harinya, tubuh kita juga memiliki aktifitas rutin yang disebut jam biologis. Tubuh kita memiliki jam kerja yang sudah ‘diatur’ sejak kita lahir ke dunia ini. Pada jam-jam tertentu tubuh memproses, mencerna, dan membuang segala nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Yang pertama adalah fase pencernaan makanan (12:00-20:00). Pada pukul 12:00 tubuh mulai mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh sampai pukul 20:00. Sebaiknya hentikan aktifitas makan Anda jika sudah lewat jam 20:00, seperti yang saya katakana sebelumnya tubuh akan memulai fase berikutnya.

Selanjutnya ada fase penyerapan sari makanan (20:00-04:00). Pada waktu inilah tubuh mulai menyerap segala nutrisi yang seharian kita konsumsi kemudian mengedarkan zat makanan tersebut ke seluruh tubuh. Yang terakhiradalah fase pembuangan (04:00-12:00). Pada saat inilah tubuh aktif membuang ‘sampah’ sisa metabolisme, pada saat ini energi dominan akan digunakan untuk pembuangan.

Menu Food Combining Indonesia

food combining

Setelah mengikuti penjabaran di atas, sekarang kita bisa mulai meracik menu food combining sendiri untuk konsumsi sehari-hari. Namun jika Anda masih bingung kombinasi makanan apa saja yang cocok untuk dikonsumsi, berikut saya akan memberikan contohnya dengan menu khas Indonesia seperti dikutip dari detik.com.

  • Bangun tidur

Ketika bangun tidur di pagi hari, minumlah 1 hingga 2 gelas air putih yang dicampur dengan perasan air jeruk nipis atau lemon. Minumlah air tersebut secara langsung tanpa campuran gula.

  • Makan pagi

Makan pagi ini dapat Anda lakukan dari mulai bangun tidur hingga jam 12 siang. Di waktu tersebut, makanlah berbagai macam buah-buahan tanpa campuran gula. Makanlah buah tersebut setiap dua jam sekali atau setiap Anda merasa lapar. Ingat, buah-buahan tersebut tidak termasuk nangka, durian, alpukat, pisang, dan buah yang masih mentah.

  • Makan siang

Makan siang ini dapat Anda lakukan sekitar pukul 12 siang. Menu makan siang ini boleh ditukar dengan menu makan malam. Menu yang dapat Anda coba di antaranya adalah:

– Ayam garing + sup kacang merah + rujak
– Tim ikan + sayur rebus + salad mentimun
– Bistik daging + salad Caesar

  • Selingan sore

Jika Anda merasa lapar di sore hari, maka Anda dapat mengkonsumsi makanan cemilan di bawah ini:

– 1- 2 buah pisang segar yang tidak digoreng atau dimasak dengan cara apapun.
– Setangkup kacang-kacangan, boleh disangrai tetapi jangan digoreng.
– 3/4 gelas susu kedelai, susu almond, atau yogurt polos + 1 sendok teh madu

  • Makan malam

Makan malam ini dapat Anda lakukan pada pukul 6 atau 7 malam, namun tidak boleh lebih dari jam 8 malam. Menu makan malam ini boleh ditukar dengan menu makan siang. Beberapa menu yang dapat Anda coba di antaranya adalah.

– Nasi + balado terung + kangkung + lalap mentah + sambal
– Nasi + tahu/tempe + sayur asem + lalap + sambal
– Pastel kentang + salad

Bagaimana cukup menarik bukan? food Combining selain cukup mudah untuk dilakukan juga dapat membuat tubuh sehat sekaligus langsing. Menyenangkan bukan? sehat, cantik dan awet muda dalam waktu bersamaan. Selamat mencoba dan jangan lupa baca terus artikel-artikel kami yang pastinya bermanfaat untuk Anda.

Artikel Menarik Lainnya: