advertisements

Film bergenre adventure (petualangan) banyak mengandung unsur-unsur hiburan yang akan lebih maksimal jika ditonton di bioskop berformat IMAX. Sensasi petualangan pasti akan lebih terasa yang didapatkan dari mayoritas eksplorasi lokasi yang eksotis dan belum terambah, pencarian penuh teka-teki yang harus dipecahkan, ataupun karena dikejar oleh pihak musuh hingga harus terus menerus berlari menghindarinya.

Normalnya, film petualangan tidak berdiri sendiri, lebih banyak disertakan dengan genre action atau comedy. Bahkan mayoritas film animasi mengandung cerita petualangan yang kental. Sejak era film bisu, Hollywood sudah sangat banyak memproduksi film petualangan yang biasanya diadaptasi dari novel-novel klasik seperti Journey to the Center of the Earth atau Robinson Crusoe.

advertisements

Nah, kali ini Bacaterus akan mengulas 10 film petualangan terbaik yang wajib untuk Anda tonton. Daftar film di bawah ini kami pilihkan berdasarkan kelengkapan unsur yang harus selalu ada di setiap film petualangan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Indiana Jones Franchise [1981-2008]

Indiana Jones adalah sosok petualang sejati yang menggunakan ilmu sejarah dan keberaniannya untuk menemukan artefak-artefak bersejarah yang juga diburu oleh pihak-pihak antagonis yang ingin memilikinya untuk kekuasaannya. Empat film sudah dihasilkan dari franchise ini, juga sebuah serial televisi dan beberapa game.

Raiders of the Lost Ark (1981) adalah film pertama yang ceritanya ditulis oleh George Lucas dan disutradarai oleh Steven Spielberg. Harrison Ford dipercaya memerankan sosok profesor sejarah ini hingga nanti sampai film keempatnya.

Misi pertama Indiana Jones adalah menemukan Ark of the Covenant, sebuah kotak yang dipercaya untuk menyimpan kitab Taurat oleh Nabi Musa dahulu. Indiana Jones harus berlomba dan bersaing dengan pihak Nazi yang juga ingin memilikinya.

film petualangan terbaik Indiana Jones Franchise

Di Indiana Jones and the Temple of Doom (1984), Indiana Jones bertualang di tanah India bagian utara, dimana dia harus menolong suku setempat untuk menemukan batu mistik yang dipercaya bisa membebaskan mereka dari sihir jahat. Adegan kekerasan di film ini dianggap yang paling berat dibandingkan ketiga film lainnya. Film ini merupakan prequel film pertama.

Indiana Jones and the Last Crusade (1989) menurunkan kadar kekerasan dan lebih mengedepankan sisi petualangannya. Indiana Jones harus mencari ayahnya yang hilang ketika menyelidiki keberadaan Holy Grail, sebuah gelas yang dipercaya dipakai oleh Yesus dalam jamuan terakhirnya.

Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull (2008) melanjutkan petualangan Indiana Jones setelah terhenti selama 19 tahun dan tetap memasang Harrison Ford yang sudah mulai menua. Kali ini, Indiana Jones mencari Crystal Skull, beberapa tengkorak kristal yang dipercaya adalah warisan leluhur bangsa Indian Kuno dengan harus bersaing melawan pasukan Soviet.

The Goonies [1985]

The Goonies

Sekelompok ABG berpetualang mencari harta karun berdasarkan peta rahasia yang mereka temukan di gudang. Sambil memecahkan teka-teki peta tersebut dan langsung terjun ke lapangan, ternyata mereka juga diikuti oleh sekelompok keluarga kriminal yang menginginkan harta karun itu juga.

Naskah yang ditulis oleh Chris Columbus kemudian dibesut oleh Richard Donner dan diproduseri oleh Steven Spielberg ini banyak menampilkan kejutan demi kejutan ketika mereka bisa memecahkan satu persatu teka-teki yang terdapat di peta dan lokasinya.

advertisements

Sean Astin dan Josh Brolin dipercaya sebagai pemeran utamanya. Meski tidak begitu sukses secara komersial, film ini lambat laun menjadi klasik dan termasuk ke dalam salah satu film petualangan terbaik.

Jumanji [1995]

Bagaimana jika kita bermain game yang ternyata semua pertanyaan di game itu menjadi kenyataan? Keseruan itulah yang ditampilkan di film yang merupakan adaptasi dari buku anak-anak karya Chris Van Allsburg ini. Robin Williams yang memang memiliki wajah komikal dan sering bermain film-film bertema keluarga dipercaya sebagai pemeran utama. Kirsten Dunst cilik juga tampil memukau dengan aktingnya.

Permainan yang mengandung banyak teka-teki dan menimbulkan banyak kerusakan dan petualangan ini harus diselesaikan hingga akhir untuk mengembalikan keadaan seperti sedia kala. Zathura: A Space Adventure (2005) mengulang formula yang sama hanya kali ini petualangannya berada di luar angkasa.

Cast Away [2000]

Cast Away

Petualangan tidak hanya terjadi karena keinginan sendiri, sebuah musibah pun menjadikan seseorang berpetualang untuk mempertahankan hidup. Itulah yang terjadi pada Tom Hanks yang berperan sebagai karyawan FedEx di film Cast Away ini.

Karena pesawat kargo yang ditumpanginya terjatuh di samudera luas, dia harus tahan terdampar di sebuah pulau terpencil seorang diri selama lebih kurang empat tahun. Bukannya tanpa usaha, dia pun selalu mencari cara untuk kembali ke peradaban, tetapi cara-cara tersebut selalu menemui jalan buntu.

Perubahan fisik yang dialami Tom Hanks dalam film ini, dari gemuk menjadi sangat kurus, dipuji para kritikus film dan moviegoers. Wajar saja jika kemudian dirinya masuk sebagai nominator Best Actor di Academy Award.

The Mummy Franchise [1999-2008]

The Mummy Franchise

Film yang merupakan remake bebas dari film The Mummy (1932) yang dulu dibintangi oleh Boris Karloff ini merupakan box-office kejutan. Kesuksesan yang tidak disangka-sangka itu merupakan hasil jerih payah cast dan kru film yang melakukan syuting dengan dehidrasi, badai pasir dan gigitan ular di Gurun Sahara.

Stephen Sommers sebagai sutradara mampu mengolah cerita yang penuh mitologi diramu dengan humor yang cukup baik dan pameran special-effects mutakhir yang mendukung nuansa petualangan yang sedikit banyak mirip dengan Indiana Jones.

Salah satunya yang fenomenal adalah badai pasir yang menggambarkan wajah Imhotep, sang Mummy. Brendan Fraser dan Rachel Weisz tampil padu dengan chemistry yang bagus dimana karir mereka kembali terangkat lewat film ini.

The Mummy Returns (2001) kembali menghadirkan formula yang sama hanya lokasinya berpindah ke Kota London. Di film ini hadir The Scorpion King sebagai tokoh antagonis bersama sang Mummy yang kemudian memunculkan film spin-off tersendiri yang dirilis di tahun 2002.

The Mummy: Tomb of the Dragon Emperor (2008) memindahkan setting Mesir ke China dengan Jet Li sebagai tokoh antagonisnya. Rob Cohen dipercaya menggantikan Stephen Sommers yang hanya bertindak sebagai executive producer dan Maria Bello menggantikan peran yang pernah dimainkan oleh Rachel Weisz. Sayangnya, film ini tidak bisa menyamai kedua film sebelumnya, baik secara kualitas ataupun secara komersialitas.

King Kong [2005]

King Kong

Di New York pada tahun 1933, seorang produser film yang sangat ambisius memaksa seluruh aktor-aktrisnya dan menyewa kapal laut beserta krunya untuk berlayar ke Skull Island yang misterius, dimana mereka bertemu Kong, seekor primata raksasa yang langsung kepincut kepada aktris utamanya, Ann Darrow.

Mengembalikan setting film ke tahun pembuatan film aslinya adalah sebuah tribute yang dilakukan oleh sang sutradara, Peter Jackson, yang merupakan fans berat film King Kong (1933). Nuansa petualangan di Skull Island sangat terasa dengan munculnya makhluk-makhluk aneh secara satu-persatu, seperti dinosaurus, kecoa raksasa dan serangga-serangga dalam ukuran raksasa.

Special-effects yang halus dan detil membuat mata terpesona sepanjang durasi film. Meski ini hanyalah film remake yang secara garis besar memiliki kesamaan cerita dengan dua film sebelumnya, tetap saja penonton banyak  menanti kejutan-kejutan yang akan dihadirkan.

The Bucket List [2007]

The Bucket List

Dua kakek-kakek yang menderita kanker mematikan melarikan diri dari rumah sakit dan melakukan petualangan yang merupakan keinginan yang sudah disimpan sejak lama sebelum akhirnya mereka meninggalkan dunia. Film ini memiliki pesan untuk tetap semangat melakukan apa yang menjadi keinginan meski mereka sudah divonis tidak akan berumur lebih panjang lagi.

Mempertemukan dua aktor watak dalam sebuah film comedy akan membuat penonton penasaran akan kualitas filmnya sendiri. Jack Nicholson dan Morgan Freeman adalah kedua aktor watak itu yang tidak perlu lagi diragukan kualitas aktingnya.

Petualangan seperti apa dan kemana sajakah mereka sebelum ajal menjemput? Mereka melakukan skydiving, mengendarai Shelby Mustang, mengunjungi Kutub Utara, makan malam di restoran mewah di Prancis, mengunjungi Taj Mahal di India, hingga mengendarai motor di Tembok Besar China.

Tidak hanya itu saja, mereka melanjutkan petualangannya dengan menghadiri safari di Tanzania, mendaki Mount Everest di Nepal, menaiki puncak Great Pyramid di Mesir, menolong seseorang di Hong Kong dan minum kopi luwak di Sumatra. Sebuah petualangan yang seru bukan? Tidak akan pernah bosan untuk menonton film ini berulang kali.

Life of Pi [2012]

Life of Pi

Film yang menampilkan cinematography yang indah, yang menuai pujian sekaligus cibiran, menceritakan kisah seorang pemuda India yang terdampar di Samudera Pasifik dalam sebuah sekoci yang juga berisi Harimau Bengali.

Sangat menegangkan jika kita berada diposisi dia, karena tidak bisa berlari kemana-mana di tengah samudera luas seperti itu. Lalu bagaimanakah cara Pi agar selamat dari harimau itu juga ganasnya lautan luas? Ang Lee yang dikenal sebagai sutradara yang sering menampilkan gambar seperti puisi dan bernilai filosofi tinggi berhasil meraih Best Director lewat film yang dibintangi oleh Suraj Sharma dan Irffan Khan ini.

The Secret Life of Walter Mitty [2013]

The Secret Life of Walter Mitty

Demi mengejar karya foto yang dianggapnya akan menyelamatkan pekerjaannya, Walter Mitty berpetualang dari Islandia sampai Himalaya demi mencari jejak sang fotografer. Ben Stiller yang bertindak sebagai pemeran utama, produser sekaligus sutradara film ini sepertinya mencurahkan seluruh kemampuannya untuk menciptakan film petualangan yang seru sekaligus mengandung pesan moral yang cukup menyentuh.

Merupakan adaptasi kedua dari cerita pendek karya James Thurber, film sebelumnya adalah produksi 1947, menampilkan kerja kamera yang sangat baik dalam menangkap panorama keindahan alam dan pegunungan di Islandia serta Himalaya yang menjadi lokasi cerita. Imajinasi yang ada di otak Walter Mitty juga dapat diterjemahkan ke dalam beberapa adegan yang cukup mengejutkan dan menakjubkan sekaligus menggelitik.

Hugo [2011]

Hugo

Berdasarkan novel The Invention of Hugo Cabret karya Brian Selznick, sutradara senior Martin Scorsese mengarahkan film petualangan seru yang mengandung pesan moral untuk menghargai orang lain dan memotivasi diri agar lebih baik.

Asa Butterfield yang berperan sebagai tokoh utama tampil natural dan sangat baik dalam berakting sama seperti yang dia tampilkan di film-filmnya sebelumnya, antara lain Son of Rambow (2007), The Boy in Striped Pajamas (2008) dan Nanny McPhee Returns (2010).

Dipadukan dengan Chloe Grace Moretz yang memang memiliki kualitas akting yang baik di usia belianya semakin menambah kelayakan film ini sebagai salah satu film terbaik di tahun 2011. Wajar jika Hugo dinominasikan di beberapa kategori Academy Award dan berhasil membawa pulang lima Oscar di antaranya.

Itulah sepuluh film petualangan terbaik yang kami anggap memenuhi unsur-unsur sebuah film petualangan yang seru, menegangkan dari segi cerita, menakjubkan dari segi tampilan cinematography-nya dan tentu saja pemandangan indah dari lokasi yang belum pernah dihadirkan di film lainnya.

Sudah bisa dipastikan jika Hollywood tidak akan pernah berhenti untuk terus menelurkan film-film petualangan lainnya yang akan lebih menakjubkan secara visual apalagi dengan semakin majunya teknologi special-effects dan kamera. Kita tunggu saja.

Artikel Menarik Lainnya: