advertisements
advertisement

Mystery films adalah sebuah genre film yang berisi elemen-elemen yang penuh tanda tanya dalam jalan ceritanya. Kita sebagai penonton dibawa berputar-putar, menebak meski salah, dan dibuat bingung dengan ending yang ambigu.

Itulah salah satu kelebihan film misteri ini dibandingkan film lainnya, karena jalan ceritanya sulit untuk ditebak. Meski dekat dengan genre horror, tetapi tidak semua film misteri bertema hantu dan makhluk gaib.

advertisement
advertisement

Biasanya, elemen-elemen yang selalu ada di film bergenre ini adalah hadirnya iringan soundtrack yang membuat terkejut ketika misteri terkuak, angle kamera yang misterius, unsur bayangan, dan twist ending yang membuat penonton bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan akhir film tersebut.

Dijamin, twist ending tersebut menimbulkan kesimpulan yang berbeda di masing-masing benak penonton. Untuk itu, kami pilihkan 10 film mystery terbaik yang ternyata mayoritas diantaranya adalah bukan film horror. Spoiler alert!!

Twelve Monkeys [1995]

Twelve Monkeys film mystery terbaik

Di film sci-fi yang dibintangi oleh Bruce Willis ini, sutradara Terry Gilliam memaparkan cerita yang cukup memusingkan dengan imbuhan kisah travel time. Datang dari masa depan, James Cole dianggap gila dan dimasukkan ke rumah sakit jiwa. Dirinya sendiri belum bisa menjelaskan mimpi-mimpi yang menghampirinya yang hadir seolah-olah nyata. Banyak misteri yang bertaburan disana-sini yang semakin bertambah mendekati akhir film.

Spoiler: Mimpi yang dialami oleh James Cole dewasa adalah hasil penglihatan dia sendiri dimana James Cole kecil melihat kematian James Cole dewasa dan awal dari epidemic virus mematikan di kota tersebut.

The Usual Suspects [1995]

The Usual Suspects

Film crime yang penuh misteri ini adalah film yang memperkenalkan talenta sutradara Bryan Singer untuk menapaki Hollywood. Kevin Spacey tampil dalam performa terbaiknya dan berhasil meraih Oscar di kategori Best Supporting Actor.

Karakter yang diperankannya, Roger “Verbal” Kint, memaparkan ceritanya yang sangat memusingkan tapi berhasil meyakinkan dua agen kepolisian untuk melepaskannya dari status tersangka. Spoiler: Ternyata Kint tidak cacat dan dia adalah otak dan pelaku kejahatan tersebut.

Fight Club [1999]

Fight Club

Seorang karyawan kantoran yang menderita insomnia bosan dengan aktifitas hariannya. Kemudian dia berkenalan dengan pedagang sabun yang memiliki tingkah yang slenge’an. Akhirnya mereka bersahabat dan membuat perkumpulan pertarungan underground yang anehnya anggotanya menjadi banyak.

Film yang diadaptasi dari novel karya Chuck Palahniuk ini menyimpan misteri hingga mendekati akhir film siapa sebenarnya sosok Tyler Durden yang dibintangi oleh Brad Pitt. Spoiler: Tyler Durden ternyata adalah tokoh imajinasi The Narrator yang diperankan oleh Edward Norton.

The Sixth Sense [1999]

advertisement
advertisement

Film terbaik karya sutradara M. Night Shyamalan ini menyimpan misteri yang cukup mengejutkan di akhir film tentang siapakah sosok psikolog Dr. Malcolm yang membantu Cole sembuh dari penyakit “aneh” dimana dia bisa melihat sosok gaib atau roh orang yang sudah meninggal.

Dengan sabar Dr. Malcolm menemani dan membimbing Cole, hingga akhirnya Cole menyatakan diri berpisah dengan roh-roh di sekitarnya. Dr. Malcolm tenang dan kembali ke rumahnya. Di sinilah ending yang mengejutkan tersebut. Spoiler: Dr. Malcolm ternyata adalah sosok roh yang sudah lama meninggal.

Memento [2000]

Film karya Christopher Nolan ini memiliki alur cerita yang non-linear, dimana ada adegan-adegan dalam format hitam-putih yang beralur maju dan adegan-adegan berwarna yang dituturkan secara mundur, sehingga di akhir film kedua rentetan adegan ini bertemu untuk memecahkan misteri siapakah pembunuh istri Leonard Shelby dan kenapa dia bisa tidak ingat sama sekali akan kejadian itu.

Akan sulit dimengerti hingga akhir film, tetapi ketika kita diberikan sedikit petunjuk jika memperhatikan, kita akan mengerti siapa sosok Leonard ini. Spoiler: Leonard adalah pembunuh, termasuk istrinya sendiri.

Donnie Darko [2001]

Donnie Darko

Film mystery terbaik dengan aktor Jake Gyllenhaal sebagai pemeran utama ini memaparkan tema “Parallel Universe” yang dinamakan “Tangent Universe”, dimana dunianya akan dilanda kiamat dengan bertemunya dua dunia tersebut. Hal ini diperparah dengan tewasnya sang kekasih karena korban bully dari teman-temannya yang juga hadir makhluk imajinasi bernama Frank.

Tetapi ending film kembali ke 28 hari sebelum peristiwa itu terjadi dan diakhiri dengan ending yang sama sekali berbeda. Spoiler: Donnie tewas tertimpa pesawat terbang yang jatuh dan Gretchen tetap hidup.

Mulholland Drive [2001]

Mulholland Drive

Film misteri karya David Lynch ini melejitkan karir Naomi Watts sebagai aktris papan atas Hollywood. Yang membuat penonton bingung adalah banyak adegan-adegan yang tidak ada korelasinya dengan jalan cerita dan semua tampil secara acak yang membuat misteri yang tersembunyi semakin tidak jelas. Cerita berubah ketika memasuki ¼ film dimana semua misteri itu mulai terkuak secara gamblang.

Spoiler: ¾ film adalah mimpi dari Diane Selwyn yang di dalam mimpinya adalah Betty Elms, sisanya adalah dunia nyata dimana Selwyn sudah ditemukan tewas di dalam kamarnya. Intinya, kita menyimak mimpi dari orang mati!!

The Prestige [2006]

The Prestige

Satu lagi film karya Christopher Nolan yang menyimpan misteri tentang rivalitas dua pesulap dalam menghadirkan trik-trik sulap yang inovatif demi kepuasan penonton. Segala cara mereka lakukan dalam persaingan itu, termasuk dengan cara yang licik.

Menggunakan alat-alat sederhana untuk menciptakan sulap memang tidak mudah, sehingga salah satu dari mereka, Alfred Borden, menggunakan teknologi yang dia sembunyikan selama ini dan baru kita ketahui di akhir film trik mengapa trik “The Transported Man” selalu berhasil. Spoiler: Alfred Borden membuat cloning dirinya sendiri dalam jumlah banyak dan disimpan di dalam tanki air.

Inception [2010]

Inception

Film mystery terbaik peraih 4 Oscar di kategori Best Cinematography, Best Sound Mixing, Best Sound Editing dan Best Visual Effects ini memang harus ditonton berkali-kali untuk memahami lapisan-lapisan mimpi yang ditembus oleh Leoanrdo DiCaprio dan timnya. Setiap mimpi yang berlangsung secara parallel itu menimbulkan efek yang berkesinambungan di mimpi lainnya.

Imajinasi mimpi di dalam film ini benar-benar ditampilkan secara menakjubkan, terutama kota yang terlipat. Ketika timnya berhasil kembali ke dunia nyata, Dom Cobb memasuki dunia “Limbo” dimana dia bertemu dengan teman lamanya. Apakah dia berhasil kembali ke dunia nyata? Perhatikan totem yang diputarnya di akhir film. Itulah petunjuknya.

Shutter Island [2010]

Shutter Island

Salah satu film mystery terbaik karya Martin Scorsese ini menampilkan misteri yang terjadi di institusi mental terpencil di tengah laut. Leonardo DiCaprio sebagai Daniels datang ke pulau itu sebagai US Marshal yang menyelidiki pembunuhan dan orang hilang. Dengan melalui berbagai investigasi yang melelahkan, ternyata di akhir film dia bukanlah seorang US Marshal.

Spoiler: Semua terjadi di alam pikirannya Daniels yang ternyata seorang pasien intitusi mental yang dalam percobaan penyembuhan metode baru.

Itulah 10 film dengan tingkat kemisteriusan yang cukup tinggi dan membuat kening penonton pasti mengernyit ketika menyimaknya. Kunci dari mayoritas film seperti ini adalah bagaimana misteri inti tetap tertutup hingga dibuka di akhir film. Bahkan diantaranya tetap menyisakan kesan ambigu di benak penonton.

Artikel Menarik Lainnya: