advertisements

This is Halloween! This is Halloween! Kalau kalian penggemar film animasi seram, pasti lirik pembuka tersebut tidak asing lagi bagi kalian. Yup, lirik tersebut diambil dari lagu berjudul serupa, This is Halloween dari film The Nightmare Before Christmas.

Tradisi memakai kostum beraneka ragam, dari yang imut hingga yang paling seram, serta tradisi ketuk-mengetuk pintu tetangga pada tanggal 31 Oktober sudah menjadi ciri khas perayaan Halloween. Namun, tidak lengkap rasanya merayakan Halloween tanpa menonton film seram pemacu adrenalin.

advertisements

Tidak sanggup nonton film dengan jump scares dan adegan-adegan mencekam film horor pada umumnya? Pegal karena terlalu lama mengintip film lewat sekat di jari-jari yang menutupi mata? Jangan khawatir! Bacaterus.com punya rekomendasi film ‘seram’ yang bisa ditonton sekeluarga saat Halloween tanpa perlu sibuk ketakutan. Berikut adalah film animasi keluarga yang wajib ditonton saat Halloween. Baca terus, ya!

Monster House (2006)

monster house film animasi keluarga

Ingat rumah kosong di sekitar rumah kalian yang sering didesas-desuskan angker? Apa yang akan kalian lakukan jika rumah tersebut persis berada di seberang rumah kalian?

DJ, protagonis dalam film ini, yakin bahwa rumah Pak Nebbercracker di seberang rumahnya adalah rumah monster, karena ia lihat sendiri rumah itu menghancurkan sebuah sepeda yang masuk ke halamannya! Tidak hanya itu. Setelah ia dan sahabatnya Chowder menyaksikan bola basket mereka ‘ditelan’, mereka benar-benar yakin bahwa rumah itu adalah rumah monster.

Ikuti petualangan DJ dan Chowder mengupas misteri di balik rumah monster Pak Nebbercracker selagi mereka mencoba menyelamatkan Jenny yang terperangkap di dalamnya. Meskipun hanya mendapat rating 6,6/10 di IMDb, film ini sukses meraih nominasi Fitur Animasi Terbaik Tahun Ini di Academy Awards Amerika tahun 2007.

Setelah menonton film ini, apakah kalian masih yakin rumah kosong itu benar-benar kosong tanpa misteri tersembunyi? Hihihi.

Paranorman (2012)

Paranorman

Zombie. Siapa yang tak kenal mayat hidup beken tersebut? Dalam film yang disutradari Chris Butler dan Sam Fell ini, kalian akan menyaksikan para mayat hidup sekaligus roh-roh penasaran berkeliaran. Bersama Norman, bocah cenayang kesepian, kalian akan dibawa ke dalam petualangan mistis yang melibatkan kutukan kuno, penyihir, roh, dan tentu saja mayat hidup!

Tak hanya dibintangi oleh aktor-aktor familier seperti Kodi Smit-McPhee (Let the Right One In), Anna Kendrick (Pitch Perfect), dan Christopher Mintz-Plasse (Kick Ass), film dengan rating 7.0/10 di IMDb ini juga sukses masuk nominasi Piala Oscar 2013 sebagai Fitur Animasi Terbaik. Tak hanya seru, film ini juga berkualitas, bukan?

Corpse Bride (2005)

Corpse Bride

Para penggemar sutradara gothic Tim Burton pasti sudah tak asing dengan film satu ini. Psst, sekadar masukan, hati-hati kalau mau latihan melamar orang, ya! Jangan sampai kalian apes layaknya Victor Van Dort.

advertisements

Alih-alih menikahi calon mempelainya yang cantik, Victor tak sengaja melamar Emily, si pengantin mayat. Ia tidak tahu bahwa Emily sudah menunggu-nunggu mempelai pria yang akan melamar dan membebaskannya dari dunia para arwah penasaran.

Malang tak dapat ditolak, mujur tak dapat diraih, Victor terpaksa harus ‘terikat’ dengan Emily, sementara Victoria calon pengantinnya dipersunting lagi oleh OKB (orang kaya baru) bernama Barkis Bittern. Bagaimana Victor bisa lepas dari ikatannya dengan Emily ketika sudah tidak ada maut lagi yang dapat memisahkan mereka?

Nominasi penghargaan Piala Oscar 2006 juga menyertakan film ber-rating 7,6/10 (IMDb) ini sebagai Film Animasi Terbaik Tahun Ini. Tak hanya itu, Johnny Depp sebagai Victor dan Helena Bonham Carter sebagai Emily juga akan unjuk suara dalam animasi musikal ini!

Coraline (2009)

coraline

Yup, film animasi satu ini diangkat dari novel berjudul sama karangan Neil Gaiman. Jangan salah, selain adaptasi plot dan karakter, film dengan rating 7,7/10 di IMDb ini juga mengadaptasi ketegangan novelnya.

Coraline dan keluarganya baru saja pindah ke sebuah rumah tua bernama The Pink Palace. Apa yang diharapkan dari sebuah rumah tua yang membosankan? Derit pintu lapuk, lantai kayu yang berkeriat-keriut, cat dinding mengelupas dan wallpaper mengerut benar-benar membuat Coraline bosan bukan kepalang.

Namun, ketika ia menemukan sebuah pintu kecil misterius, kebosanannya terlupakan begitu saja. Sayangnya, setelah dibuka, pintu itu tidak mengantarnya ke mana pun selain ke depan dinding bata.

Suatu ketika, di malam  hari, pintu itu terbuka dan Coraline pun masuk ke dalam dunia paralel di mana semua orang memiliki mata dari kancing. Dengan kehidupan dan orang-orang yang jauh lebih baik, Coraline pun tak butuh waktu lama untuk betah dan ingin tinggal di dalamnya. Namun, tentu saja semuanya tidak sesederhana itu.

Seperti novelnya, film ini juga menuai banyak kritik bagus, dan tak jarang memancing topik diskusi di kalangan penontonnya. Kesuksesannya berhasil membuat sang sutradara dan penulis, Henry Selick, mendapat nominasi Piala Oscar 2010 untuk Fitur Film Animasi Terbaik Tahun Ini serta nominasi Golden Globes 2010 untuk Fitur Film Animasi Terbaik.

The Nightmare Before Christmas (1993)

The Nightmare Before Christmas

This is Halloween! This is Halloween! Tak hanya menjadi pembuka artikel ini, lirik lagu tersebut juga menjadi pembuka film animasi klasik tahun 90-an ini. Tidak lengkap rasanya jika tidak menyertakan film yang juga disutradarai Henry Selick dan diangkat dari cerita dan karakter milik Tim Burton ini.

Jack Skellington, Sang Raja Labu di Kota Halloween, sudah bosan dengan gelar dan tradisi kota kecilnya. Ia ingin sesuatu yang baru dan segar. Maka, ketika Jack tidak sengaja menemukan pintu menuju Kota Natal, ide-ide berlompatan di kepalanya. Ia ingin merayakan Natal a la Kota Halloween. Tentu saja, ide Jack itu ada akibatnya.

Tak hanya menduduki peringkat pertama dengan rating IMDb tertinggi (8,0/10) di artikel ini, The Nightmare Before Christmas juga berhasil masuk nominasi Academy Awards 1994 untuk Efek Visual Terbaik dan nominasi Golden Globes 1994 untuk Best Original Score – Motion Picture. Kualitasnya sudah terjamin!

Tanpa perlu efek kejut berlebihan dan hantu-hantu serta adegan-adegan menyeramkan, kalian juga bisa menikmati film seram di malam Halloween dengan lebih fun. Tak hanya seru, 5 film animasi keluarga di atas juga berkualitas, sehingga kalian tidak akan menyesal telah menontonnya.

Apakah kalian punya daftar film animasi yang lebih seru untuk ditonton? Punya review sendiri terhadap film-film di atas? Jangan takut untuk menuliskannya di kolom komentar, ya! Happy Halloween! Psst, ada apa, tuh, di belakangmu? Hihihi.

Artikel Menarik Lainnya: