advertisements

Orang bermata minus tidak dapat melihat objek—benda atau tulisan—yang jaraknya jauh dan hanya bisa fokus melihat objek yang jaraknya dekat. Seiring bertambahnya waktu dan kegiatan yang orang lakukan, minus pada mata bisa bertambah parah. Beberapa faktor yang dapat memperburuk penglihatan adalah menonton televisi dengan jarak yang terlalu dekat, membaca sambil tiduran, atau juga terlalu sering menatap layar handphone atau komputer.

Efek yang terjadi pada tubuh Anda ketika minus mata bertambah selain pandangan semakin mengabur dan tidak fokus, Anda juga akan merasakan pusing kepala atau pegal di sekitar mata dan hidung. Hal ini tentu sangat mengganggu kegiatan Anda sehari-hari.

Ciri-ciri minus mata bertambah

advertisements

Ciri-ciri minus mata Anda bertambah yaitu dengan adanya perubahan pada sumbu bola mata yang pengalami perpanjangan. Bertambahnya minus mata adalah hal yang wajar, mengingat pola hidup orang-orang masa kini tidak bisa terlepas dari handphone, misalnya, sehingga mata terkena radiasi yang dipancarkan layar handphone.

Selain karena terlalu sering melihat layar handphone, terdapat beberapa penyebab lain dari bertambahnya minus pada mata Anda, yaitu:

  • Penggunaan kacamata minus yang tidak sesuai.

Menurut beberapa penelitian, penggunaan kacamata minus yang tidak sesuai dengan jumlah minus akan menyebabkan minus bertambah.

  • Kurangnya kewaspadaan dan kepedulian.

Minus pada mata dapat bertambah pada usia berapa pun, akan tetapi, cenderung berkembang pada masa kanak-kanak dan remaja. Dan minus pada mata Anda akan terus memburuk jika Anda terus melakukan kebiasaan buruk. Anda harus lebih peduli pada diri sendiri dan lingkungan Anda. Awasilah anak-anak dan kerabat Anda, beritahu ‘jarak aman’ untuk membaca, dan sebagainya.

  • Kurang asupan makanan sehat.

You are what you eat.”, pernah dengar istilah itu? Maksudnya adalah, apa yang Anda makan akan membentuk diri Anda. Jika Anda hanya mengonsumi makanan tidak sehat seperti junk food dan alkohol, maka tubuh Anda pun akan menjadi tidak sehat. Konsumsilah makanan yang sehat, terutama untuk kesehatan mata Anda seperti wortel, tomat, dan alpukat karena mereka mengandung vitamin A dan C.

Cara Mengurangi Mata Minus

Ada cara agar minus mata benar-benar tidak bertambah lagi, yaitu dengan operasi lasik. Dengan lasik, bukan hanya menghentikan penambahan minus pada mata Anda, tapi juga menyembuhkan minus, sehingga mata Anda dapat melihat secara normal.

Akan tetapi, harga yang dibutuhkan untuk melakukan lasik tergolong cukup ‘mewah’, bisa mencapai Rp 20 juta. Maka dari itu, Bacaterus akan berbagi tips mengurangi, menghambat, dan mengobati penambahan minus pada mata Anda.

  • Gunakan kacamata sesuai kebutuhan

Menggunakan kacamata yang sesuai dengan kebutuhan Anda merupakan cara yang paling tepat agar minus tidak bertambah. Periksakan mata Anda ke rumah sakit, lalu buatlah kacamata sesuai dengan jumlah minus mata Anda.

Jika Anda aktif menggunakan handphone atau komputer, sebaiknya gunakan kacamata dengan lensa anti radiasi. Selain minus, Anda juga sebaiknya memeriksakan silindris pada mata Anda, karena silindris juga sangat berpengaruh besar dalam penglihatan Anda.

  • Hilangkan kebiasaan buruk membaca terlalu dekat

membaca terlalu dekat

Mungkin secara tidak sadar Anda sering menunduk dan melihat handphone atau buku dengan jarak yang sangat dekat dengan mata, atau mungkin Anda membaca sambil tiduran atau dengan posisi duduk yang tidak benar, sehingga minus pada mata Anda dapat bertambah secara signifikan.

advertisements

Biasakanlah untuk membaca atau menonton dari jarak yang aman dan dengan posisi tubuh yang tegap. Layar ponsel, televisi, atau komputer pun bisa sedikit diredupkan atau hidupkan reader mode.

  • Istirahatkan kontak mata dengan komputer

Jika Anda adalah seseorang yang terbiasa bekerja dengan komputer, luangkanlah waktu minimal setiap dua puluh lima menit sekali untuk beranjak dari tempat duduk Anda.

Mengistirahatkan mata, selain ditujukan untuk mengistirahatkan mata Anda, juga untuk menggerakkan badan Anda agar tidak kaku. Sambil mengistirahatkan mata, Anda dapat mengambil air minum, pergi ke kamar mandi, mengambil camilan, melihat-lihat pemandangan dari jendela, atau menghirup udara segar.

  • Gunakan lilin

terapi lilin

Ada satu tips unik, yaitu dengan melakukan terapi lilin. Caranya cukup mudah! Siapkan sebuah lilin dan korek api atau geretan. Tahap selanjutnya adalah, Anda nyalakan lilin tersebut dan simpan di depan Anda. Tataplah lilin tersebut tanpa banyak berkedip hingga air mata mengalir dengan sendirinya dari mata Anda.

Perlu diingat untuk tidak melakukan terapi ini terlalu lama. Jika air mata Anda sudah mengalir, hentikan terapi saat itu juga..

  • Lakukan latihan simpel ini untuk mata Anda!

Jangan gunakan kacamata saat dirasa kurang diperlukan, misalnya saat Anda berada di dalam rumah atau saat Anda tidak sedang bekerja. Kemudian, latihlah mata Anda dengan melihat suatu benda atau objek yang jauh seperti sawah, bukit, laut, dan tempat-tempat yang memiliki sudut pandang jauh lainnya tanpa menggunakan kacamata.

Anda juga dapat melatih mata Anda dengan melihat benda yang bergerak, seperti orang-orang, kendaraan, atau mainan. Perhatikan setiap gerakan benda itu, fokuskan pandangan Anda hingga bayangan yang Anda lihat utuh dan tidak kabur/berbayang.

Cara Mengobati Secara Alami

Selain dengan mengikuti langkah-langkah di atas, ada juga cara pengobatan mata minus secara herbal, seperti berikut ini:

  • Gunakan daun sirih

manfaat daun sirih

Mata minus dapat disembuhkan dengan daun sirih juga, loh! Siapkan dua lembar daun sirih, cuci hingga bersih. Tempelkan daun sirih yang telah dicuci pada kedua mata Anda dan diamkan selama beberapa saat sambil rileks. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Cara lainnya adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirih dengan 4 gelas air. Rebus campuran air dan daun sirih selama sekitar tiga puluh menit. Setelah itu dinginkan air rebusan daun sirih, lalu saring. Cuci mata Anda dengan rebusan daun sirih yang sudah dingin. Bukalah mata Anda saat proses pencucian.

  • Konsumsi sawi putih dan seledri

sawi putih

Alternatif pengobatan mata minus dengan herbal lainnya adalah dengan mengonsumsi sawi putih dan seledri. Kedua sayuran itu mengandung antioksidan dan vitamin A yang dapat membantu Anda mengurangi mata minus. Cara pengolahannya, kedua sayuran itu bisa dibuat menjadi jus.

  • Menyembuhkan mata minus ala india dengan Triphala

triphala

Triphala adalah tumbuhan yang berasal dari negara India. Triphala dipercaya dapat menguatkan otot-otot mata. Cara menggunakannya yaitu dengan membersihkan mata dengan air yang sudah dicampur herbal Triphala. Selain bermanfaat sebagai penguat otot mata, Triphala juga dapat mengobati iritasi mata merah.

Sekiranya itulah ciri-ciri minus mata bertambah dan beberapa cara mengurangi dan mengobatinya yang dapat Bacaterus rangkum untuk para pembaca. Semoga bermanfaat.

Apa ada yang sudah pernah mencoba beberapa cara di sini? Atau punya cara lain untuk mengurangi dan mencegah minus bertambah? Boleh dibagikan pengalamannya di kolom komentar. 🙂

Artikel Menarik Lainnya:
Referensi dan sumber gambar: