advertisements
advertisement

Ombre merupakan gaya rambut masa kini. Teknik ombre ini menggambarkan sebuah filosofi warna. Jika Anda belum mengerti bagaimana gaya rambut ombre ini, cobalah untuk membayangkan setangkai bunga yang sedang mekar.

Pada umumnya, warna bunga akan semakin terang pada ujungnya. Jadi, teknik ombre adalah teknik yang menggabungkan 2 atau 3 warna untuk mewarnai rambut. Teknik pewarnaan ini akan membuat rambut tampak semakin indah dan cantik.

advertisement
advertisement

Dewasa ini, banyak sekali kaum hawa yang tertarik untuk mewarnai rambutnya dengan style ombre. Sayangnya, untuk mendapatkan rambut ombre, Anda harus rela membayar biaya salon yang cukup mahal dan menguras dompet.

Akan tetapi, Anda tidak perlu berkecil hati, karena pada kesempatan kali ini Bacaterus akan mengulas beberapa cara ombre rambut sendiri yang bisa Anda lakukan di rumah. Bagaimanakah caranya? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Ombre Rambut dengan Lemon

cara ombre rambut sendiri

Bisakah ombre rambut dengan lemon? Tentu saja bisa. Lemon merupakan bahan pencerah rambut alami yang bisa dikombinasikan dengan beberapa bahan kimia lain untuk mengombre rambut. Berikut adalah langkah-langkah mengombre rambut dengan lemon:

  1. Campurkan ¼ cangkir air hangat dengan satu cangkir berisi air perasan lemon. Kemudian, tambahkan satu cangkir air perasan jeruk. Lalu, masukkan larutan tersebut ke dalam botol semprot.
  2. Gunakan sunblock pada sekujur tubuh Anda karena nantinya Anda akan berjemur sesaat di bawah sinar matahari.
  3. Semprotkan larutan air hangat, air lemon, dan air jeruk ke seluruh bagian rambut Anda.
  4. Untuk menambahkan highlight, celupkan bola kapas ke dalam air lemon dan air jeruk, lalu usapkan bola kapas tersebut ke bagian rambut yang hendak diombre.
  5. Carilah tempat yang nyaman di mana rambut Anda bisa dijemur di bawah sinar matahari. Kemudian, duduklah di bawah paparan sinar matahari selama kurang lebih 1 atau 1 ½ jam untuk melihat perubahan warna rambut.
  6. Setelah 1 ½ jam, basahi lagi rambut Anda dengan air lemon. Kemudian, duduk kembali di bawah sinar matahari selama 30 menit.
  7. Cuci rambut Anda, kemudian aplikasikan kondisioner alami untuk menjaga rambut Anda agar tidak kering.

Perubahan warna rambut yang dihasilkan dengan teknik ombre dengan lemon ini tidak bisa diperoleh secara instan. Anda harus sabar menunggu selama 3-4 minggu. Cara ini mewarnai rambut ini terbilang alami karena tanpa bleaching.

Akan tetapi, jika Anda ingin memperoleh rambut ombre secara instant dan tidak ingin menunggu dalam jangka waktu yang lama, maka Anda harus menggunakan teknik ombre dengan bleaching yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Cara Ombre Rambut dengan Bleaching

advertisements

Nah, cara ombre rambut dengan bleaching ini bisa memberikan hasil yang lebih cepat dibanding menggunakan lemon. Cara ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa memerlukan bantuan dari orang lain. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan berikut ini:

  • Bleach secukupnya sesuai dengan jenis rambut Anda (bisa menggunakan bleach dari Miranda, Sasha, atau L’Oreal Paris Ombre)
  • Pewarna rambut sesuai dengan warna yang Anda inginkan
  • Bandana
  • Sikat untuk semir rambut

Setelah semua bahan tersedia, ikuti langkah-langkah mengombre rambut secara praktis berikut ini:

  1. Cuci rambut hingga bersih, kemudian keringkan dengan hair dryer
  2. Campurkan semua peralatan bleach ke dalam satu wadah dan aduk hingga merata
  3. Bagi rambut Anda menjadi dua bagian agar pengaplikasian bleach akan merata ke seluruh bagian rambut
  4. Usapkan bleach ke seluruh bagian rambut dengan sikat semir
  5. Diamkan setelah 45 menit hingga rambut berubah warna
  6. Bilas rambut dengan air bersih (tidak dikeramasi dengan shampoo) dan keringkan dengan hair dryer
  7. Setelah rambut Anda kering, mulailah mengambil langkah untuk pewarnaan rambut agar terlihat ombre
  8. Campurkan semua bahan pewarna rambut ke dalam satu wadah
  9. Aplikasikan pewarna tersebut ke bagian bawah rambut agar nampak berbeda
  10. Diamkan sesuai dengan waktu yang dianjurkan oleh produk pewarna yang Anda gunakan
  11. Bilas dengan air bersih dan keringkan rambut untuk melihat perubahan warna

Mengombre rambut sendiri dengan menggunakan bleaching tentu akan membuat rambut jadi mudah kering. Untuk menghindari kerusakan rambut akibat bleaching dan pewarna, gunakan kondisioner rambut secara rutin. Anda juga bisa melakukan hair mask sendiri di rumah untuk mencegah kerusakan rambut, seperti rontok, pecah-pecah, dan kering.

Tips Saat Ombre Rambut Sendiri

cara ombre rambut di rumah

Cara ombre rambut sendiri ini sangat praktis dan menghemat pengeluaran Anda. Namun, ada beberapa tips yang harus Anda ketahui agar hasil ombre rambut Anda terlihat bagus dan cocok untuk penampilan Anda, yakni:

  • Pastikan bahan yang digunakan sudah sesuai dengan tekstur dan panjang rambut Anda. Jangan sampai bahan yang digunakan terlalu sedikit atau kebanyakan agar hasil ombre rambut terlihat maksimal.
  • Pemilik rambut cepak juga bisa menggunakan teknik ombre ini, yakni dengan mewarnai ujung-ujung rambutnya saja.
  • Sesuaikan pilihan warna ombre dengan warnakulit Anda. Karena tidak semua warna akan cocok dengan warna kulit tertentu.
  • Sesuaikan pilihan warna ombre dengan latar belakang, lingkungan, dan rekan Anda. Contohnya, jika Anda seorang profesional di sebuah perusahaan, maka sebaiknya Anda memilih warna yang tidak terlalu mencolok agar tidak menimbulkan kontroversi.
advertisement
advertisement

Tips lain agar hasil ombre rambut Anda jadi lebih maksimal adalah potong rambut dengan teknik modern layer. Jadi, trap pada rambut Anda harus terlihat lebih berat dan bervolume. Selain itu, pastikan Anda juga selalu merawatnya dengan berbagai vitamin rambut agar hasil ombre tetap terlihat indah.

Nah, sudahkah Anda menentukan warna yang cocok untuk mengombre rambut Anda? Cara ombre rambut sendiri ini sangat membantu Anda yang ingin memiliki rambut bergaya ombre dengan budget terbatas. Namun, jika Anda tidak yakin untuk mewarnai rambut sendiri, maka mintalah bantuan dari profesional hair stylist. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: