advertisements
advertisement

Apakah Anda pernah merasa malas membersihkan wajah? Setelah seharian beraktivitas, tentunya duduk santai di sofa atau langsung rebahan di ranjang akan menjadi lebih menarik daripada harus membersihkan wajah dari sisa make up, debu, keringat, dan kotoran. Padahal, semua kotoran yang menempel di wajah dapat membuat kulit kusam, pori-pori tersumbat, menimbulkan komedo dan jerawat, dan masih banyak lagi. Biasakanlah untuk membersihkan wajah Anda, minimal saat sebelum tidur.

Membersihkan wajah merupakan salah satu cara merawat wajah yang benar agar kulit wajah Anda terhindar dari masalah-masalah kulit. Ingin tahu sembilan cara lainnya untuk merawat wajah agar terlihat lebih segar dan berseri? Berikut adalah 10 cara merawat wajah yang benar ala Bacaterus agar wajah menjadi lebih sehat dan berseri. Semoga bermanfaat!

1. Membersihkan Wajah Sebelum Tidur

advertisement
advertisement

Cara merawat wajah yang pertama dan terwajib adalah membersihkan wajah setelah seharian beraktivitas. Terutama jika Anda menggunakan make up yang cukup tebal, terpapar sinar matahari secara langsung, dan bekerja di lapangan, maka Anda wajib membersihkan wajah Anda sebelum pergi tidur.

Gunakanlah pembersih khusus wajah, biasanya berupa krim atau spray perontok make up. Untuk menghapus riasan mata dan bibir, gunakanlah eye & lips make up remover agar bersihnya lebih maksimal. Terakhir, tuntaskan dengan menyapukan cairan penyegar ke seluruh permukaan wajah menggunakan kapas.

2. Cuci Muka

cuci-muka

Setelah membersihkan make up, cucilah wajah Anda menggunakan sabun wajah. Cara mencuci muka yang benar adalah dengan menggunakan air hangat. Siapkan air hangat secukupnya, lalu basuh wajah Anda sambil dipijat perlahan-lahan, Anda dapat langsung menggunakan tangan ataupun menggunakan spons khusus untuk mencuci muka. Setelah itu, tuangkan facial wash yang cocok dan biasa Anda gunakan ke telapak tangan, gosok hingga membuat busa yang banyak, lalu balurkan busa ke seluruh wajah Anda.

Pertama-tama, aplikasikan busa dari facial foam ke pipi Anda, lakukan gerakan memutar ke arah luar. Setelah itu, aplikasikan busa ke hidung Anda, gosok hidung dari arah bawah ke atas perlahan-lahan. Lalu lanjutkan pada bawah hidung dagu. Terakhir, balurkan busa ke dahi Anda. Jangan lupa pijat wajah Anda secara lembut selama beberapa menit. Bilas kembali menggunakan air hangat. Terakhir, keringkan wajah Anda.

3. Keringkan Wajah

keringkan-wajah

Setelah selesai mencuci muka, cara merawat wajah yang benar selanjutnya adalah dengan mengeringkan wajah secara lembut. Pertama, siapkan handuk khusus wajah, permukaannya harus lebih lembut daripada handuk mandi. Cara mengeringkan wajah yang paling benar adalah dengan cara ditepuk-tepuk atau ditekan-tekan pada permukaan wajah, jangan digosok. Setelah wajah kering, gantung handuk wajah di tempat kering (bukan di tempat lembab seperti di dalam kamar mandi).

Perlu diketahui bahwa menggosok wajah dengan handuk, apalagi jika handuknya kasar, akan membuat kulit tergesek dan dapat menimbulkan iritasi. Dan dalam jangka panjang akan menimbulkan penuaan dini seperti keriput. Bedakan handuk untuk mengeringkan wajah dengan handuk yang Anda gunakan untuk mengeringkan badan atau rambut. Selalu cuci handuk selama 3 hari sekali agar handuk selalu bersih dan terbebas dari jamur.

4. Rutin Menggunakan Pelembab

rutin menggunakan pelembab

Pelembab wajah terdiri dari berbagai macam vitamin, mineral, minyak, dan air yang dapat membantu melembabkan kulit wajah Anda. Pelembab wajah bisa Anda gunakan sebelum mengaplikasikan make up seperti foundation, pelembab jenis ini biasa disebut sebagai day cream. Jika pelembab yang Anda gunakan sebelum pergi tidur, namanya adalah night cream. 

Sekarang ini mudah sekali untuk Anda mendapatkan pelembab, karena sudah banyak drug store dan mini market yang menjual pelembab di toko mereka. Ada pula yang menjual pelembab home made yang menggunakan bahan-bahan natural yang tentunya lebih alami dan lebih bagus untuk kulit Anda. Jika kulit Anda berminyak, jangan takut untuk menggunakan pelembab, karena pada dasarnya segala jenis kulit membutuhkan pelembab. Jika Anda khawatir, gunakanlah pelembab dengan oil free.

5. Jaga Kebersihan

advertisement
advertisement

Cara merawat wajah yang benar selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan Anda, mulailah dari kebersihan handuk seperti yang telah dibahas pada poin nomor 3. Lalu, perhatikan juga kebersihan alat make up Anda. Cucilah alat-alat kecantikan Anda seperti spons bedak, spons foundation, juga aneka kuas dan sikat.

Cobalah untuk tetap menjaga kebersihan wajah dan sekitar tempat tidur Anda. Selalu ganti sarung bantal dengan yang bersih atau tataki dengan kain bersih. Selain itu, ingatlah untuk tidak berlebihan dalam membersihkan wajah. Membersihkan wajah terlalu sering sama buruknya dengan tidak membersihkan wajah sama sekali. Bahkan jika wajah Anda berjerawat, membersihkan wajah terlalu sering juga bisa memperburuk kondisi jerawat.

6. Rutin Menggunakan Tabir Surya

Tabir surya atau sun block merupakan produk pelembab wajah yang mengandung efek melindungi dari sinar matahari. Sekarang ini lapisan ozon semakin menipis, sehingga sinar mataharinya sudah tidak sehat lagi jika kulit terlalu sering terpapar matahari.

Maka dari itu, usahakanlah untuk menggunakan pelembab dengan tabir surya, minimal memiliki UVA, UVB, SPF minimal 30. Selain pelembab, make up lain pun sudah ada yang memiliki tabir surya, seperti bedak, foundation, BB cream, dan CC cream.

7. Gunakan Make Up yang Cocok

make up

Selektiflah dalam memilih make up. Apalagi jika Anda memiliki kulit yang sensitif. Utamakan memilih make up yang water based daripada oil based. Pilihlah make up yang mengandung non-acnegenic dan non-comodogenic, sehingga terbebas dari kemungkinan munculnya jerawat dan komedo. Selain itu, yang terpenting adalah perhatikan waktu kadaluarsanya. Rata-rata make up hanya berusia selama 4-6 bulan setelah bungkusnya dibuka.

8. Cara Mengatasi Jerawat

cara-merawat-wajah-yang-benar

 

Jika kulit wajah Anda sedang berjerawat, janganlah Anda memencet apalagi memecahkan jerawat Anda. Sebaiknya Anda menunggu jerawat kering dengan sendirinya. Karena jika Anda memecahkan jerawat secara paksa, akan timbul infeksi dan luka yang akan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Ada krimlotion, gel, dan juga pad yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat.

Ada pula cara menghilangkan jerawat secara alami dengan bahan-bahan yang tersedia dari alam, seperti menggunakan tomat. Lebih lengkapnya silakan baca di sini. Namun, jika Anda memilih bahan-bahan alami, tentunya Anda perlu bersabar karena hasilnya tidak mungkin instan. Butuh waktu berminggu-minggu untuk dapat benar-benar membersihkan jerawat beserta bekasnya.

9. Hidup Sehat

Hindari kebiasan hidup yang buruk yang dapat merusak kulit Anda, seperti merokok, berjemur terlalu lama, dan lain sebagainya. Hindari juga penggunaan ikat rambut terlalu ketat, karena dapat mengiritasi kulit sekitar wajah Anda juga. Rawatlah rambut Anda, karena rambut merupakan sarang kuman. Terlebih lagi jika Anda memiliki poni, rajin-rajinlah mencuci rambut Anda.

Selain itu, makanlah makanan yang sehat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Begitu pula dengan minumannya, pilihlah minuman yang sehat seperti susu dan teh hijau. Hindarilah minum minuman beralkohol.

10. Tidur Teratur

Tidur teratur dan cukup adalah cara merawat wajah yang benar yang terakhir. Dengan tidur teratur, Anda akan terhindar dari kantung mata tebal dan lingkar mata hitam. Selain itu, tidur cukup minimal 6 jam semalam akan menunda munculnya garis-garis halus yang akan menimbulkan kerutan di sekitar mata dan wajah.

Itulah 10 cara merawat wajah yang benar. Anda punya cara atau tips lainnya? Bagikan di kolom komentar, ya.

Artikel Menarik Lainnya: