advertisements

Pernahkah Anda memotong rambut namun hasilnya justru kependekan? Atau mungkin Anda memiliki rambut yang kurang subur dan butuh waktu lama untuk tumbuh? Nah kali ini saya akan mengulas cara merawat rambut agar cepat panjang untuk mengatasi dua masalah yang sering menimpa rambut kita tersebut.

Secara normal rambut manusia akan tumbuh seperempat hingga setengah inci perbulannya tergantung dari faktor genetik dan kesehatan. Namun terdapat beberapa cara mudah dan alami agar proses pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat, lebih sehat, tebal, lembut, dan hitam berkilau. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda coba untuk mempercepat tumbuhnya rambut.

Sikat Rambut Secara Rutin

advertisements

Tips agar rambut cepat panjang yang pertama adalah dengan menyikatnya secara rutin. Sikatlah rambut Anda selama 1 hingga 2 menit setiap pagi dan sore dengan menggunakan sisir bergerigi tebal dan lebar. Lakukan pijatan lembut pada kulit kepala dengan sisir tersebut untuk menstimulasi sirkulasi darah dan minyak alami pada rambut.

Sirkulasi darah yang baik merupakan kunci utama untuk membuat rambut lebih sehat dan tumbuh lebih cepat. Jangan menyikat rambut ketika dalam keadaan basah karena dapat merusak bentuknya. Selain itu jangan pula menggunakan sisir yang bergerigi tipis dan rapat ketika menyikatnya.

Pijat Kulit Kepala Ketika Keramas

pijat keramas

Ketika Anda melakukan keramas, pijatlah kulit kepala dengan lembut menggunakan jari-jari tangan Anda selama satu hingga dua menit. Lakukan pijatan dengan menekan, menarik, dan memutar agar sirkulasi darah di kulit kepala menjadi lancar dan mempercepat proses pertumbuhan rambut.

Gunakan Masker Kentang dan Bawang

Cara merawat rambut agar cepat panjang yang selanjutnya adalah dengan membuat masker rambut yang terbuat dari kentang. Caranya, campurkanlah dua buah kentang, satu sendok makan madu, dan sebuah kuning telur. Buatlah campuran tersebut menjadi sebuah masker rambut kemudian balurkan pada rambut hingga kulit kepala Anda.

Diamkan selama setengah jam kemudian bilaslah dengan menggunakan sampo. Dengan menggunakan masker kepala ini secara rutin maka rambut Anda akan semakin sehat secara alami. Anda juga dapat mengganti kentang dengan bawang jika Anda kuat dengan bau menyengat yang dihasilkannya.

Jangan Menggunakan Conditioner di Kulit Kepala

Menggunakan kondisioner memang baik untuk rambut, namun jangan sampai menyentuh kulit kepala. Beberapa kondisioner rambut memiliki kandungan wax dan silikon yang akan menutupi kulit kepala dan pori-porinya. Hasilnya, kulit kepala akan kesulitan ‘bernafas’ dan peredaran darahnya juga tersumbat sehingga kesehatan rambut akan berkurang.

Jangan Mengepang Rambut Ketika Tidur

cara merawat rambut agar cepat panjang

Di saat Anda tidur, biarkanlah rambut tergerai dengan bebas. Jangan mengepang atau mengikat rambut dengan keras karena akan menghambat sirkulasi dan juga merusak bentuk dari rambut itu sendiri. Selain itu, menggunakan seprei yang terbuat terbuat dari bahan sutra juga dapat membuat rambut lebih sehat ketika tidur.

Kurangi Penggunaan Kosmetik Rambut

Berbagai produk kecantikan rambut memang akan membuat rambut Anda tampak indah dan menawan. Akan tetapi, jangan menggunakan produk tersebut secara terus menerus karena akan dapat merusak rambut. Berikanlah sesekali waktu bagi rambut Anda untuk ‘beristirahat’ agar dapat tumbuh dengan baik.

Pijat Dengan Minyak Hangat

advertisements

Cara merawat rambut agar cepat panjang juga bisa dilakukan dengan pijatan menggunakan minyak hangat. Caranya balurkanlah minyak linen, minyak zaitun, minyak kelapa, minyak argan, atau minyak jojoba yang sudah dihangatkan ke rambut Anda.

Lakukan pijatan dengan lembut selama 15 hingga 20 menit lalu diamkan selama selama setengah jam. Setelah itu bersihkanlah rambut Anda dengan sampo hingga benar-benar bersih. Selain akan menyehatkan rambut, pijatan dengan minyak hangat ini juga akan membuat Anda lebih rileks dan lebih segar dari sebelumnya.

Gunakan Minyak Castor Saat Tidur

Cara menumbuhkan rambut dengan cepat juga bisa dilakukan ketika tidur. Caranya, pijatlah rambut Anda dengan menggunakan minyak castor sebelum tidur kemudian biarkan selama semalaman. Ketika bangun di pagi hari cucilah rambut Anda hingga bersih.

Lakukanlah trik ini satu atau dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Setelah beberapa minggu Anda akan mulai melihat rambut yang panjang dan juga lebat. Trik ini juga bisa diaplikasikan untuk mendapatkan bulu mata yang tebal.

Pilih Makanan Kaya Gizi

Tubuh yang sehat juga akan menghasilkan rambut yang sehat. Seperti diulas pada artikel sebelumnya, pola makan yang sehat merupakan kunci tubuh yang sehat. Tentunya, makanan kaya gizi dan vitamin juga akan mempercepat proses tumbuhnya rambut di kepala Anda. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat menyehatkan rambut.

1. Telur

cara agar rambut cepat panjang telur

Rambut manusia pada dasarnya dibentuk oleh protein, dan telur merupakan salah satu sumber protein terbaik. Maka dari itu, mengkonsumsi telur secara rutin merupakan salah satu cara agar rambut cepat panjang. Anda dapat mengkonsumsi telur ayam atau telur bebek karena keduanya memiliki kandungan mineral seperti sulfur, zat besi, dan zinc yang baik untuk rambut.

Sumber protein lain yang cukup mudah untuk didapat adalah daging merah dari sapi dan kambing. Jika Anda kurang menyukai daging merah, maka daging ayam, bebek, dan kalkun juga cukup baik untuk tubuh serta memiliki kandungan zat besi dan zinc yang berlimpah.

2. Ubi Jalar

ubi jalar

Vitamin A juga merupakan sumber yang baik untuk mempercepat tumbuhnya rambut. Vitamin A juga akan meningkatkan produksi minyak alami rambut sehingga rambut Anda tidak kering dan gatal. Ubi jalar merupakan salah satu sumber makanan kaya beta-carotene yang akan diubah menjadi Vitamin A oleh tubuh. Sumber Vitamin A lainnya yang dapat Anda coba adalah wortel dan labu.

3. Ikan Salmon

pola makan sehat salmon

Ikan salmon merupakan salah satu makanan wajib bagi Anda yang menginginkan rambut panjang dan juga tebal. Ikan salmon memiliki kandungan lemak Omega-3 yang cukup banyak untuk membuat rambut Anda menjadi lebih sehat, tebal, dan berkilau. Rutinlah memakan ikan salmon untuk mendapatkan hasilnya dengan cepat dan sempurna.

Selain ikan salmon, berbagai jenis kacang-kacangan juga memiliki kandungan lemak Omega-3 yang cukup banyak. Kacang-kacangan tersebut di antaranya adalah kenari, kacang mete, butternut, almond, kacang macadamia, pecan, dan hazelnut.

4. Alpukat

buah alpukat

Buah alpukat merupakan sumber makanan lainnya yang memiliki kandungan lemak baik untuk tubuh dan rambut. Anda dapat memakan alpukat secara langsung atau mencampurkannya dengan buah atau sayuran yang lain. Selain itu, alpukat juga dapat dijadikan masker rambut jika Anda tidak suka memakannya.

5. Tiram

cara merawat rambut agar cepat panjang tiram

Kekurangan zinc pada tubuh Anda akan menyebabkan kerontokan dan penipisan rambut. Tiram merupakan bahan pangan yang memiliki kandungan zinc yang cukup banyak. Selain zinc, kandungan protein yang dimilikinya juga cukup tinggi. Jika tidak suka tiram, Anda bisa memakan sereal gandum ataupun roti gandum.

6. Buah-Buahan Segar

pola makan sehat buah

Berbagai buah-buahan segar seperti blueberry, kiwi, lemon, jeruk, strawberry, dan jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C sendiri sangat baik untuk rambut karena dapat memperlancar sirkulasi darah di kulit kepala. Selain buah-buahan, makanan yang memiliki cukup banyak vitamin C adalah kubis Brussel.

7. Sayur Mayur

Bahan makanan terakhir yang cukup efektif untuk mempercepat tumbuhnya rambut adalah sayuran hijau. Dikutip dari beautyandtips.com, Beberapa sayuran seperti bayam, sawi, kangkung, dan brokoli merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik untuk membantu pertumbuhan rambut.

Itulah berbagai tips dan trik untuk membuat rambut Anda sehat dan tumbuh lebih cepat. Ingat jangan mempercayai mitos yang mengatakan jika sering memotong ujung rambut akan membuatnya tumbuh lebih cepat. Tindakan tersebut sebenarnya hanya akan mengurangi rambut bercabang agar tidak terus terbelah sampai bawah.

Selain itu, perlakukanlah rambut Anda dengan baik dan jangan menggosoknya terlalu keras agar tidak merusaknya. Nah, dari berbagai cara merawat rambut agar cepat panjang yang diulas di atas, manakah yang menjadi favorit Anda? Silahkan bagikan pengalaman dan tips lainnya di kolom komentar di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya: