advertisements

Sakit mata biasanya akan mengakibatkan mata menjadi merah. Bukan hanya berubah menjadi merah saja, sakit mata juga akan terasa perih, mengeluarkan air dan tidak nyaman. Sakit mata juga bisa menulari orang-oarang di sekitarnya. Penularan ini terjadi karena udara, sehingga jika salah satu dari anggota keluarga mengalami sakit mata maka Anda bisa tertular juga.

Walaupun sakit mata bukanlah penyakit yang berbahaya, akan tetapi yang namanya sakit mata pastinya juga akan sangat mengganggu aktivitas. Selain bisa mengganggu aktivitas kita, sakit mata juga akan membuat penampilan kita merasa tidak percaya dan menurun. Nah, untuk itu, kita perlu menghindari yang namanya sakit mata.

advertisements

Bagaimana cara kita untuk menghindari sakit mata? Berikut akan diberikan beberapa solusi untuk menghindari sakit mata, dan bagi Anda yang sudah mengalaminya pun akan diberikan cara untuk mengobatinya. Cara mengobati sakit mata berikut adalah cara-cara alami yang bisa Anda coba untuk menyembuhkan sakit mata Anda tanpa perlu khawatir efek samping dari bahan kimia.

Gejala Sakit Mata

Sakit mata hingga memerah adalah salah satu penyakit yang memang sering sekali dan kerap dialami oleh semua manusia. Bukan hanya orang dewasa atau orang tua, anak-anak atau bayi pun juga bisa mengalaminya. Jika orang yang sudah sakit mata, maka dirinya akan merasa perih, kurang nyaman dan beleken di matanya.

Apalagi saat waktu bangun tidur, ini pastinya akan sangat mengganggu sekali dan membuat kita terkadang merasa emosi saat mengalaminya. Nah, untuk bisa mencegah agar sakit mata tidak semakin parah, Anda harus tahu akan gejalanya terlebih dahulu.

gejala sakit mata

Dengan mengetahui akan gejalanya, pastinya Anda juga bisa langsung mengobatinya tanpa ada kelanjutan sakit yang berkepanjangan. Gejala-gejala yang sering muncul dan dialami orang saat sakit mata di antaranya adalah:

  1. Sering gatal
  2. Mata berubah menjadi berwarna merah
  3. Awalnya hanya satu mata yang sakit, kemudian menjadi dua mata
  4. Kelopak pada mata melekat akibat adanya kotoran mata atau belek
  5. Mata terasa perih dan berair

Lima gejala yang disebutkan di atas wajib kita perhatikan dengan baik. Hal tersebut bertujuan agar ketika salah satu gejalanya muncul, maka kita dapat segera menanganinya. Cara termudah untuk menanganinya adalah dengan cara membersihkan mata menggunakan lap yang bersih dan diusapkan di mata yang sakit.

Gejala lain yang biasanya sering terjadi adalah penglihatan mata mulai memburam. Ini terjadi dikarenakan ada sesuatu yang mengganjal di mata kita. Namun saat dilihat, mata kita tidak terdapat apa-apa. Nah, di sinilah penyakit mata bisa terjadi karena ada faktor lainnya. Lalu pertanyaannya adalah faktor apa yang bisa mempengaruhi terjadinya penyakit mata?

Faktor Terjadinya Penyakit Mata

Umumnya, faktor yang sering menyebabkan terjadinya penyakit mata adalah karena mata mengalami infeksi akibat debu atau kotoran yang masuk pada mata kita. Namun, yang namanya penyakit mata juga bisa disebabkan karena mata kita kekurangan akan vitamin A atau salah dalam mengkonsumsi makanan.

cara mengobati sakit mata

Selain itu, sakit mata ini juga bisa disebabkan karena kesalahan diri kita. Misalnya, saat mata mulai terasa perih atau gatal, Anda dengan sengaja mengusapnya walaupun dengan cara yang halus. Karena bisa jadi tangan yang Anda buat untuk mengusap mata memiliki bakteri yang bisa menimbulkan sakit mata.

Nah, apabila Anda sudah benar-benar terinfeksi sakit mata, Anda jangan khawatir untuk menyembuhkannya. Pasalnya kali ini bacaterus.com akan memberikan beberapa cara tradisional dan alami untuk mengobati mata yang sakit. Dengan begitu, mata Anda bisa kembali normal tanpa rasa sakit.

Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami

advertisements

Cara mengobati sakit mata berikut ini adalah cara-cara alami yang sudah biasa digunakan sejak zaman dahulu. Cara alami ini tentunya memiliki khasiat alami tanpa bahan kimia sehingga sangat aman untuk pengobatan mata Anda. Cara-cara pengobatan sakit mata tersebut di antaranya yaitu:

  • Jus Kentang

Untuk cara yang pertama ini Anda bisa menggunakan jus kentang untuk mengobatinya. Caranya, Anda bisa mencuci bersih 1 buah kentang, kemudian diblender. Setelah itu dibungkus dengan kain yang bersih dan ditempelkan di area mata yang sakit selama kurang lebih 15 menit.

  • Daun Sirih

Daun Sirih

Ramuan yang satu ini adalah obat mujarab yang sering sekali digunakan untuk mengobati sakit mata. Cara ini juga sudah dilakukan sejak zaman dahulu, dan di zaman yang sekarang ini ramuan daun sirih masih saja digunakan untuk obat mata. Cara menggunakannya, Anda cukup mendidihkan 3 helai daun sirih yang dicampur dengan sedikit garam lalu dinginkan.

Setelah dingin, saring air rebusan tersebut agar tidak ada kotoran di dalamnya. Nah sekarang gunakanlah air tersebut untuk mencuci mata yang sakit. Lakukan proses pencucian ini sebanyak 3 kali sehari hingga sembuh.

  • Bawang Putih

bawang putih

Anda juga bisa menggunakan bawang putih untuk mengobatinya. Cara menggunakannya, Anda cukup mempersiapkan 1 siung bawang putih, lalu kulitnya dikupas dan pada ujung bagian bawang dipotong. Setelah itu oleskan di sekitar kelopak mata yang ada di bagian bawah. Cara ini persis seperti halnya ketika menggunakan eyeliner.

Saat melakukan cara ini, pastinya mata akan terasa sangat perih dan berair. Namun ini bertanda kalau ramuan sedang bekerja dan Anda jangan membasuhnya. Tetap biarkan hingga mata terus mengeluarkan cairan yang penuh dengan bakteri atau kotoran.

Tips Mempercepat Penyembuhan Sakit Mata

Sembari melakukan salah satu metode pengobatan di atas, terdapat juga beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat proses penyembuhannya. Berikut adalah tips dan triknya:

  • Jangan menyentuh atau mengucek mata dengan tangan karena dikhawatirkan ada bakteri yang masuk.
  • Hindari penggunaan make up di sekitar mata yang sakit untuk mencegah iritasi.
  • Jangan menggunakan lensa kontak sampai mata benar-benar sembuh.
  • Jangan terlalu lama melihat layar komputer atau handphone agar mata tidak cepat lelah.
  • Rutinlah mengistirahatkan mata Anda ketika sudah merasa lelah.

Itulah informasi mengenai cara mengobati sakit mata, penyebab, serta cara pencegahannya. Semoga tips dan trik di atas dapat bermanfaat bagi Anda semua Good Readers. Namun ingat, jika sakit mata Anda bertambah parah maka segeralah kunjungi dokter terdekat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Artikel Menarik Lainnya: