advertisements
advertisement

Jangan sepelekan urat-urat yang tampak menonjol di kaki dan di tangan. Pasalanya, bisa jadi itu adalah varises. Menurut istilah medis, varises adalah pembuluh darah vena. Fungsi dari pembuluh darah vena adalah untuk mengembalikan darah yang berasal dari sisa metabolisme tubuh ke jantung.

Varises mengakibatkan pembuluh darah menjadi tersumbat di betis atau di belakang lutut. Bahkan, varises juga dapat terjadi di bagian lengan. Jadi, varises dapat menyebabkan proses aliran darah ke seluruh tubuh menjadi tersumbat. Oleh karena itu, jangan anggap sepele penyakit yang satu ini.

Penyebab Varises

advertisement
advertisement

Ada beberapa cara menghilangkan varises secara alami baik menggunakan tumbuhan atau tindakan. Akan tetapi, sebelum membahas berbagai caranya tersebut, mari kita kenali terlebih dahulu beberapa hal yang menjadi penyebab varises berikut ini:

  • Kehamilan

Saat kandungan mulai membesar, beban dan tekanan vena di kaki pun semakin meningkat. Di samping itu, perubahan hormon pada tubuh wanita hamil menyebabkan otot vena jadi lebih rileks. Hal ini tentu mengakibatkan katup perlindungan jadi melemah. Kondisi inilah yang memicu timbulnya varises.

  • Usia

Tak hanya tubuh yang menjadi lemah saat usia semakin bertambah tua, tetapi juga vena akan kehilangan keelastisitasannya. Kondisi ini membuat darah yang seharusnya dialirkan ke jantung menjadi kembali menyebar ke seluruh tubuh. Hal ini juga memicu timbulnya varises di paha atau di tangan.

  • Obesitas

Cara agar cepat tidur obesitas

Semakin berat bobot tumbuh Anda, maka semakin besar tekanan yang terjadi pada vena di kaki Anda. Tentu saja, ini membuat vena kesulitan ketika harus mengalirkan darah ke jantung. Tekanan besar yang terjadi pada vena ini membuat aliran darah jadi melawan arus.

  • Kebiasaan Berdiri Dalam Waktu Lama

Seseorang dengan pekerjaan yang lebih lama berdiri, seperti pelayan, kasir, dll, akan lebih rentan mengalami varises. Kebiasaan ini tentu mempengaruhi beban yang harus ditanggung oleh vena di kaki. Nah, kebiasaan ini juga memicu timbulnya varises di tumit, betis, dan paha.

  • Keturunan

Jika diabetes dapat diturunkan, varises pun juga dapat diturunkan dari kakek-nenek atau orang tua. Bila salah satu anggota keluarga Anda memiliki varises, maka Anda juga berisiko mengalami penyakit yang sama.

Cara Menghilangkan Varises

cara menghilangkan varises secara alami

Varises adalah penyakit yang dapat ditangani secara medis. Akan tetapi, sebelum mencari pengobatan medis, sebaiknya Anda mencoba terlebih dahulu cara menghilangkan varises secara alami menggunakan bahan-bahan segar atau melalui tindakan berikut ini:

  1. Jeruk Nipis

Bisakah varises dihilangkan dengan jeruk nipis? Bisa. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Anda hanya memerlukan 1-2 buah jeruk nipis. Kemudian, potong jeruk nipis menjadi  dua bagian. Selanjutnya, usapkan bagian dalam jeruk nipis ke bagian tubuh yang terkena varises.

Lakukan cara menghilangkan varises dengan jeruk nipis ini dua kali sehari, yakni pagi dan malam. Karena ini merupakan cara alami, maka proses penyembuhannya tidak bisa instan. Anda harus menggunakan jeruk nipis secara rutin agar varises Anda lebih cepat hilang.

  1. Kacang Hijau
advertisement
advertisement

Sudah menjadi rahasia umum jika kacang hijau memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Air rebusan kacang hijau ternyata cukup efektif untuk menyembuhkan varises. Anda hanya perlu merebus segenggam kacang hijau di dalam dua gelas air. Kemudian, minumlah air rebusan kacang hijau itu sebanyak dua kali sehari. Konsumsi air kacang hijau ini secara rutin hingga varises Anda sembuh.

  1. Pijat dengan Ramuan Alami

Varises dapat disembuhkan melalui pijatan dan ramuan secara tradisional. Pertama, Anda harus membuat ramuannya terlebih dahulu. Ramuan ini terdiri dari 12 siung bawang putih, 6 buah jeruk nipis, dan minyak zaitun secukupnya.

Irislah bawang putih setipis mungkin, lalu campurkan dengan air perasan jeruk nipis dan minyak zaitun. Setelah semua bahan tercampur, gunakan ramuan ini untuk memijat area varises. Pijat dengan cara melingkar selama 15-20 menit.

  1. Blackberry dan Ceri

buah ceri

Kandungan antosianin dan proanthocyanidins dalam kedua buah-buahan ini dapat melancarkan aliran darah dan mengurangi risiko varises. Oleh karena itu, blackberry dan ceri sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita varises.

  1. Jangan Terlalu Lama Duduk dan Berdiri

Bukankah terlalu lama duduk dapat menyebabkan wasir? Mengapa duduk dalam jangka waktu lama juga memicu varises? Posisi tubuh duduk atau berdiri dalam waktu yang lama nyatanya dapat membuat kaki menahan beban tubuh kita. Jika Anda lebih banyak duduk, pastikan setiap 30 menit untuk bangkit berdiri dan jalan-jalan di sekitar.

  1. Kurangi Kebiasaan Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

high heels

Sepatu hak tinggi (high heels) memang membuat penampilan wanita jadi terlihat lebih anggun dan menawan. Namun, sepatu hak tinggi membuat fungsi otot di bagian betis bekerja lebih maksimal. Oleh karena itu kurangi kebiasaan menggunakan sepatu hak tinggi. Jika terpaksa, cobalah untuk sesekali melepas sepatu dan mengistirahatkan kaki Anda agar sirkulasi darah lebih lancar.

  1. Olahraga

Ada banyak orang yang mengganggap sepele manfaat olahraga bagi kesehatan. Faktanya, olahraga memang terbukti ampuh untuk mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk varises. Cobalah untuk berjalan santai setiap hari selama 15-30 menit. Olahraga ini dapat melancarkan sirkulasi darah Anda asalkan tidak dilakukan dengan berlebihan.

  1. Diet

Seperti yang sudah kita ketahui, obesitas merupakan salah satu faktor penyebab varises. Bila Anda memiliki berat badan yang lebih dari normal, maka sebaiknya Anda melakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan. Terlebih jika Anda sudah mengalami varises. Salah satu diet yang bisa Anda coba adalah diet air putih yang pernah kami ulas di artikel ini.

Berbagai cara menghilangkan varises secara alami ini cukup aman untuk dilakukan. Sebelum mencari pengobatan medis, tidak ada salahnya Anda mengatasi varises dengan cara-cara alami terlebih dahulu. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: