advertisements

Apakah Anda memiliki kebiasaan ngorok saat tidur? Mungkin Anda tidak menyadarinya, tetapi pasangan atau keluarga yang tidur di dekat Anda mungkin bisa sangat terganggu ketika mendengar dengkuran Anda yang sangat keras. Bahkan di luar negeri, mengorok dapat menjadi masalah serius yang mengancam keutuhan rumah tangga. Wah, seram sekali, ya?

Nah, bagi Anda yang memiliki kebiasaan ngorok tersebut, cobalah 10 cara menghilangkan ngorok saat tidur berikut ini. Berbagai cara ini dapat menghilangkan kebiasaan mendengkur secara alami tanpa adanya efek samping yang berbahaya.

  1. Gunakan Posisi Tidur yang Benar

advertisements

Posisi tidur hingga cara penggunaan bantal yang salah dapat membuat Anda mendengkur, salah satunya kepala yang berada jauh di belakang posisi bantal. Pastikan untuk meletakkan kepala 4 inch dari posisi biasanya untuk membersihkan tenggorokan Anda dari penghalang yang menghasilkan dengkuran.

Selain itu, posisi telentang membuat lidah tertarik ke belakang dan terjadi penyempitan aliran udara yang memicu getaran dan suara dengkuran. Posisi tidur yang baik untuk mencegah ngorok adalah miring ke samping. Bila perlu, gunakan bola tenis di bawah tengkuk Anda untuk mencegah Anda tidur dalam keadaan telentang atau tengkurap.

  1. Miliki Berat Badan Ideal

cara menghilangkan ngorok saat tidur

Obesitas juga dapat menjadi penyebab kebiasaan ngorok saat tidur. Pasalnya, sebagian besar orang yang memiliki kebiasaan ini cenderung bertubuh besar atau mengalami obesitas. Hal ini disebabkan karena lipatan lemak di bagian leher orang yang gemuk. Lipatan tersebut mempersempit diameter tenggorokan dan menghalangi aliran udara.

Nah, oleh karena itu milikilah berat badan ideal untuk meredakan kebiasaan ngorok saat tidur. Caranya adalah dengan melakukan diet sehat dan rajin berolahraga. Salah satu diet yang cukup ampuh untuk menurunkan berat badan adalah diet air putih yang pernah kami ulas di artikel ini.

  1. Periksa dan Bersihkan Sinus

tips menghilangkan ngorok

Sinus yang tidak terlalu parah memang tidak menimbulkan permasalahan kesehatan yang mengganggu. Bahkan, beberapa orang mungkin tidak sadar jika memiliki sinus. Jika Anda memiliki kebiasaan ngorok yang sukar dihentikan, cobalah periksa sinus Anda. Bila perlu, dokter akan membersihkan sinus Anda.

Namun, jika kondisi sinus tidak terlalu kotor dan parah, dokter akan menyarankan Anda untuk membersihkan sinus sendiri sebelum tidur. Caranya cukup tradisional yakni dengan mengeluarkan udara dengan keras melalui hidung.

  1. Istirahat dan Tidur yang Cukup

cara menghilangkan tidur mendengkur

Kelelahan juga merupakan faktor pemicu ngorok saat tidur. Setelah menjalani aktivitas seharian penuh, otot akan merasa lelah dan tidak dapat bekerja secara maksimal. Akibatnya, tanpa disadari Anda akan mendengkur saat tidur.

Solusi dari permasalahan ini adalah dengan beristirahat yang cukup dan tidur selama kurang lebih 7-8 jam. Selain itu, kurangi juga kebiasaan begadang yang tidak perlu karena dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda.

  1. Hirup Uap Air Hangat Sebelum Tidur

advertisements

Ngorok sangat erat kaitannya dengan permasalahan pada hidung. Maka dari itu, cobalah membersihkan hidung untuk mengurangi kebiasaan ngorok dengan menghirup uap air hangat selama 10 menit sebelum tidur.

Anda juga bisa menggunakan handuk yang dibasahi dengan air hangat untuk mengompres hidung. Lakukan ini untuk membersihkan lendir yang menyumbat hidung. Setelah lendir berhasil dibersihkan, maka suara dengkuran pun akan berkurang drastis.

  1. Hindari Konsumsi Minuman Beralkohol

Salah satu cara menghilangkan ngorok saat tidur adalah dengan mengurangi atau membatasi konsumsi minuman beralkohol, seperti bir, rum, whisky, wine, dll. Minuman beralkohol dapat membuat otot-otot di belakang tenggorokan terus bekerja saat tidur yang menjadi pemicu kebiasaan mengorok.

Konsumsi minuman beralkohol 4-5 jam sebelum tidur dapat memperparah kondisi mendengkur Anda. Jika ingin benar-benar terhindar dari kebiasaan ngorok, segera hindari konsumsi minuman beralkohol jenis apapun.

  1. Hindari Konsumsi Obat Penenang

Obat penenang atau anti-depresan tidak baik jika dikonsumsi terus menerus. Pasalnya, obat ini juga sama seperti minuman beralkohol yang membuat otot-otot belakang tenggorokan tidak bisa beristirahat dengan baik.

Akan tetapi, bila Anda harus mengkonsumsi obat penenang, konsumsi obat tersebut 3-4 jam sebelum tidur. Segera kurangi konsumsi obat penenang secara bertahap jika kondisi Anda sudah lebih baik agar Anda tidak menjadi ketergantungan.

  1. Hindari Kebiasaan Merokok

cara memerahkan bibir secara alami rokok

Rokok tak hanya menjadi faktor pemicu timbulnya berbagai penyakit kronis, tetapi juga bisa membuat perokok aktif memiliki kebiasaan mendengkur. Ketika merokok, selaput lendir saluran pernapasan mungkin akan teriritasi. Kemudian, iritasi tersebut berubah menjadi pembengkakan yang meningkatkan produksi lendir.

Ketika lendir diproduksi secara berlebih, maka saluran pernapasan akan tersumbat dan menimbulkan suara dengkuran saat tidur. Jika ingin terhindar dari penyakit berbahaya dan kebiasaan ngorok, yuk, segera hindari kebiasaan merokok!

  1. Yoga dan Lakukan Rileksasi Tubuh

cara mengatasi tidur ngorok yoga

Latihan yoga cukup efektif untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang mengganggu, termasuk kebiasaan mengorok. Perlahan tapi pasti, yoga akan membantu Anda untuk menghilangkan problem mengorok saat tidur.

Selain itu, rileksasi tubuh sebelum tidur juga sangat diperlukan untuk mengurangi rasa lelah dan melemaskan otot-otot yang tegang pasca beraktivitas sehari-hari. Rileksasi bisa dilakukan dengan senam ringan, mendengarkan musik smooth, dan memasang aromatherapy pada kamar Anda.

  1. Tidak Makan Sebelum Tidur

Makanan mewah Pizza

Kebiasaan begadang tak jarang menyebabkan rasa lapar saat tengah malam. Akibatnya, Anda segera mengatasi rasa lapar tersebut dengan mengkonsumsi makanan ringan maupun berat. Nah, kebiasaan makan sebelum tidur juga menjadi salah satu faktor penyebab ngorok, lho!

Sebaiknya, hindari konsumsi makanan berat dan berlemak tinggi beberapa jam sebelum tidur. Anda juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi produk susu sebelum tidur. Pasalnya, produk susu dapat meningkatkan produksi lendir dalam mulut.

Mengatasi kebiasaan ngorok saat tidur cukup mudah, bukan? Anda tidak perlu membeli obat atau alat penghilang ngorok yang dijual di pasaran. Karena selain mahal, alat dan obat tersebut belum tentu terjamin efektif mengatasi ngorok.

Beberapa cara menghilangkan ngorok saat tidur secara alami di atas terbukti ampuh mengatasi kebiasaan mendengkur. Apakah Anda memiliki tips menghilangkan ngorok secara tradisional lainnya? Silahkan bagikan dengan kami di kolom komentar di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya: