advertisement
advertisement

Ketombe dan rambut rontok adalah masalah yang banyak sekali dialami oleh wanita maupun pria. Bagi wanita, rambut merupakan mahkota. Dengan timbulnya ketombe dan rambut rontok membuat penampilan mereka terganggu. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok.

Munculnya ketombe dan rambut rontok merupakan pertanda bahwa kulit kepala Anda tidak sehat. Ketombe menimbulkan rasa gatal di kepala Anda, sehingga Anda kerap kali menggaruknya untuk mengurangi rasa gatal tersebut. Penggarukan yang terlalu sering tersebutlah yang menyebabkan melemahnya akar rambut sehingga rambut menjadi rontok.

advertisement
advertisement

Penumpukan ketombe juga mengakibatkan tertutupnya folikel rambut yang mengakibatkan penghambatan pertumbuhan rambut. Oleh karena itu kali ini bacaterus.com akan membahas cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok secara alami.

Penyebab Ketombe dan Rambut Rontok

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mengatasinya, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu beberapa penyebab terjadinya ketombe:

  1. Adanya jamur yang tumbuh di kulit kepala.
  2. Jarang dan tidak teratur membersihkan rambut.
  3. Penggunaan produk styling rambut yang berlebihan.
  4. Cuaca yang dingin dan kering.
  5. Kulit kepala yang terlalu berminyak.

Selain penyebab ketombe, mari kita bahas juga beberapa penyebab rambut rontok:

  1. Timbulnya ketombe.
  2. Faktor hormon.
  3. Demam yang tinggi.
  4. Gangguan sistem kekebalan tubuh.

Cara Menghilangkan Ketombe

cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok

Setelah mengetahui faktor penyebab timbulnya ketombe dan rambut rontok, sekarang mari kita bahas cara-cara untuk menghilangkan ketombe dan juga rambut rontok. Untuk yang pertama, kita akan membahas terlebih dahulu cara menghilangkan ketombe.

  • Baking Soda

Baking soda bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan ketombe. Caranya, rambut Anda harus dalam keadaan basah kemudian gosokkan baking soda ke kulit kepala Anda. Diamkan beberapa saat kemudian bilas hingga bersih tanpa menggunakan shampo.

  • Jeruk Nipis

Jeruk mungil ini juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe. Caranya, ambillah perasaan jeruk nipis secukupnya, kemudian usapkan saja pada kulit kepala Anda. Lakukan sambil dipijat-pijat hingga air jeruk nipis tadi benar-benar meresap di kulit kepala Anda. Kemudian diamkan beberapa saat. Selanjutnya bilaslah hingga bersih.

  • Lemon

cara memutihkan gigi lemon

Sudah tidak asing lagi, zat asam pada lemon dapat membantu menghilangkan ketombe. Caranya cukup mudah. Caranya siapkan 2 sdm perasan air lemon dan 1 sdt jus lemon dan 1 cangkir air. Aplikasikan langsung 2 sdm perasaan lemon ke kulit kepala sambil dipijat-pijat. Kemudian diamkan kurang lebih 1 menit. Setelah itu campurkan 1 sdt jus lemon dengan air. Kemudian bilaslah rambut Anda dengan air campuran jus lemon tersebut. Ulangi bila perlu sampai ketombe benar-benar menghilang.

  • Lidah Buaya

Seperti pernah dibahas pada artikel sebelumnya mengenai manfaat lidah buaya, tanaman ini bermanfaat untuk menghilangkan ketombe. Cara menggunakannya, ambil gel lidah buaya lalu usapkan ke kulit kepala Anda secara menyeluruh sebelum Anda keramas kira-kira sekitar 15 menit. Kemudian cucilah seperti keramas pada biasanya.

  • Garam

Jika garam biasanya digunakan untuk penyedap rasa di makanan, maka kini garam bisa juga dimanfaatkan sebagai penghilang ketombe. Cara penggunaannya, ambil 3 sdm makan garam atau secukupnya kemudian pijat lembut ke kulit kepala Anda yang setengah basah sambil dipijat-pijat. Lakukan selama kurang lebih 3 menit. Lanjutkan dengan membilas rambut Anda atau keramas seperti biasa.

  • Minyak Kelapa
advertisement
advertisement

Minyak kelapa berguna untuk menghilangkan dan juga menghancurkan ketombe yang membandel. Caranya cukup mudah, yaitu gunakan minyak kelapa sebagai minyak pijat kulit kepala sebelum Anda akan pergi tidur.  Balut kepala Anda dengan handuk panas selama beberapa saat sampai minyak kelapa benar-benar meresap ke kulit kepala Anda. Selanjutnya bilaslah rambut Anda hingga bersih.

  • Minyak Wijen

Minyak wijen juga dikenal dapat menghilangkan ketombe dan mengatasi rambut rontok. Caranya, hangatkan minyak wijen kemudian oleskan ke kulit kepala Anda. Anda dapat juga menambahkan perasaan jeruk nipis ke dalamnya. Diamkan selama kurang lebih 1 jam lalu bilas hingga bersih.

  • Makanan Sehat

cara membuat salad sayur

Memang tidak aneh jika makanan sehat akan menyehatkan rambut dan juga tubuh. Makanan yang baik untuk menghilangkan ketombe dan mengatasi rambut rontok di antaranya adalah sayuran hijau yang memang baik untuk kesehatan rambut dan juga kulit.

Mengkonsumsi minyak ikan akan juga membantu mengurangi ketombe dan bisa juga untuk mencegahnya. Selain itu, makanan yang mengandung protein pun dapat membantu mengurangi jumlah ketombe dan mengatasi rambut rontok.

Cara Menghilangkan Rambut Rontok

Setelah mengulas berbagai macam cara mengatasi ketombe, kini saatnya kita mengulas cara-cara alami untuk mengatasi rambut rontok. Bahan-bahan yang digunakan di sini berasal dari alam sehingga tidak ada efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

  • Bawang Putih

Selain sering digunakan sebagai bumbu masakan, namun bawang putih jug dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rambut rontok. Caranya adalah haluskan bawang putih dengan blender lalu oleskan pada bagian rambut yang rontok sebelum tidur. Keesokan paginya, bilas rambut Anda dengan air, atau dapat juga langsung keramas dengan menggunakan shampo anti ketombe, dan bilas hingga bersih.

  • Jahe

Jahe yang dikenal memiliki banyak khasiat ini juga memiliki khasiat untuk mengatasi rambut rontok. Caranya mirip dengan penggunaan bawang putih. Anda juga dapat mencampurkan jahe dengan bawang putih.

  • Teh Hijau

Selain berkhasiat untuk kesehatan, teh hijau juga bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Caranya adalah seduh teh hijau dengan air hangat lalu balurkan saja ke rambut dan juga kulit kepala Anda. Diamkan selama kurang lebih satu jam kemudian, bilas hingga bersih.

  • Lidah Buaya

manfaat lidah buaya untuk wajah

Cara menggunakan lidah buaya ini hampir mirip dengan cara menghilangkan ketombe. Caranya ambil gel lidah buaya lalu usapkan ke kulit kepala Anda secara menyeluruh. Diamkan kurang lebih 10-15 menit, atau bisa digunakan sebelum Anda pergi tidur. Kemudian esok paginya bilas hingga bersih.

  • Jeruk Nipis

Lagi-lagi si jeruk mungil ini berguna juga untuk mengatasi kerontokan rambut. Caranya iris jeruk nipis lalu oleskan irisan tersebut ke kulit kepala secara merata. Diamkan kurang lebih 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

  • Minyak Kemiri

Minyak kemiri dari zaman dahulu memang sudah terkenal dapat menyuburkan rambut dan mengatasi rambut rontok. Caranya cukup mudah, oleskan saja minyak kemiri ke kulit kepala Anda. Minyak kemiri juga dapat dibuat sendiri dengan mengikuti tutorialnya di sini.

  • Alpukat

Alpukat juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Caranya sediakan buah alpukat, kemudian hancurkan hingga mengental. Usapkan pada rambut Anda dari ujung sampai akar rambut. Diamkan kurang lebih 20 menit kemudian bilas hingga bersih atau keramaslah seperti biasa.

  • Yoghurt

Yoghurt juga ternyata dapat mengurangi rambut rontok. Caranya pun mudah, hanya mengoleskannya pada rambut, kemudian diamkan beberapa saat, dan terakhir bilas hingga bersih.

Itulah beberapa cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok tanpa bantuan produk kecantikan semacam hair tonic dan lainnya. Selalu perhatikan juga beberapa penyebab terjadinya ketombe dan rambut rontok di atas agar Anda dapat mencegahnya untuk timbul kembali. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Menarik Lainnya: