advertisements

Setiap manusia pasti akan mengalami penuaan dan salah satu tandanya adalah munculnya kerutan pada kulit, lebih jelasnya kerutan pada wajah. Satu hal yang mungkin tidak terlalu diperhatikan adalah kerutan di bawah mata Anda, baik pria maupun wanita semuanya pasti akan mengalami fase ini. Pada fase tersebut, cara menghilangkan kerutan dibawah mata secara alami merupakan hal yang wajib diketahui.

Namun munculnya kerutan di bawah mata ini menjadi sedikit masalah jika muncul pada anak muda atau pada seseorang yang belum waktunya mengalami penuaan, disebut juga penuaan dini. Masalah atau tidaknya sebenarnya tidak terlalu mempengaruhi kesehatan Anda, karena keriput atau kerutan di bawah mata memang sudah saatnya muncul saat kita tua nanti.

advertisements

Walaupun tidak juga selamanya orang tua itu penuh keriput atau kerutan, semuanya tergantung dari gaya hidup dan perawatan tubuhnya semasa muda. Akan tetapi untuk Anda yang masih berusia belia atau muda, kerutan di bawah mata pastinya akan mengganggu penampilan Anda.

Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata

Maka dari itu, ada baiknya mencegah kerutan dibawah mata agar tidak segera muncul sebelum waktunya. Nah, di sini saya akan berbagi bagaimana cara menghilangkan kerutan dibawah mata secara alami tersebut. Berikut adalah beberapa tips dan triknya:

  • Virgin Coconut Oil

Cara mengunakan virgin coconut oil sangat sederhana, cukup ambil secukupnya lalu oleskan sekitar mata yang berkerut. Diamkan sampai 30 menit lalu bilaslah. Konon katanya virgin coconut oil sangat ampuh untuk menghilangkan kerutan di bawah mata. Karena bahannya tergolong alami, maka dapat juga digunakan setiap hari.

  • Minyak Jarak (Castor Oil) dan Minyak Wijen

Nah, yang satu ini harus digunakan sebelum tidur yaitu campuran 1 sdm minyak jarak dan 1 sdm minyak wijen. Oleskan ke sekitar mata, diamkan kurang lebih 10 menit saja dan bilas. Cukup dilakukan 1-2 kali seminggu.

  • Putih Telur

cara agar rambut cepat panjang telur

Anda bisa mencoba menggunakan putih telur ayam kampung sebagai masker untuk sekitar mata yang berkerut.  Pertama-tama, kocoklah putih telur selama 15 menit lalu oleskan ke area mata yang berkerut.

Diamkan kurang lebih  10 menit, putih telur akan mengering dan bagian bawah mata Anda akan terasa kencang lalu bilas menggunakan air dingin. Banyak juga yang mengoleskan putih telur ke seluruh bagian wajah sebagai masker untuk mengencangkan kulit wajah.

  • Minyak Biji Anggur/ Grapeseed Oil

Sama seperti cara yang dijelaskan sebelumnya, oleskan saja minyak biji anggur/grapeseed oil ke sekitar mata yang berkerut. Diamkan selama 30 menit lalu bilas. Minyak biji anggur juga dapat digunakan untuk memanjangkan rambut secara alami. Mungkin nama minyak biji anggur sedikit asing di Indonesia, tapi Anda bisa mendapatkannya di supermarket pada bagian kosmetik.

  • Ketimun

Ketimun, selain bisa dimakan baik juga untuk dijadikan masker untuk mata. Anda bisa mengompres mata Anda dengan potongan ketimun segar. Untuk menghilangkan kerutan di bawah mata secara ampuh, Anda dapat mem-blender atau memarut ketimun segar lalu tempelkan hasil parutan pada area mata Anda.

Anda bisa menutup mata Anda lalu biarkan parutan ketimun tersebut menutup seluruh mata dan diamkan selama 15 menit kemudian bilas. Anda dapat melakukannya setiap hari untuk hasil maksimal. Manfaat lain dari ketimun yaitu memutihkan ketiak hitam, memerahkan bibir secara alami, dan menghilangkan bau badan.

Penyebab Kerutan Di Bawah Mata

cara menghilangkan kerutan dibawah mata

Setelah saya bagikan cara menghilangkan kerutan dibawah mata secara alami, saya mau menjelaskan beberapa penyebab yang mungkin tidak Anda sadari Anda lakukan yang membuat kerutan pada mata Anda.

advertisements

Kerutan di bawah mata pada umumnya muncul bukan hanya karena terjadi penuaan tapi banyak aspek yang merangsang munculnya kerutan. Di mulai dari kebiasaan atau aktivitas Anda sehari-hari pun tanpa disadari pastinya memicu kerutan tersebut.

  • Terik Matahari

Sering terkena terik matahari atau beraktivitas di bawah sinar matahari terlalu lama tidak baik untuk kesehatan mata. Terlalu banyak sinar ultraviolet memicu banyak masalah untuk kulit dan juga mata Anda. Maka dari itu matahari menjadi salah satu penyebab adanya kerutan di bawah mata Anda.

Jadi salah satu cara mencegahnya adalah dengan menggunakan kacamata hitam, topi atau payung. Tidak usah malu menggunakan salah satu alat di atas, karena jika tujuannya melindungi mata Anda kenapa harus malu.

  • Merokok

cara memerahkan bibir secara alami rokok

Merokok tidak baik untuk kesehatan tubuh, sangat merusak dan merugikan orang-orang sekitarnya pula. Jadi jika Anda seorang perokok, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk ini karena efek yang muncul tidak hanya dari dalam (paru-paru) tapi juga bagian luar (kulit).

Nah, salah satu penyebab kerutan pada mata Anda adalah karena rokok. Rokok menghilangkan kelembaban alami kulit, mempercepat penuaan kulit, dan yang pasti bukan hanya merugikan kesehatan si perokok saja melainkan orang di sekitarnya juga kena imbasnya sebagai perokok pasif.

  • Tidur

Cara agar cepat tidur

Kebiasaan tidur terlalu malam atau bahkan begadang juga memicu adanya kerutan pada bawah mata Anda. Kenapa? Karena mata juga sama seperti halnya bagian tubuh Anda yang lainnya, mata juga bisa lelah. Anda mungkin dapat duduk jika kaki Anda lelah berjalan jauh, tapi untuk mata tidur adalah cara melepas lelahnya.

Jika Anda paksakan beraktifitas terus maka mata akan cepat berkerut dan juga muncul kehitaman atau banyak dikenal seperti mata panda. Usahakan tidur yang cukup dan tidak terlalu malam. Jika sudah di tempat tidur, jauhkan gadget Anda dan tidurlah dengan tenang.

  • Kurang Minum Air Putih

Satu hal yang mungkin banyak dokter nasehati untuk setiap pasiennya yaitu banyak minum air putih. Jika Anda kurang minum air putih, banyak penyakit yang bisa muncul dan salah satunya adalah muncul kerutan pada wajah dan bagian bawah mata Anda.

Kenapa bisa begitu? Karena tubuh kita selalu membutuhkan air, jika Anda sedikit minum air putih maka tubuh Anda akan dehidrasi dan efeknya pada kulit yaitu kulit menjadi kering. Nah, kulit yang kering itulah awal mula dari kerutan pada mata Anda. Mulai sekarang, jangan pernah lupa minum air putih ya.

Sekian tips cara menghilangkan kerutan dibawah mata secara alami dan beberapa penyebab yang memicunya. Silahkan mencobanya di rumah masing-masing dan lihatlah hasilnya. Untuk yang mau berbagi pengalaman mengenai kerutan d ibawah mata, Anda dapat mengisi kolom dibawah artikel ini.

Artikel Menarik Lainnya: