advertisements

Kapalan adalah kulit yang mengalami penebalan. Kulit yang mengalami kapalan ini biasanya memiliki tekstur yang lebih keras dibandingkan dengan kulit yang ada di sekelilingnya. Penyebab kapalan sendiri biasanya karena kulit tergesek secara terus menerus.

Kapalan bisa ditemukan di tangan maupun di telapak kaki. Kapalan yang terdapat di jari tangan umumnya dialami oleh gitaris karena terlalu sering memetik senar gitar. Kapalan di telapak tangan bisa disebabkan karena kebiasaan membawa benda dengan permukaan yang kasar.

advertisements

Tak hanya di area tangan, kapalan juga dapat ditemukan di jari kaki dan di mata kaki. Nah, kapalan yang berada di tumit kaki umumnya terjadi karena sering menggunakan sepatu yang sempit dan kurang nyaman. Kapalan di kaki juga dapat disebakan karena tidak menggunakan alas kaki saat keluar rumah.

Kapalan merupakan bentuk respon tubuh terhadap gesekan dan tekanan pada kulit. Meskipun kapalan dapat dikatakan sebagai gangguan kulit, tetapi ini tidak berbahaya dan mengancam nyawa. Akan tetapi, kadang-kadang kapalan bisa menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman.

Lantas, bagaimana jika kapalan tidak segera diobati? Karena kapalan tidak berbahaya, maka tidak masalah jika tidak diobati. Bahkan, kapalan dapat sembuh dengan sendiri. Akan tetapi, di beberapa kasus, kapalan yang dibiarkan begitu saja dapat menjadi luka atau borok. Selain itu, kapalan yang tidak kunjung diobati dapat mengganggu penampilan Anda.

Cara Menghilangkan Kapalan

cara menghilangkan kapalan

Kapalan dapat dialami oleh siapa saja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Untungnya, kapalan dapat diobati dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan kapalan secara alami tersebut:

  1. Bawang Putih dan Cuka

Ramuan bawang putih dan cuka ternyata dapat digunakan untuk meredakan kapalan di tangan maupun kaki. Cara penggunaannya adalah tumbuk bawang putih hingga halus dalam sebuah wadah. Kemudian, tuangkan sedikit cuka dan campurkan dengan bawang putih.

Selanjutnya silakan letakkan wadah tersebut di bawah paparan sinar matahari. Pada saat hendak tidur, oleskan ramuan bawang putih dan cuka ini ke area kapalan dan bilas dengan air bersih keesokan harinya setelah bangun tidur.

  1. Air Hangat dan Batu Apung

batu apung

Selain untuk mengatasi kaki kering, batu apung juga dapat digunakan untuk mengobati kapalan. Caranya, rendam kaki atau tangan di dalam baskom berisi air hangat selama 20 menit. Lakukan ini setelah mandi. Setelahnya, gosokkan batu apung ke area kapalan selama beberapa saat. Lakukan cara ini hingga kapalan Anda sembuh.

  1. Cengkeh dan Air Lemon

Kedua bahan alami ini bisa digunakan untuk mengikis kulit yang menebal karena kapalan. Cukup campurkan air lemon dengan cengkeh dalam sebuah wadah. Lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, tiriskan air lemon dan buang cengkehnya. Oleskan air lemon tadi ke bagian tubuh yang kapalan. Anda bisa melakukan cara ini 2-3 kali sehari.

  1. Kulit Lemon

Tak hanya airnya, kulit lemon juga dapat menjadi obat kapalan yang cukup ampuh. Caranya pun sangat sederhana. Anda hanya perlu menempelkan kulit lemon ini ke kapalan. Agar kulit lemon dapat menempel pada kulit Anda, gunakanlah plaster khusus kulit.

  1. Baking Soda
advertisements

Penggunaan baking soda untuk meredakan kapalan hampir sama caranya dengan menggunakan air hangat dan batu apung. Anda hanya perlu menambahkan baking soda ke dalam air hangat. Kemudian, rendam kaki atau tangan Anda di dalam air hangat dan baking soda tersebut. Usai merendam kaki atau tangan, segera gosok kapalan dengan batu apung.

Tips Mengobati Kapalan

Di samping menggunakan berbagai cara alami di atas, Anda juga dapat mencoba beberapa cara menghilangkan kapalan berikut ini agar proses proses penyembuhannya menjadi lebih cepat. Berikut beberapa tips dan triknya:

  • Lulur atau Scrubbing

Perawatan tubuh seperti lulur atau scrubbing sangat bermanfaat untuk menghilangkan sel kulit mati yang ada pada tubuh. Kapalan adalah jenis sel kulit mati. Dengan melakukan perawatan ini, maka sel kulit mati pada kapalan akan terkikis dan kulit Anda jadi kembali halus seperti sedia kala.

  • Lotion atau Pelembab

lotion kulit

Menggunakan lotion atau pelembab pada bagian kapalan dapat mempercepat proses penghalusan kulit. Pasalnya, kulit yang kapalan umumnya sangat kering dan kasar. Lotion atau pelembab ini bantu menghaluskan dan melembabkan kulit yang kapalan.

  • Vitamin A dan Vitamin E

Salah satu dari vitamin A atau vitamin E ternyata dapat mengikis kulit kapalan dengan cepat. Anda hanya perlu membeli salah satu vitamin ini di apotek. Kemudian, aplikasikan vitamin tersebut pada kulit yang kapalan. Setelah itu, bungkus tangan atau kaki yang sudah diolesi dengan vitamin menggunakan sarung tangan atau kaos kaki.

  • Asam Salisilat

Cairan asam salisilat dapat menghilangkan kapal secara efektif, lho. Oleskan cairan ini ke kapalan, lalu bungkus dengan kain kasa. Ganti kain kasa yang membungkus kapalan Anda dua kali sehari.

Kulit yang menebal karena kapalan akan menjadi mati rasa. Bahkan, sebagian orang cenderung memotong kulit kapalannya dengan gunting kuku atau pisau. Akan tetapi, sebaiknya Anda tidak memotong kapalan tersebut. Pasalnya, alat yang Anda gunakan untuk memotong belum tentu steril. Alat yang tidak steril dapat membuat kapalan Anda jadi iritasi.

Kapalan sangat wajar dialami oleh banyak orang. Namun, jika Anda adalah seorang penderita diabetes atau pemilik aliran darah yang buruk, maka Anda jangan menyepelekan kapalan. Pasien diabetes yang terkena kapalan harus segera berkonsultasi ke dokter. Pasien diabetes juga tidak dianjurkan untuk menggunakan cara-cara di atas ini.

Apabila area kulit yang kapalan menjadi kemerahan dan membengkak, segeralah periksakan diri Anda ke dokter. Di samping itu, bila Anda sudah melakukan semua cara menghilangkan kapalan di atas, tetapi tidak kunjung berhasil, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter kulit.

Artikel Menarik Lainnya: