advertisements

Akhir-akhir ini Anda selalu begadang? Kurang beristirahat? Atau mata Anda tidak pernah lepas dari komputer, laptop dan juga gadget kesayangan Anda? Berhati-hatilah karena hal tersebut bisa menyebabkan adanya kantung mata atau sering juga disebut dengan mata panda. Jika sudah timbul, maka Anda harus segera mengetahui cara menghilangkan mata panda secara alami.

Istilah kantung mata atau mata panda ini sudah tidak asing lagi bagi wanita. Adanya kantung mata akan membuat penampilan terlihat kusam, tua, dan yang pasti bagi kebanyakan kaum wanita tidak akan merasa percaya diri, karena menyebabkan penampilan menjadi kurang menarik.

advertisements

Maka dari itu kali ini bacaterus.com akan membahas cara menghilangkan kantung mata secara alami. Namun sebelum membahasnya, ada baiknya mengetahui lebih dalam mengenai mata panda dan juga hal-hal yang menyebabkan timbulnya mata panda.

Penyebab Mata Panda

Kantung mata atau mata panda merupakan lingkaran hitam disekitar bawah mata. Kantung mata terjadi karena adanya penyumbatan pada sirkulasi darah di sekitar mata sehingga menyebabkan mata bengkak atau timbul lingkaran hitam di area mata. Lalu, apa sajakah penyebab kantung mata ini bisa terjadi? Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkannya:

  1. Kurang tidur atau tidak bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak.
  2. Karena menangis yang terlalu lama.
  3. Terlalu banyak tidur pun bisa menyebabkan timbulnya kantung mata.
  4. Faktor genetik atau faktor keturunan.
  5. Pertambahan usia. Hal ini menyebabkan lingkar mata hitam akan semakin jelas terlihat dan karena semakin bertambahnya usia, kulit menjadi mengendur.
  6. Alergi
  7. Flu atau gangguan hidung lainnya.
  8. Ketidaknormalan pada pigmentasi kulit.
  9. Terkena paparan sinar matahari.
  10. Sering merokok atau minum alkohol dan pola hidup yang tidak sehat lainnya.
  11. Kekurangan zat besi.
  12. Kelelahan.

Cara Menghilangkan Kantung Mata

cara menghilangkan kantung mata secara alami

Setelah mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan timbulnya kantung mata, ada baiknya Anda berusaha untuk mengurangi kebiasaan buruk tersebut. Namun apabila kantung mata terlanjur sudah timbul ada beberapa cara untuk menghilangkan kantung mata secara alami. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda coba untuk menghilangkannya.

  • Es Batu atau Air Dingin

Es batu ini sering kali digunakan untuk mengompres luka lebam. Selain itu dengan mengompreskan es batu pada area mata juga dapat menghilangkan kantung mata serta membuat mata Anda kembali segar. Caranya mudah, balut es batu dengan kain kemudian kompreskan di sekitar mata. Atau bisa juga dengan mencelupkan kain di air dingin kemudian kompreskan kain yang basah tersebut ke sekitar mata.

  • Mentimun

Mentimun mengandung air yang sering kali digunakan untuk mengompres mata. Mentimun ini berfungsi untuk melancarkan aliran darah, menghambat penuaan, menghilangkan keriput di sekitar mata, dan juga mengencangkan kulit disekitar mata.

Caranya mudah saja, masukkan mentimun ke dalam lemari pendingin kemudian iris tipis dan tempelkan di mata dalam keadaan terpejam. Atau bisa juga masukkan irisan mentimun ke dalam air es, kemudian tempelkan di mata dalam keadaan terpejam. Diamkan kurang lebih sekitar 10 menit.

  • Teh Celup

Kalau Anda penggemar Teh, jangan buang bekas kantong celup teh tersebut. Pasalnya, khasiat teh tersebut dapat menghilangkan lingkaran hitam di area mata. Teh hitam dan teh Hijau memiliki zat tanin yang dapat menyempitkan pembuluh darah juga mengencangkan kulit.

Zat aktif tersebut berguna pula untuk melancarkan peredaran darah di sekitar mata. Sifat basa dari teh kantung celup juga dapat digunakan untuk mengkompres mata. Caranya adalah teh kantung celup bekas direndam ke dalam air dingin, kemudian kompreskan di area mata setiap pagi dan malam menjelang tidur. Diamkan selam kurang lebih 10 – 15 menit.

  • Kentang

Kentang selain digunakan untuk bahan makanan, bermanfaat juga untuk menghilangkan kantung mata. Kentang ini bermanfaat untuk peremajaan kulit, meningkatkan Ph yang terlalu asam, mengandung antioksidan, dan mengembalikan elastisitas kulit sehingga dapat membuat kulit di sekitar mata menjadi segar kembali.

Caranya juga mudah, cukup parut kentang kemudian masukkan parutan ke dalam kain tipis, kompreskan di sekitar mata Anda kurang lebih selama 30 menit. Kemudian cuci bekas kompresan di wajah Anda hingga bersih menggunakan air.

  • Putih Telur
advertisements

Putih telur telah sering digunakan untuk perawatan kulit wajah dengan membuatnya menjadi masker. Namun untuk menghilangkan mata panda, Anda cukup langsung mengoleskan putih telur secara merata ke area mata panda. Kemudian diamkan kurang lebih 10 menit, cuci dengan air dingin hingga bersih.

  • Wortel

Wortel memang dikenal baik untuk kesehatan mata. Selain itu wortel juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kantung mata atau mata panda. Caranya cuci bersih wortel segar, kemudian diblender. Hasil blenderan tersebut dikompreskkan ke mata, diamkan selama 10 – 20 menit, kemudian cuci hingga bersih. Lakukan selama 2- 3 kali agar kantung mata benar-benar menghilang.

  • Bengkoang

Bengkoang yang kaya akan vitamin B1 dan C ini telah dipercaya pula dapat memutihkan kulit wajah maupun tubuh Anda. Kandungan air dari bengkoang pun mampu menyegarkan mata. Selain dapat menyegarkan mata, bengkoang juga dapat menghilangkan lingkaran hitam di area mata.

Cara menggunakan bengkoang untuk menghilangkan kantung mata adalah dengan memarut bengkoang, kemudian tempelkan parutan bengkoang tersebut di sekitar mata. Atau bisa juga dibuat menjadi masker. Diamkan selama kurang lebih 10 – 15 menit, lakukan secara rutin agar kantung mata hilang.

  • Jeruk Nipis atau Lemon

cara mengatasi anyang anyangan jeruk nipis

Khasiat dari Jeruk nipis dan juga lemon memang sudah tidak diragukan lagi karena kandungannya yang dapat memutihkan kulit. Selain dapat memutihkan kulit, jeruk nipis dan juga lemon ternyata dapat menghilangkan kantung mata.

Caranya cukup mudah. Iris tipis jeruk nipis atau lemon, kemudian tempelkan di mata dengan mata terpejam. Selanjutnya Anda tinggal tiduran untuk beberapa menit hingga mata Anda terasa segar kembali.

  • Tomat

Sama halnya dengan lemon, tomat pun dapat memutihkan kulit hitam di sekitar mata. Cara menggunakannya pun sama dengan lemon ataupun mentimun, yakni dengan mengiris tipis tomat, kemudian kompreskan saja pada sekitar mata dan diamkan beberapa saat.

  • Lidah Buaya

manfaat lidah buaya untuk wajah

Lidah buaya memang banyak sekali khasiatnya. Salah satunya adalah untuk menghilangkan kantung mata. Dengan menggunakan lidah buaya, kantung mata atau mata panda perlahan akan menghilang. Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya ke sekitar mata bawah mata Anda. Diamkan beberapa saat hingga terasa mengeras atau kurang lebih 10 menit. Kemudian cuci hingga bersih.

  • Susu

Jika kantung mata atau mata panda terlihat begitu parah, cobalah menggunakan susu untuk mengompres mata Anda. Caranya adalah siapkan segelas susu atau secukupnya, celupkan kapas kemudian kompreskan ke mata Anda. Diamkan selama beberapa saat.

  • Gunakan bantal yang agak tinggi

Gunakanlah bantal yang agak tinggi ketika Anda akan pergi tidur. Fungsinya adalah untuk memperlancar peredaran darah di sekitar mata dan mencegah penumpukan aliran darah di sekitar mata.

  • Sendok

Mungkin akan terasa aneh, menggunakan sendok untuk menghilangkan mata panda. Tapi cara ini cukup efektif untuk menghilangkan mata panda, dan caranya pun mudah sekali.

Masukkan sendok ke dalam lemari pendingin (kulkas) selama 5 – 10 menit. Kemudian tinggal ditempelkan ke area mata lalu diamkan beberapa saat. Atau bisa juga dengan mencelupkan ke air dingin / panas, kemudian tinggal kompreskan saja. Sebenarnya cara ini mirip dengan mengompreskan es batu ke area mata.

Cara Mencegah Kantung Mata

Setelah mengetahui cara untuk menghilangkan kantung mata atau mata panda, maka sebaiknya Anda dapat melakukan hal-hal berikut untuk mencegah datangnya kantung mata atau mata panda. Berikut cara mencegah agar mata panda tidak kembali lagi:

  • Tidur yang cukup

cara mengecilkan perut buncit tidur

Terlalu sering begadang atau terlalu banyak tidur merupakan faktor penyebab timbulnya kantung mata. Jadi usahakanlah tubuh Anda untuk tidur yang cukup kurang lebih 6 – 8 jam perharinya.

  • Hindari stress

Stress yang berlebihan dapat menyebabkan timbulnya kantung mata. Maka dari itu, sebisa mungkin hindarilah stress. Jika menghadapai masalah yang besar jangan sampai membuat Anda menjadi stress.

  • Perbanyak minum air putih

Air putih memang dipercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Itulah sebabnya, perbanyaklah minum air putih setidaknya 8 gelas perhari.

  • Pola hidup dan pola makan yang baik

Pola hidup dan pola makan memang akan sangat berpengaruh pada kesehatan maupun kecantikan. Maka dari itu atur pola hidup dan pola makan Anda.

  • Rawatlah kesehatan kulit

Sedini mungkin rawatlah kesehatan kulit Anda untuk mencegah datangnya kantung mata. Walaupun Anda tidak memiliki kantung mata, tapi setidaknya mencegah itu lebih baik.

Mudah bukan cara menghilangkan kantung mata secara alami di atas? Berbagai cara tersebut bisa Anda lakukan sendiri di rumah karena bahan-bahan maupun langkah-langkahnya sangat mudah. Semoga info kali ini dapat membantu sehingga mata Anda pun dapat terlihat segar dan cantik. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: