advertisements
advertisement

Hampir seluruh orang pernah mengalami masalah dengan jerawat. Seperti yang dilansir oleh Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia, berpendapat, “Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.”.

Walaupun terdengar seperti masalah sepele dan kadang dianggap kurang penting, masalah kulit yang satu ini sering membuat orang tidak percaya diri. Jerawat atau acne vulgaris merupakan keadaan kulit berupa benjolan yang timbul akibat terjadinya penyumbatan pori atau peradangan yang terkadang disertai dengan nanah atau darah.

advertisement
advertisement

Faktor yang dapat memicu timbulnya jerawat di antaranya adalah perubahan hormonal—masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres—yang merangsang kelenjar minyak berlebih di kulit.

Hal lain yang dapat menimbulkan jerawat antara lain adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri P. Acne—bakteri biasanya ada di kulit, kulit berminyak, ketidakseimbangan hormon, sel-sel kulit mati, pemakaian kosmetik yang berlebihan atau tidak cocok dengan kulit, tidak membersihkan kulit dari kosmetik hingga bersih, layar handphone yang kotor, dan pola makan yang tidak sehat.

Jenis-jenis Jerawat

Sebelum mengulas berbagai macam cara menghilangkan jerawat, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu jenis-jenis jerawat yang sering muncul di wajah kita. Menurut Wikipedia, terdapat tiga jenis jerawat yang bisa timbul di wajah, yakni komedo, jerawat biasa, dan jerawat batu.

  • Komedo

komedo

Komedo merupakan pori-pori kulit yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka atau blackhead terlihat seperti pori-pori yang membesar dan berwarna hitam. Sedangkan komedo yang tertutup whitehead merupakan kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil.

Jerawat jenis komedo baik yang terbuka maupun yang tertutup disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

  • Jerawat batu (Cystic acne)

jerawat batu

Cystic acne adalah jerawat yang berukuran besar-besar, dengan peradangan hebat, dan biasanya berkumpul di daerah peradangan. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini, karena dapat merupakan penyakit turunan.

Secara genetik penderitanya memiliki: kelenjar minyak yang terlalu banyak sehingga membanjiri pori-pori dan menimbulkan penyumbatan, pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal, dan memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.

  • Jerawat biasa

cara menghilangkan jerawat

Jerawat biasa lebih mudah dikenali karena merupakan tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Jenis jerawat ini terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne atau P. Acne. Bakteri ini biasanya hidup di saluran kelenjar sebaceous—daerah beradanya asam lemak pada kantung kelenjar yang tersembunyi di dalam pori-pori kulit—yang tersumbat.

advertisement
advertisement

P. Acne diberi nama propionibacterium karena mampu memproduksi asam propionik atau propionic acid. Bakteri ini merupakan jenis anaerobik sehingga dapat hidup tanpa asupan oksigen sama sekali dan mempunyai ciri-ciri aerotolerant yang menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya.

Bakteri yang menginfeksi ini dapat ditimbulkan karena kulit yang terkena waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon yang tidak bersih. Selain itu, jerawat biasa juga dapat timbul karena stres, hormon dan udara yang lembap.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, sekarang mari kita mulai mengulas cara menghilangkan jerawat tersebut. Berikut ini adalah kumpulan beberapa cara alami yang dipercaya berkhasiat untuk mengatasi jerawat. Karena menggunakan bahan-bahan alami, sehingga bebas resiko untuk kulit Anda.

  • Kayu manis dan Madu

Kombinasi dua bahan ini merupakan obat yang mujarab, fungsi utamanya memang bukan untuk menyembuhkan jerawat, tapi lebih kepada untuk membunuh bakteri dan sebagai antibiotik agar jerawat tidak semakin parah akibat infeksi dari bakteri.

Cara pemakaian: Bersihkan kulit menggunakan air bersih lalu keringkan dengan handuk bersih. Campurkan 1 sendok makan kayu manis dengan 2 sendok madu hingga berbentuk seperti pasta. Jadikan sebagai masker dan pakai sekitar 10-15 menit, setelah itu cuci kulit Anda dengan air bersih lalu keringkan.

  • Madu dan Susu/Yogurt

madu

Cara menghilangkan jerawat yang selanjutnya adalah dengan ramuan madu serta susu. Susu dan yogurt memiliki manfaat yang bagus untuk kulit bahkan rahasia kecantikan ratu Cleopatra adalah sering mandi menggunakan susu.

Cara pemakaian: Campur 1 sendok makan susu/yogurt dengan 1 sendok makan madu kemudian oleskan pada kulit seperti menggunakan masker. Oleskan berkali-kali hingga merata, kemudian diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu cuci bersih menggunakan air bersih lalu keringkan.

  • Pasta Kulit Jeruk

Vitamin C pada kulit jeruk memiliki khasiat yang bagus untuk menghilangkan jerawat. Selain itu, kulit jeruk juga memiliki fungsi untuk meremajakan kembali sel-sel kulit yang telah mati.

Cara pemakaian: Blender kulit jeruk yang dicampur dengan sedikit air hingga lembut. Kemudian bersihkan wajah dengan air dan keringkan. Oleskan pasta kulit jeruk pada wajah dan diamkan selama 20-25 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih dan keringkan.

  • Putih Telur

putih kuning telur

Putih telur memiliki kandungan protein dan vitamin yang baik untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya yang berupa noda atau flek hitam.

Cara pemakaian: Pisahkan putih telur dengan kuningnya lalu kocok hingga berbusa. Oleskan pada kulit secara merata lalu diamkan selama 20-25 menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat menggunakan handuk lembut, lalu keringkan.

  • Cuka Apel

cuka apel

Cuka apel memiliki khasiat yang baik untuk kulit karena dapat menyeimbangkan PH kulit serta mencegah pertumbuhan bakteri, sehingga cuka apel dapat jadi salah satu obat ampuh dalam mengatasi jerawat.

Cara pemakaian: Bersihkan kulit Anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan. Kemudian oleskan cuka apel pada kulit menggunakan kapas dan biarkan selama 10-15 menit. Selanjutnya bersihkan menggunakan air bersih dan gunakan pelembab jika kulit terasa kering.

  • Lidah Buaya

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Rambut Kering

Lidah buaya yang biasanya digunakan sebagai bahan perawatan rambut ternyata juga bagus untuk mengobati jerawat. Lidah buaya mempunyai sifat anti bakteri dan dapat menenangkan serta memiliki sifat anti inflamasi.

Cara Pemakaian: Bersihkan kulit menggunakan air bersih lalu keringkan. Kupas kulit lidah buaya dan ambil dagingnya. Bersihkan daging lidah buaya dari getahnya karena dapat mengakibatkan gatal pada kulit. Oleskan pada kulit yang berjerawat dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air bersih atau boleh juga air hangat.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengurangi dan menyembuhkan jerawat juga menyamarkan bekasnya. Silakan coba cara menghilangkan jerawat tersebut di rumah dan semoga bermanfaat bagi Anda.

Artikel Menarik Lainnya: