advertisements

Memiliki bau mulut tidak sedap merupakan salah satu kondisi yang membuat Anda kehilangan rasa percaya diri. Maka dari itu, cara menghilangkan bau mulut secara alami merupakan hal yang wajib diketahui agar kepercayaan diri Anda tidak hilang hanya karena bau mulut.

Dalam hal pekerjaan tentunya bau mulut sangat mengurangi performa Anda. Jika Anda bertemu klien atau mungkin baru mau melamar perkerjaan maka bau mulut akan mengganggu sekali. Ada istilah ‘first impression’ yang mungkin tidak akan bisa Anda ubah seumur hidup jika Anda pertama kali bertemu orang dengan mulut bau. Maka Anda akan dikenal si bau mulut, mengerikan bukan?

advertisements

Nah, ada beberapa orang yang sadar dengan bau mulutnya akan tetapi ada juga yang tidak sadar kalau mulutnya itu bau tidak sedap. Nah, gawat kan kalau begitu? Untuk Anda yang mungkin punya teman yang bau mulut, ada baiknya Anda memberitahu dia untuk mengobati bau tersebut tapi dengan catatan bicara secara baik-baik.

Atau mungkin Anda sendirilah yang memiliki bau mulut tak sedap? Nah, sekarang untuk menghindari hal-hal yang tidak mengenakan seprti di atas, saya mau berbagi tentang bagaimana mengatasi bau mulut dan apa saja penyebabnya.

Sikat gigi secara teratur

Sepertinya semua orang sudah tahu kalau rajin menyikat gigi bisa menghindari Anda dari bau mulut. Rajinlah menyikat gigi sebelum tidur malam karena kalau Anda lupa, sisa-sisa makanan yang Anda makan sebelumnya akan membusuk bersatu dengan bakteri di mulut Anda.

Hasilnya Anda akan bangun tidur dengan mulut yang bau. dan bila Anda rutin seperti itu bau mulut akan menempel dan juga merusak gigi Anda. Gigi yang berlubang juga salah satu penyebabnya. Maka dari itu rajinlah konsultasi dengan dokter agar kesehatan gigi Anda selalu terjaga.

Hindari rokok

cara memerahkan bibir secara alami rokok

Bila Anda perokok dan tidak mau mulut Anda bau, berhentilah merokok karena selain merugikan kesehatan dan mulut Anda tapi kesehatan orang lain juga pasti ikut terancam. Nikotin yang menempel pada mulut, membuat gigi menguning serta nafas Anda bau.

Apabila Anda sulit untuk menghentikan kebiasaan merokok, setidaknya kurangilah sedikit demi sedikit lalu rajin-rajinlah membersihkan gigi baik dengan sikat gigi atau dengan mengunyah permen karet. Selain itu, usahakan untuk tidak merokok jika Anda berencana untuk bertemu banyak orang.

Usahakan untuk tidak melewati sarapan

Apakah Anda tahu pentingnya sarapan untuk tubuh Anda? Sarapan sangat bermanfaat sekali karena akan membuat Anda lebih bertenaga ketika mengawali hari dan juga pastinya menghindari Anda dari bau mulut.

Dalam mulut kita terdapat bakteri yang membuat bau mulut tidak sedap dan mereka bisa mati oleh air liur. jika Anda melewatkan sarapan maka produksi air liur berkurang dan menyebabkan bakteri penyebab bau mulut berkeliaran di mulut Anda. Sarapan di pagi hari juga merupakan salah satu bagian dari pola makan yang baik dan benar.

Hindari makan makanan berbau tajam

cara menghilangkan bau mulut secara alami

Makanan yang berbau tajam juga dapat menyebabkan mulut menjadi bau seperti contohnya mengonsumsi bawang putih secara berlebihan. Walaupun bawang putih memang sehat untuk kesehatan namun jika berlebihan juga mulut Anda akan bau tidak sedap.

advertisements

Selain bawang, ada petai dan jengkol. Kedua makanan ini memang menggiurkan tapi siapa yang tidak tahu kalau dua makanan ini memiliki bau yang tajam sehingga dapat bertahan lama di mulut Anda. Selain di mulut, bau dari jengkol dan petai ini juga biasanya mempengaruhi urine Anda.

Namun bila Anda memang tidak bisa menahan diri dari petai atau jengkol, kunyahlah segenggam beras. Konon katanya orang jaman dulu biasa mengunyah beras sebagai cara menghilangkan bau mulut secara alami akibat petai dan jengkol.

Berkumurlah dengan air garam

Seperti yang sering disebutkan iklan-iklan obat kumur bahwa sikat gigi saja tidak cukup. Yap, dengan hanya rajin menyikat gigi saja tidak akan cukup menghindari Anda dari bau mulut karena saat Anda berkumur dengan air biasa bakteri masih tetap diam dalam mulut Anda.

Maka pilihan yang baik adalah berkumur dengan air garam, selain ekonomis air garam juga tidak memberikan efek samping seperti halnya yang diberikan obat kumur yang dijual di toko-toko. Terlalu banyak berkumur dengan obat kumur tidak juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut Anda

Minum susu

cara memerahkan bibir secara alami minum susu

Meminum susu setiap hari baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung banyak kalsium. Minum susu juga merupakan salah satu kebiasaan baik yang bisa menghindari Anda dari bau mulut. Selain itu, kalsium yang terdapat pada susu juga dapat memperkuat tulang dan gigi.

Minum teh

Nah, selain minum susu ada juga teh yang dapat membantu Anda menghilangkan bau mulut. Teh mengandung polifenol yang sejenis dengan antioksidan yang membunuh bakteri penyebab bau pada mulut. Akan tetapi, meminum teh yang berlebihan juga tidak terlalu baik karena membuat tulang dan gigi Anda menjadi rapuh. Minum secukupnya saja ya.

Kopi Hitam

Meminum kopi sebenarnya dapat memicu timbulnya bau mulut. Namun kali ini kita tidak akan meminumnya karena hanya akan memanfaatkan bubuknya saja. Ya, sejak jaman dahulu orang-orang percaya jika bubuk kopi hitam dapat menghilangkan bau pada bulut.

Caranya, ambil satu kopi hitam yang baru ditumbuk ataupun kopi hitam yang dibeli dari warung. Setelah itu kunyahlah kopi hitam tersebut. Rasanya memang pahit namun sangat ampuh untuk mengusir bau mulut. Setelah selasi, berkumurlah untuk membersihkannya.

Perbanyak makan buah dan sayuran

pola makan sehat buah

Seperti tips pola hidup sehat lainnya, sayur dan buah sangatlah bersahabat dengan tubuh kita. Untuk kasus bau mulut, pilihlah buah yang mengandung banyak vitamin C. Kenapa? Karena vitamin C dapat mencegah mencegah sariawan. Pasalnya apabila mulut Anda dipenuhi sariawan maka bakteri akan hidup dengan senang dalam mulut Anda.

Permen Karet

Seperti disinggung di atas, salah satu penyebab bau mulut adalah kurangnya produksi air liur di mulut kita. Nah, untuk merangsang agar mulut kita terus memproduksi air liur, kunyahlah permen karet. Dengan begitu, produksi air liur akan melimpah sehingga dapat membunuh berbagai bakteri penyebab bau mulut.

Agar lebih terasa segar, Anda dapat mengunyah permen karet yang memiliki rasa mint. Namun ingat jangan terus-terusan mengunyah permen karet karena dikhawatirkan akan menimbulkan sakit gigi.

Sekian rangkuman tips bagaimana mengatasi bau mulut tak sedap versi bacaterus.com, sederhana sekali sebenarnya kan? Cukup dengan hidup sehat maka Anda dapat terhindar dari bau mulut. Hidup sehat itu murah dan mudah, tinggal bagaimana kita mengatur pola makan saja.

Untuk Anda yang merasa tidak memiliki bau mulut, ada baiknya juga untuk menghindari hal-hal yang bisa membuat mulut Anda bau. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan? Selamat mencoba cara menghilangkan bau mulut secara alami di atas.

Artikel Menarik Lainnya: