advertisements
advertisement

Uang menjadi faktor penting penunjang kehidupan seseorang. Tanpa uang, kita tak bisa makan, tak bisa membeli baju, tak bisa punya rumah dan lain sebagainya. Saking pentingnya, banyak juga orang-orang yang melakukan cara kotor hanya untuk mendapatkan uang. Padahal, rezeki kan sudah ada yang ngatur jadi sebetulnya kita hanya perlu berusaha mencari uang yang halal dan selalu bersyukur atas apapun yang kita punya.

Banyak cara mengatur keuangan yang dilakukan oleh orang-orang. Ada yang menabung celengan di rumah ada juga yang menabung langsung di bank. Tapi ada juga yang jadinya menghabiskan uang begitu saja setelah hari gajian. Sangat disayangkan memang jika kita tidak menghabiskan uang dengan bijak.

advertisement
advertisement

Banyak orang merasa kesulitan untuk mengumpulkan uang. Contohnya yang dialami rekan saya. Dari pertama kali bekerja, Ia tidak pernah membeli baju baru, gadget baru, atau barang-barang yang Ia inginkan. Uangnya habis entah kemana. Kebanyakan uang habis dipakai nongkrong sana-sini. Apa Anda pernah mengalami hal serupa?

Seharusnya karena sudah bekerja dan menghasilkan uang sendiri, kita bisa menikmati hasil jerih payah dalam wujud yang terlihat seperti baju baru, buku baru, tas baru atau barang apapun yang kita suka. Tapi kenapa ya begitu sulit mengumpulkan uang? Coba tengok beberapa faktor di bawah ini. Mungkin salah satunya menjadi kendala Anda dalam mengatur pengeluaran.

  1. Tidak pernah mencatat pengeluaran

cara menghemat uang jajan bulanan

Hal yang sangat penting ketika Anda sudah bekerja adalah mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaran yang Anda punya. Sama seperti perusahaan yang selalu dicatat segala pemasukan dan pengeluarannya, hal ini juga penting bagi kehidupan Anda.

Ketika Anda mencatat pemasukan dan pengeluaran, Anda bisa melihat ke catatan tersebut apa yang sudah Anda beli atau kemana uang Anda itu dihabiskan. Karena itu sangat penting memiliki catatan keuangan pribadi. Selalu catat uang yang Anda dapatkan dan tulis pengeluaran Anda secara detil.

  1. Struk pembelian langsung dibuang

cara mengatur uang gaji

Ketika Anda membeli suatu barang atau sehabis makan di suatu tempat, Anda langsung membuang bon tersebut atau tidak disimpan dengan baik sehingga tercecer dimana-mana. Padahal struk tersebut sangat penting untuk menjadi acuan catatan keuangan Anda.

Memang terkesan berlebihan, tapi struk yang Anda kumpulkan akan membantu Anda untuk mengingat pengeluaran yang Anda lakukan. Struk tersebut juga dapat menjadi acuan kapan terakhir Anda membelanjakan uang Anda atau ketika makan di luar.

  1. Selalu makan di luar (resto/café)

cara mengatur keuangan

Memang ada kalanya kita bosan dengan makanan rumahan. Apalagi untuk Anda yang tinggal sendiri atau ngekost. Anda tak punya kompor untuk memasak dan akhirnya memaksa Anda untuk makan di luar. Hal ini tentu tidak menjadi masalah jika hanya dilakukan sesekali saja.

Namun kebiasaan ini akan berbahaya jika dilakukan terus menerus. Terlebih ketika ada teman yang mengajak makan siang atau malam di café/resto Anda selalu mengiyakan. Hal ini yang sebenarnya dapat membahayakan keuangan Anda karena tanpa disadari, makan di resto/café telah menguras kantong Anda.

advertisement
advertisement

Bagaimanapun makan di resto/café akan menghabiskan lebih banyak budget daripada biasanya karena resto/café memasukan pajak dalam bill mereka. Karena itu, sebaiknya Anda bisa menahan diri untuk tidak terlalu sering makan di luar. Toh makanan apapun yang Anda makan pada akhirnya hanya akan membuat Anda kenyang.

  1. Kurang beramal

Sudahkah Anda menyisihkan sebagian kecil gaji Anda untuk bersedekah? Kalau belum, mungkin Anda harus membiasakan diri menyisihkan sebagian kecil untuk memberi kepada yang tidak mampu. Percaya atau tidak, meskipun Anda bersedekah, Anda tidak akan pernah merasa kekurangan. Justru Anda akan semakin merasa kaya dengan beramal.

Jika ada salah satu faktor di atas yang Anda alami, maka ini saatnya Anda mengubah kebiasaan buruk dengan kebiasaan baik. Untuk membantu Anda menyisihkan uang, berikut kami sajikan beberapa tips menyimpan uang agar Anda bisa lebih berhemat dan dapat memenuhi kebutuhan Anda.

  1. Menabung di celengan toples

Ketika kecil dulu, mungkin kita sering menyisihkan uang dengan menabung di celengan berbentuk babi, ayam, dsb. Memang berbagai bentuk celengan itu dapat menarik minat kita untuk menabung. Tapi itu kan dulu waktu masih kecil. Sekarang sudah besar, lebih tertarik melihat bentuk visual uangnya kan hehehe.

Ada cara agar kita lebih sering menabung di celengan. Anda bisa menggunakan toples kaca tembus pandang. Lalu tabunglah uang 20ribuan saja. Jadi celengan ini memang hanya akan berisi uang 20ribuan saja. Kenapa? Karena warna uang 20ribu itu berwarna hijau yang secara tidak kita sadari mengundang minat kita untuk terus menabung.

cara menabung yang efektif

Jadi, setiap kali Anda mendapat uang 20ribu, masukan langsung ke dalam celengan toples ini. Karena nominalnya cukup besar, maka tabungan ini dapat menghasilkan uang lebih banyak daripada ketika Anda menyisihkan 1000 rupiah. 5 lembar 20ribuan yang Anda tabung saja sudah dapat menghasilkan 100ribu rupiah. Uang 100ribu tersebut bisa Anda gunakan untuk membeli satu potong baju kan?

  1. Membuka rekening tanpa atm

Salah satu cara menabung yang efektif adalah membuka tabungan di bank. Ya, memang bank mempermudah kita dalam menabung dan melakukan transaksi belanja. Jika Anda sudah memiliki tabungan di salah satu bank, tidak ada salahnya untuk membuka rekening baru di bank lain tanpa ATM.

cara hidup hemat

Kenapa harus tanpa ATM? Karena ketika kita memiliki kartu ATM kita akan cenderung mudah mengakses uang di dalam tabungan kita. Meskipun tidak ada uang cash di dalam dompet, kita masih bisa menggunakan ATM untuk mengambil uang. Karena itu, sangat penting untuk menghindarkan tabungan kita dari kemungkinan tersebut.

Nah, jika kita menabung tanpa ATM, kita akan lebih sulit mengakses uang di dalam tabungan. Kita benar-benar harus pergi ke bank dahulu untuk melakukan penarikan. Meskipun dengan mudah kita bisa pergi ke bank dan mengambil uang, tapi tetap saja begitu Anda menuju bank, niat belanja akan hilang. Dengan begitu uang Anda akan selamat dan tetap berada dalam tabungan.

  1. Menabung sesuai tanggal

Cara mengatur keuangan berikutnya memang butuh sedikit keuletan dan kerajinan. Tetapi Anda hanya perlu menyisihkan uang sesuai tanggal misalnya tanggal 1, Anda tabung 1000, tanggal 2, sisihkan 2000. Tanggal 3, 3000 dan seterusnya hingga tanggal 30, Anda harus menyisihkan 30.000.

Agar tidak lupa, Anda bisa menandai kalender yang di tempel di toples atau botol tempat menyimpan uang. Cara mengatur keuangan seperti ini juga sangat efektif agar tidak terasa berat ketika menyisihkan uang.

Nah sudah tidak kesulitan lagi untuk menabung kan? dengan berbagai cara menghemat uang di atas, Anda masih dapat membeli baju atau gadget favorit dengan uang ekstra yang Anda kumpulkan sendiri. Percayalah, ketika Anda berhasil mengumpulkan uang dan membeli barang dengan cara di atas, Anda pasti ketagihan untuk melakukannya lagi.

Artikel Menarik Lainnya: