advertisements

Kegiatan memanggang kue atau berbagai jenis masakan menjadi lebih mudah jika kita menggunakan oven. Namun, saat ini jenis oven yang sangat populer adalah oven listrik. Pasalnya, selain lebih cepat, oven listrik juga dinilai lebih aman dibanding oven gas. Nah, bagaimana cara menggunakan oven listrik? Apakah jenis oven ini benar-benar lebih efisien dibandingkan oven gas? Yuk, cari tahu jawabannya di sini!

Oven listrik adalah oven yang menggunakan sumber daya energi listrik. Alat memasak yang satu ini sangat cocok untuk kue kering, cake, ayam, dan jenis makanan lainnya. Oven listrik dinilai praktis karena kita tidak perlu menjaga kestabilan panasnya. Kali ini, Bacaterus akan mengajak Anda mengetahui cara menggunakan oven listrik untuk memanggang berbagai jenis makanan yang berbeda.

Cara Menggunakan Oven Listrik

advertisements

Ternyata beda jenis masakan, beda pula cara memanggangnya. Pasalnya, untuk menghasilkan makanan yang lezat, Anda juga harus cermat dalam mengolahnya. Selain itu, Anda pun harus memilih jenis oven yang tepat untuk mengolah masakan Anda agar lebih lezat.

Cara Menggunakan Oven Listrik Kirin Oven

Beberapa jenis makanan yang biasa dipanggang di dalam oven adalah kue kering (cookies), cake, dan ayam. Bacaterus akan membagikan langkah-langkah menggunakan oven listrik sesuai dengan jenis makannnya.

Cara Memakai Oven Listrik untuk Memanggang Kue Kering

Cara Memakai Oven Listrik untuk Memanggang Kue Kering

Setelah Anda membuat adonan kue kering dan meletakkannya di atas loyang, kini tiba saatnya untuk memanggang. Berikut adalah cara memanggang kue kering di oven listrik:

  1. Siapkan oven dengan cara memanaskannya sampai suhu 200 derajat celcius. Setelah itu, Anda bisa mengatur suhu low medium agar panas di dalam oven tetap stabil
  2. Masukkan loyang berisi kue ke rak paling atas, lalu set timer dan suhunya sesuai dengan resep kue kering tersebut
  3. Sembari menunggu kue matang Anda diperbolehkan untuk sesekali memindahkan loyang ke rak atas dan bawah secara bergantian. Namun, jangan lupa untuk memutar loyang searah dengan jarum jam ketika Anda memindahkan posisinya dari rak satu ke rak yang lain. Cara ini dilakukan agar kue kering matang secara merata
  4. Setelah timer berhenti dan kue matang, segera angkat loyang dan matikan oven listrik

Cara Memakai Oven Listrik untuk Memanggang Cake

Cara Memakai Oven Listrik untuk Memanggang Cake

Untuk membuat cake yang matang dan mengembang sempurna, Anda bisa memanggangnya dengan oven listrik. Cara menggunakan oven listrik untuk cake sebenarnya gampang-gampang susah. Karena jika Anda melakukan kesalahan dalam memanggang, kue bisa menjadi kurang matang atau gosong. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan oven listrik untuk cake yang sempurna:

  1. Panaskan oven dengan suhu sekitar 200 derajat celcius, lalu turunkan pengaturan suhunya sampai low medium untuk menjaga panas di dalam oven tetap stabil
  2. Letakkan loyang berisi adonan cake di rak bagian tengah pada oven listrik
  3. Set timer dan mode pemanggangan, jika di oven Anda ada mode pemanggangan panas atas-bawah, maka pilih mode tersebut agar cake matang secara merata
  4. Jangan membuka tutup oven meskipun hanya untuk sekedar mengecek apakah cake Anda sudah matang. Namun, saat pertengahan memanggang Anda dapat memutar loyang agar cake matang merata
  5. Setelah timer berhanti dan cake matang, angkat loyang cake dan matikan oven listrik

Cara Memakai Oven Listrik untuk Memanggang Ayam

Cara Memakai Oven Listrik untuk Memanggang Ayam

Selain kue kering dan cake, makanan yang sering diolah dengan menggunakan oven adalah ayam. Kali ini, Bacaterus akan mengajak Anda untuk mempelajari cara untuk memanggang ayam di dalam oven listrik:

  1. Sembari membumbui ayam utuh (1 ekor) yang hendak dipanggang, sebaiknya Anda memanaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 232 derajat celcius selama 20 menit
  2. Keluarkan rak yang tidak dipakai, karena saat memanggang ayam Anda hanya membutuhkan rak paling bawah atau rak di bagian tengah saja
  3. Letakkan ayam di rak pemanggang dalam posisi bagian dada ayam menghadap ke atas
  4. Turunkan suhu oven listrik Anda menjadi 190 derajat celcius, lalu panggang ayam selama 60 – 90 menit atau tergantung ukuran ayam yang sedang dipanggang
  5. Setelah ayam matang, keluarkan ayam dan biarkan sampai dingin sebelum Anda mulai memotongnya

Keunggulan Oven Listrik

Keunggulan Oven Listrik

Meskipun harganya lebih mahal, tetapi oven listrik menawarkan beberapa keunggulan yang tidak bisa Anda peroleh dari jenis oven lainnya. Berikut adalah keunggulan oven listrik yang harus Anda ketahui sebelum membelinya:

  • Beberapa jenis oven listrik menyediakan api atas-bawah agar makanan dapat matang secara merata. Hal ini tentu saja menguntungkan saat Anda menggunakannya untuk memanggang bolu gulung atau lapis legit. Akan tetapi, ada beberapa oven yang tidak menyediakan api-atas bawah, sehingga Anda harus lebih cermat dalam memilih oven listrik.
  • Oven listrik memiliki timer yang akan langsung mematikan oven saat timer selesai. Ini tentu saja memudahkan Anda untuk melakukan aktivitas lainnya tanpa harus sering-sering mengecek oven.
  • Suhu bisa diatur sesuai dengan kebutuhan, berbeda dengan oven gas atau oven tangkring yang mengandalkan termometer terpisah untuk mengatur suhu agar pas.
  • Panas yang dihasilkan oven listrik lebih stabil, Anda pun bisa mengatur suhu dengan mudah sesuai dengan resep.
  • Oven listrik lebih hemat energi, Anda hanya perlu memilih oven yang membutuhkan daya listrik yang rendah.
  • Praktis dan aman karena Anda hanya perlu menyambungkan oven ke stop kontak. Berbeda dengan oven gas yang mengharuskan Anda untuk menyalakan api di kompor terlebih dahulu.

Tips Membeli Oven Listrik

advertisements

Dewasa ini, Anda bisa membeli oven listrik di toko elektronik sampai dengan situs belanja online. Ya, membeli barang apapun memang terasa lebih mudah sejak teknologi semakin berkembang. Anda bisa memesan barang secara online, lalu barang akan diantar ke tempat Anda. Saat hendak membeli oven listrik di toko offline maupun online, Anda perlu memperhatikan beberapa tips berikut:

  • Pilih Oven dengan Watt Rendah

Anda tidak hanya perlu mengetahui cara menggunakan oven listrik yang benar saja, tapi Anda juga harus memilih oven listrik yang hemat energi. Oleh karena itu, sebaiknya pilih oven dengan kebutuhan daya listrik yang rendah.

  • Tentukan Kapasitas Oven

Perlu Anda ketahui bahwa kapasitas oven listrik berbeda-beda. Nah, Anda bisa memilih kapasitas oven sesuai dengan kebutuhan. Pastikan pula ketersediaan tempat di rumah Anda untuk meletakkan oven listrik dengan ukuran dan kapasitas yang Anda inginkan.

Tips Membeli Oven Listrik

  • Pilih Fitur yang Anda Butuhkan

Setiap oven listrik menawarkan fitur yang berbeda-beda. Sebagai konsumen, pilihlah fitur yang benar-benar Anda butuhkan. Pasalnya, semakin banyak fitur yang melengkapi oven tersebut, maka akan semakin harganya.

Itulah cara menggunakan oven listrik untuk memanggang berbagai jenis hidangan berbeda serta tips membeli oven listrik. Jika Anda membeli oven di toko offline, sebaiknya cek terlebih dahulu fungsi pemanas, suhu, dan tombol-tombol oven langsung di tempat sebelum Anda membawa pulang oven tersebut.

Artikel Menarik Lainnya: