advertisements

Mata bengkak bisa dialami oleh siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Faktor penyebab mata menjadi bengkak sangatlah beragam, mulai dari karena kurang tidur, akibat menangis terlalu lama, atau bahkan hingga digigit semut.

Timbulnya mata bengkak juga terkadang tidak bisa diprediksi. Terkadang setelah bangun tidur, Anda mendapati bahwa kedua mata bengkak atau hanya bengkak sebelah. Padahal sebelum tidur, mata Anda masih normal dan tidak ada gejala apapun.

advertisements

Nah, jika Anda mengalami situasi seperti ini sebaiknya Anda tidak perlu panik. Pasalnya, ada cara mengatasi mata bengkak secara alami yang dapat membuat mata Anda kembali terlihat normal dalam waktu yang sangat cepat.

Perlu diingat, hindari penggunaan obat tetes mata untuk mengempiskan mata yang bengkak, karena obat mata hanya digunakan untuk mengatasi iritasi mata. Jika ingin mengempiskan kantung mata, Anda bisa menggunakan cara-cara berikut ini:

  1. Es Batu atau Air Es

cara mengatasi mata bengkak

Cara ini terbilang klasik, tetapi cukup ampuh untuk mengatasi mata bengkak. Anda hanya perlu mengusapkan es batu ke bagian mata yang bengkak. Namun, bila kulit Anda terlalu sensitif untuk bersentuhan dengan es batu, maka gunakan saja kain handuk yang sudah direndam di dalam air es. Kompres mata Anda dengan handuk tersebut selama beberapa menit.

Opsi lain adalah menggunakan sendok stainless steel yang sudah direndam dalam air dingin. Cara mengaplikasikannya adalah dengan memejamkan mata, lalu letakkan sendok dingin di kelopak mata selama beberapa menit.

  1. Teh Celup Bekas

teh celup bekas

Jangan langsung membuang teh celup yang sudah dipakai, karena teh celup bekas dapat digunakan untuk mengompres mata yang bengkak. Gunakan 2 kantung teh celup yang baru saja digunakan untuk menyeduh teh di air panas. Peras kantung teh untuk meniriskan air. Setelah suhu kantung teh menjadi hangat, segera letakkan di kelopak mata Anda.

Kompres mata dengan kantung teh selama 5-10 menit. Agar hasil yang diperoleh lebih maksimal, gunakan teh hitam atau teh hijau, karena keduanya mengandung kafein yang efektif mempercepat pengempisan mata bengkak.

  1. Mentimun

mentimun

Mentimun adalah buah yang sering digunakan sebagai masker wajah. Nyatanya, buah yang sering dijadikan lalapan ini juga bermanfaat untuk mengatasi mata bengkak. Mentimun mengandung astringet yang berfungsi untuk menyegarkan kembali mata yang sembab atau bengkak.

Untuk mengobati mata bengkak dengan menggunakan mentimun ini sangat mudah. Anda hanya perlu menyediakan 2 iris mentimun, lalu letakkan di atas kedua mata. Setelah 10 menit, mata Anda akan terasa lebih segar dan kembali normal.

  1. Kentang

advertisements

Kandungan asam sifat dan asam fosfat pada kentang efektif ampuh untuk mengurangi peradangan kulit, termasuk kulit yang ada di sekitar mata. Oleh karena itu, kentang juga dapat digunakan untuk mengobati mata bengkak.

Cara mengatasi mata bengkak dengan kentang ialah dengan menumbuk daging kentang hingga halus. Kemudian, bungkus tumbukkan kentang dengan kain yang tipis. Celupkan kain di dalam air hangat, lalu gunakan untuk mengompres mata.

  1. Daun Sirih atau Daun Sirsak

Kedua jenis daun ini sama-sama mengandung zat anti-peradangan, anti-bakterial, anti-inflamasi, dan anti-virus yang bermanfaat untuk meredakan rasa sakit. Zat-zat yang terkandung dalam daun sirih dan daun sirsak membuat keduanya bisa mengobati peradangan yang menyebabkan mata bengkak.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun sirih atau daun sirsak. Kemudian, oleskan sedikit air rebusannya ke kelopak mata. Lakukan ini beberapa kali dalam sehari agar pembengkakan dapat dikempiskan dengan cepat.

Tips Mempercepat Penyembuhan Mata Bengkak

Selain dengan berbagai ramuan tradisional di atas, Anda juga dapat mengkombinasikannya dengan cara-cara di bawah ini untuk mempercepat proses pengobatan mata bengkak. Berikut adalah tips untuk mempercepat penyembuhan mata bengkak:

  • Kurangi Konsumsi Garam

air garam

Untuk sementara waktu, sebaiknya Anda mengurangi atau menghindari konsumsi garam atau makanan tinggi natrium lainnya. Pasalnya, kandungan natrium di dalam garam akan meningkatkan retensi air yang akan semakin memperparah pembengkakan.

Namun, Anda juga bisa menggunakan larutan air garam untuk mengompres mata yang bengkak. Campurkan ½ sendok teh garam dapur ke dalam segelas air, kemudian celupkan kapas ke dalamnya dan gunakan kapas tersebut untuk mengompres kelopak mata.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Percaya atau tidak, memperbanyak minum air putih dapat membantu proses pengempisan mata bengkak, lho. Pastikan Anda memperoleh asupan air yang cukup sembari mengatasi mata bengkak. Terus hidrasi tubuh dengan air putih agar mata Anda kembali normal seperti sedia kala.

  • Cukup Tidur

cara mengecilkan perut buncit tidur

Penyebab utama mata bengkak yang paling sering dialami oleh sebagian besar orang adalah kurang tidur. Entah karena begadang menyelesaikan pekerjaan, nonton TV atau insomnia, seseorang dapat memiliki waktu tidur yang kurang dari waktu normal, yakni 6-7 jam.

Nah, kondisi inilah yang membuat mata menjadi bengkak. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup untuk menghindari pembengkakan di area mata. Agar dapat tidur secara cepat dan nyenyak, silahkan ikuti langkah-langkah di artikel ini.

  • Lepaskan lensa kontak

Pada kenyataannya, mata bengkak juga bisa dikarenakan oleh penggunaan kontak lensa (softlense) yang tidak sesuai dengan kondisi mata. Hal ini bisa terjadi karena kontak lensa tersebut menggunakan bahan yang kurang berkualitas atau kadar airnya tidak sesuai dengan mata Anda.

Jika Anda mengalami pembengkakan akibat kontak lensa, maka segera lepas kontak lensa tersebut dan kompres mata Anda dengan salah satu cara di atas. Jangan gunakan kontak lensa tersebut untuk menghindari risiko iritasi. Jika ingin tetap menggunakan kontak lensa, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mata terlebih dahulu.

Mata bengkak akan sangat mengganggu penampilan Anda. Rasa percaya diri akan jadi berkurang ketika mata Anda terlihat bengkak. Jika hal ini terjadi pada Anda, segera gunakan salah satu cara mengatasi mata bengkak yang kami bagikan di atas. Cara tersebut menggunakan bahan-bahan alami sehingga minim efek samping. Yuk, atasi mata bengkak dengan cara yang tepat!

Artikel Menarik Lainnya: