advertisements

Mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah memang mudah, tapi tidak dengan cara mendapatkan tiket promo kereta api. Berbeda dengan tiket pesawat yang sering dijual dengan harga yang miring, tiket kereta api sangat jarang dijual dengan harga yang lebih murah. Di samping itu, tiket kereta api juga sering habis dari jauh-jauh jika menjelang high season, seperti lebaran atau tahun baru.

Namun, selalu ada cara untuk mendapatkan tiket transportasi umum dengan harga yang terjangkau, pun demikian dengan tiket kereta api. Kali ini, Bacaterus akan berbagi informasi mengenai cara mendapatkan tiket promo kereta api. Dengan cara-cara berikut ini Anda bisa memperoleh tiket kereta api dengan harga yang lebih terjangkau.

Pesan Tiket Sejak Jauh Hari

advertisements

Sama seperti ketika Anda hendak mencari tiket pesawat murah, cara mendapatkan tiket promo kereta api adalah dengan memesannya sejak jauh hari. PT KAI membuka penjualan tiket kereta api dengan keberangkatan maksimal 4 bulan kemudian.

Misalnya, jika Anda berencana untuk pergi di bulan April, maka tiket sudah bisa dipesan sejak Desember atau Januari. Semakin jauh jarak pemesanan tiket dengan waktu keberangkatan, maka semakin murah tiket yang akan Anda peroleh.

Berburu Tiket Di Situs Resmi KAI

Berburu Tiket Di Situs Resmi KAI Cara Mendapatkan Tiket Promo Kereta Api

Sudah menjadi rahasia umum jika pembelian tiket kereta api bisa dilakukan melalui situs resmi KAI. Proses pembayarannya pun mudah, Anda bisa membayar tiket melalui ATM atau minimarket terdekat. Setelah berkunjung ke situs resmi KAI, Anda bisa memeriksa ketersediaan kursi di jadwal keberangkatan dan rute kereta yang Anda inginkan.

Di website, KAI akan menawarkan harga yang berbeda-beda. Saran dari Bacaterus, pilih harga yang paling murah. Karena umumnya harga yang ditawarkan bisa berbeda-beda walaupun Anda memilih kursi di kelas yang sama.

Pesan Melalui Call Center

Pesan Melalui Call Center

Selain melayani pembelian tiket melalui online, Anda juga bisa memesan tiket sejak jauh hari melalui call center KAI, yakni 121 atau 021-121. Sebutkan kepada operator mengenai rute perjalanan dan tanggal keberangkatan Anda, mintalah operator untuk mencarikan harga yang termurah. Jika Anda tidak cocok dengan harga yang ditawarkan pada tanggal tersebut, Anda bisa mengganti tanggal lain asalkan harga tiketnya cenderung lebih murah.

Setelah memesan tiket, operator akan meminta Anda untuk melunasi pembayaran di ATM atau minimarket tertentu. Segera lunasi pembayaran tersebut agar pemesanan tiket promo Anda tidak hangus karena waktunya sudah habis.

Beli Tiket Promo di Indomaret/Alfamart

Beli Tiket Promo di Indomaret/Alfamart

Tiket promo juga bisa dibeli melalui minimarket waralaba, seperti Indomaret dan Alfamart. Cara mendapatkan tiket promo kereta api di minimarket cukup mudah. Pertama, kunjungi minimarket terdekat, lalu minta kasir untuk mengecek ketersediaan tiket promo kereta api.

Caranya, cari tiket dengan subclass X untuk kelas Eksekutif, Y untuk kelas Bisnis, dan Z untuk kelas Ekonomi. Pilih tiket yang sesuai dengan kelas yang Anda inginkan, jika Anda mendapatkan tiket dengan kode subclass yang kami sebutkan tadi, maka itu artinya Anda sudah berhasil membeli tiket promo kereta api melalui Indomaret dan Alfamart.

Install Aplikasi Kereta Api Indonesia Access

advertisements

Dewasa ini, aplikasi Kereta Api Indonesia Access atau yang lebih akrab dikenal sebagai KAI Access sangat memudahkan calon penumpang kereta api untuk berburu tiket promo sekaligus memesannya. Jika Anda memilih smartphone, install aplikasi KAI Access ini untuk memudahkan proses pencarian tiket kereta api promo.

Setelah Anda berhasil menginstall aplikasi ini di smartphone Anda, segera berburu tiket promo dengan harga yang termurah sesuai dengan tanggal keberangkatan dan rute perjalanan yang Anda inginkan. Hingga saat ini KAI Access sudah diinstall sebanyak lebih dari 1 juta kali oleh pengguna Android.

Tanyakan Tiket Promo Di Loket Stasiun

Cara yang satu ini juga efektif jika Anda ingin memperoleh tiket kereta api dengan harga promo. Datangkan ke loket penjualan tiket yang ada di stasiun, lalu tanyakan kepada petugas loket mengenai harga tiket terendah yang sesuai dengan jadwal keberangakatan dan rute perjalanan Anda.

Nah, apabila Anda hendak membeli tiket untuk kakek atau nenek yang sudah lanjut usia, mintalah fotocopy KTP mereka. Karena tiket untuk lansia akan mendapat potongan harga hingga 20%. Namun, nampaknya promo khusus untuk lansia ini hanya berlaku untuk pembelian tiket kereta api di loket yang ada di stasiun.

Beli Tiket Di Situs Booking Online

Beli Tiket Di Situs Booking Online Cara Mendapatkan Tiket Promo Kereta Api

Dewasa ini, sudah semakin banyak situs booking online yang memudahkan kita untuk memesan tiket pesawat, kereta api, hingga bus. Nah, pada umumnya situs booking online akan menawarkan tiket dengan berbagai promo yang menarik.

Cobalah untuk memanfaatkan promo yang ditawarkan oleh situs booking online tersebut. Cara mendapatkan tiket promo kereta api melalui situs booking online adalah beli jauh-jauh hari dan rajinlah mengecek situs tersebut. Jika perlu subscribe informasi terbaru dari situs tersebut, karena jika ada promo menarik situs tersebut akan mengirimi Anda detailnya melalui email.

Cari Tiket Di Agen Perjalanan Offline

Cari Tiket Di Agen Perjalanan Offline

Tak hanya situs booking online saja yang bisa menawarkan tiket promo kereta. Bahkan, agen perjalanan tour dan travel offline pun pernah menawarkan tiket kereta api dengan harga miring meskipun tidak sesering situs booking online.

Apabila Anda mempunyai kenalan yang bekerja di agen perjalanan tour dan travel, mintalah ia untuk memberi kabar kepada Anda jika ada promo tiket kereta api murah. Selain itu, Anda juga bisa meminta staf agen perjalanan offline untuk mencarikan Anda tiket dengan harga yang terendah.

Jangan Ragu untuk Memilih Kelas Ekonomi

Jangan Ragu untuk Memilih Kelas Ekonomi (Copy)

Guna menghemat biaya, Anda bisa naik kereta api kelas ekonomi jika harga tiket kereta api untuk kelas bisnis dan eksekutif terlalu mahal. Tak perlu ragu untuk memilih kelas ekonomi, karena saat ini gerbong kelas ekonomi sudah berkembang menjadi cukup baik dan modern. Perlu Anda ketahui bahwa beberapa kereta api juga memasang AC untuk kelas ekonomi. Jadi, Anda tetap bisa berpergian dengan nyaman.

Manfaatkan Promo Khusus dari PT KAI

Manfaatkan Promo Khusus dari PT KAI

Tahun 2015 lalu PT KAI memberikan tiket untuk beberapa kereta api dengan harga flat 70 ribu rupiah saja. Promo kursi serba 70 ini diselenggarakan untuk merayakan HUT Republik Indonesia

Proses pembelian tiket promo ini pun sangat mudah, Anda tak perlu pergi ke loket penjualan tiket yang ada di stasiun, karena tiket promo ini bisa Anda beli melalui situs resmi KAI dan juga minimarket yang bekerja sama dengan KAI. Nah, ke depannya KAI mungkin juga akan menggelar promo-promo serupa, jadi tunggu saja!

Cara mendapatkan tiket promo kereta api memang lebih sulit dibanding hunting tiket pesawat murah. Akan tetapi, dengan berusaha dan pantang menyerah maka Anda juga akan mendapatkan tiket kereta api dengan promo yang menarik.

Artikel Menarik Lainnya: