advertisements

Berbeda dengan dengan foundation, concealer biasanya hanya digunakan pada area wajah tertentu yang terdapat noda hitam, bekas luka atau bekas jerawat, dan untuk menyamarkan kantung mata.

Concealer diaplikasikan setelah menggunakan foundation, tapi jika Anda tidak ingin penampilan ‘berat’ dan hanya ingin menyamarkan mata panda atau menutupi bekas jerawat, Anda dapat menggunakan pelembab biasa lalu ditimpa dengan concealer saja.

Manfaat Concealer

Namun, ternyata manfaat concealer tidak hanya sebagai penyamar problem kulit wajah saja, loh! Terdapat banyak manfaat concealer yang bisa Anda dapatkan. Apa sajakah itu?

  • Sebagai Highlighter

sebagai highlighter

Selain untuk menutupi kekurangan di kulit wajah Anda seperti flek hitam, lingkar hitam mata, atau bekas jerawat, concealer dapat Anda gunakan sebagai highlighter wajah. Tahu kan apa itu highlighter? Efek make up yang membuat wajah Anda terlihat tirus itu, loh.

Biasanya highlight diaplikasikan setelah menggunakan contour, namun Anda bisa juga langsung melakukan highlighting tanpa contour terlebih dahulu. Yang Anda butuhkan hanyalah bronzer (kuas contour).

Aplikasikan concealer menggunakan bronzer di bawah tulang pipi hingga dekat ujung bibir. Lalu aplikasikan juga di tulang pipi Anda agar terlihat tirus. Jangan lupa sapukan concealer di garis tengah hidung Anda, agar terlihat glowing dan mancung. Tidak ketinggalan sapukan concealer di tengah dahi (mulai dari hidung lalu menyebar ke atas alis). Terakhir, sapukan concealer juga di atas bibir dan di tengah dagu.

  • Mempertegas Alis

mempertegas alis

Alis Anda terlalu tipis atau terlalu tebal? Tidak perlu minder, concealer bisa membantu menyelesaikan masalah Anda. Pertama, gambar alis Anda menggunakan pensil alis, shadow alis, atau apa saja yang biasa Anda gunakan. Setelah itu, bubuhkan concealer di bawah sudut terluar alis Anda. Ratakan concealer menggunakan kuas kecil ke seluruh garis alis Anda. Sehingga penampilan alis Anda dapat terlihat sempurna.

  • Menambah dan Mengurangi Volume Bibir

menambah volume bibir

Jika bibir Anda tergolong tipis, concealer dapat membantu Anda mendapatkan efek bibir yang terlihat lebih tebal. Caranya, aplikasikan concealer di dua ujung bibir dan di bawah bibir seperti pada gambar di atas. Anda juga bisa menambahkan concealer di tengah bibir atas dan bawah untuk mendapatkan efek glossy dan bibir yang lebih tebal.

mengurangi volume bibir

Jika bibir Anda tergolong tebal dan Anda ingin mendapatkan penampilan bibir yang lebih kecil dan tipis, concealer dapat membantu Anda juga. Make up bibir tipis ini semakin populer karena digunakan oleh sebagian besar artis dan warga Korea.

Caranya adalah dengan mengaplikasikan concealer ke seluruh permukaan bibir kecuali tengah bibir. Lalu bubuhkan perona bibir di area tengah bibir yang tidak diberi concealer. Lebih jelasnya silakan lihat gambar di atas.

  • Mempertegas Make Up Mata

mempertegas make up mata

Tahu make up mata yang sedang trend sekarang, cut crease? Cara mendapatkan look mata menjadi lebih tegas ini cukup mudah, kok. Anda hanya perlu membubuhkan concealer di tengah kelopak mata Anda. Setelah itu, buatlah garis mengikuti lekukan kelopak mata (di atas concealer). Terakhir, lakukan make up mata seperti yang Anda inginkan.

Itulah beberapa manfaat concealer, selain dapat menyamarkan masalah di kulit wajah Anda, concealer juga dapat membantu menunjang penampilan Anda menjadi lebih sempurna.

Cara Memilih Concealer

advertisements

Walaupun terdengar ajaib dan mudah digunakan, jika Anda tidak memilih concealer yang tepat, akan menjadi malapetaka untuk kulit wajah Anda. Maka dari itu Bacaterus telah merangkum cara memilih concealer yang paling cocok untuk Anda, menurut jenis dan warna dasar kulit.

1. Ketahui Jenis Kulit

Sama seperti cara memilih foundationlangkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi jenis kulit Anda. Apakah kulit Anda kering, berminyak, normal, atau mungkin gabungan seperti normal cenderung kering atau normal cenderung berminyak.

2. Ketahui Jenis Concealer

cara memilih concealer

Terdapat berbagai macam jenis concealer yang ada di pasaran. maka dari itu pilihlah jenis concealer yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. berikut adalah jenis-jenis concealer tersebut:

  • Liquid Concealer

Liquid concealer atau concealer cair ini bersifat ringan dengan hasil yang tidak terlalu menonjol. Sehingga sangat cocok digunakan untuk riasan natural sehari-hari. Concealer jenis cair ini cocok untuk kulit kering dan normal. Tidak disarankan jika kulit Anda tergolong berminyak.

  • Pot Concealer

Pot concealer biasanya digunakan oleh profesional make up artist dan orang yang menggunakannya pun orang-orang yang membutuhkan make up berat seperti entertainer, dan sebagainya.

Berbeda dengan liquid concealer, tekstur pot concealer lebih creamy dan dapat melembabkan. Karena tergolong heavy, concealer ini sangat baik dalam menutupi flek hitam dan mata panda. Concealer jenis cair ini cocok untuk kulit normal dan cenderung berminyak. Tidak disarankan jika kulit Anda cenderung kering.

  • Stick Concealer

Stick concealer sangat mudah digunakan, sehingga jika Anda merupakan pemula di bidang make up, sebaiknya gunakanlah concealer jenis ini. Teksturnya agak kering, sehingga jika kulit wajah Anda cenderung kering, concealer jenis ini kurang cocok. Akan tetapi, concealer jenis stik ini sangat baik dalam menutupi kekurangan di kulit wajah, hampir setara dengan pot concealer.

Concealer jenis cair ini cocok untuk kulit normal dan cenderung berminyak. Tidak disarankan jika kulit Anda cenderung kering.

  • Pencil Concealer

Concealer jenis pensil agak mirip dengan yang jenis stik, sangat mudah digunakan dan praktis dibawa ke mana-mana. Teksturnya lebih padat daripada seluruh concealer yang sudah dibahas di atas, namun teksturnya agak creamy sehingga tidak akan menyakiti kulit wajah Anda.

  • Tube Concealer

Tube concealer ini lumayan mirip dengan liquid concealer, teksturnya cair, sifatnya ringan, dan cepat meresap ke dalam kulit Anda. Namun, karena sangat ringan, daya tahan concealer ini hanya sebentar saja.

3. Cocokkan Jenis Kulit dengan Jenis Concealer

advertisements

Setelah mengetahui jenis kulit Anda, cocokkanlah dengan jenis concealer.  Jika kulit wajah Anda cenderung kering, jangan gunakan liquid matte concealer, karena akan menjadikan kulit wajah Anda lebih kering. Gunakanlah liquid concealer dengan efek biasa tanpa matte. 

Jika kulit wajah Anda cenderung berminyak dan berpori-pori besar, jangan gunakan concealer berbentuk cream atau stick karena dapat menyumbat pori-pori. Hindari juga penggunaan concealer cair karena akan membuat kulit wajah semakin mengilap.

Jika Anda hanya ingin menutupi lingkar gelap di sekitar mata, flek hitam, atau bekas jerawat, gunakankah liquid, tube, pencil, atau stick concealer. 

Itulah sedikit info mengenai manfaat concealer, jenis-jenis concealer, dan cara memilih concealer yang tepat. Jika Anda memiliki tips lainnya dalam menggunakan concealer, silahkan bagikan dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya: