advertisements

Bibir merah dan cerah merupakan idaman setiap wanita. Bibir yang cantik akan membuat senyum Anda menjadi semakin manis. Saat ini banyak produk kosmetik yang dapat membuat bibir Anda menjadi tampak merah. Namun sebenarnya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli produk tersebut karena terdapat cara memerahkan bibir secara alami dan permanenyang dapat Anda coba sendiri.

Cara alami memerahkan bibir ini tentu harus dibarengi dengan mengurangi hal-hal yang dapat menghitamkannya seperti teh, kopi, dan juga terpaan sinar matahari. Merokok juga dapat membuat bibir menjadi hitam sehingga wajib untuk dihindari. Berikut adalah beberapa cara tradisional memerahkan bibir yang bisa Anda terapkan dengan mudah.

Oleskan Campuran Lemon dan Madu

advertisements

Trik pertama untuk menghilangkan warna kecoklatan di bibir adalah dengan mengoleskan campuran lemon dan madu. Caranya, campurkanlah jus lemon dengan madu dalam takaran yang sama kemudian oleskan ke bibir. Diamkan selama satu jam sebelum membersihkannya dengan menggunakan kain basah.

Menurut stylecraze.com, ekstrak sitrus yang terdapat pada lemon dapat mengurangi bercak hitam sedangkan madu dapat memberikan warna pink pada bibir. Anda dapat mengoleskan campuran tersebut sebanyak apapun yang Anda inginkan setiap harinya. Selain itu, campuran tersebut juga dapat disimpan di lemari pendingin untuk digunakan selama seminggu ke depan.

Gunakan Gliserin Sebelum Tidur

Bibir yang kering akibat terpaan sinar matahari dapat membuat warnanya menjadi pudar akibat pigmentasi. Maka dari itu, oleskanlah Gliserin di bibir Anda dengan menggunakan cotton bud (korek kuping) ketika akan pergi tidur setiap malamnya.

Kandungan yang terdapat pada Gliserin dapat menjaga kelembaban bibir sehingga tidak mudah kering dan pudar warnanya. Selain Gliserin, Anda juga dapat mengoleskan minyak almond pada bibir sebelum tidur. Minyak almond dapat membuat bibir menjadi lebih cerah dan mencegah pudarnya warna bibir.

Rutin Minum Air Putih

cara memerahkan bibir secara alami dan permanen

Tubuh yang sehat dan terhidrasi dengan baik juga akan membuat bibir menjadi cantik. Pasalnya, bibir yang kering juga bisa diakibatkan oleh tubuh yang kekurangan cairan. Oleh karena itu, minumlah air putih minimal 8 hingga 10 gelas perhari agar tubuh Anda tetap terhidrasi dan bibir Anda tidak menjadi kering.

Minum Susu

cara memerahkan bibir secara alami dan permanen minum susu

Susu memiliki kandungan yang sangat baik untuk mencerahkan bibir. Selain itu, susu juga memiliki kontribusi yang sangat penting dalam menghilangkan sel kulit mati yang membuat bibir menjadi hitam. Oleh karena itu rajinlah minum susu setiap harinya atau oleskan beberapa tetes susu ke bibir Anda dengan menggunakan cotton bud.

Pasta Kelopak Mawar

Tips memerahkan bibir yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kelopak bunga mawar. Ambillah beberapa kelopak mawar kemudian celupkan ke dalam susu selama beberapa menit. Setelah itu campurkanlah dengan beberapa tetes madu dan gliserin sehingga menjadi sebuah pasta.

Oleskanlah pasta tersebut ke permukaan bibir dan diamkan selama 15 menit. Terakhir, bersihkanlah pasta tersebut dengan menggunakan susu. Dengan menggunakan kombinasi empat bahan tersebut, maka Anda akan melihat perubahan yang cukup signifikan pada bibir Anda dalam beberapa hari saja.

Gosok Dengan Beetroot

Sebuah beetroot atau ubi bit merah juga dapat mempercantik bibir Anda. Caranya, potonglah beetrot menjadi dua bagian kemudian gosokkan bagian dalamnya ke permukaan bibir. Anda dapat melakukan trik ini di setiap waktu senggang, seperti ketika menonton televisi atau membaca buku.

advertisements

Dengam melakukannya secara rutin, maka warna kecoklatan di bibir Anda akan berkurang dan tergantikan dengan warna merah dalam beberapa hari. Simpanlah potongan beetroot yang telah digunakan di dalam kulkas agar Anda dapat memotong dan menggunakannya kembali di lain waktu.

Gunakan Campuran Biji Delima

Biji buah delima atau pomegranate juga bisa mencerahkan warna bibir dan membuatnya menjadi berwarna merah muda. Caranya, hancurkanlah biji delima hingga menjadi bubuk kemudian campurkan dengan milk cream. Oleskan campuran tersebut ke bibir Anda dan diamkan selama beberapa saat.

Gosok Dengan Mentimun dan Kulit Jeruk

Mentimun merupakan salah satu sayuran yang berguna untuk mengurangi warna bibir yang menghitam. Caranya, potonglah mentimun menjadi potongan kecil kemudian gosokkan ke bibir selama lima menit. Lakukan aktivitas ini setiap Anda memiliki kesempatan agar hasil yang didapatkannya bisa maksimal.

cara memerahkan bibir secara alami dan permanen mentimun

Selain menggunakan mentimun, Anda juga dapat menggunakan kulit jeruk untuk mengatasi bibir yang kering dan pudar. Oleh karena itu mulai sekarang jangan langsung membuang kulit jeruk, namun gunakanlah terlebih dahulu untuk perawatan bibir.

Hindari Penyebab Pudarnya Warna Bibir

Selain menerapkan cara memerahkan bibir secara alami dan permanen di atas, Anda juga harus mulai menghindari berbagai macam hal yang membuat bibir menjadi hitam. Hal ini sangatlah penting agar usaha yang Anda lakukan di atas tidak sia-sia dan mampu menghasilkan bibir yang indah dalam waktu cepat. Dikutip dari ethnichealthcourt.com, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda dihindari:

1. Jangan langsung mengelupas kulit bibir

Jangan mengelupas bibir yang pecah-pecah secara langsung. Olesilah dengan lip balm terlebih dahulu sebelum Anda mulai menggosoknya dengan pelan. Jika sudah terkelupas, oleskan kembali lip balm untuk menjaga agar bibir Anda tetap lembut.

2. Hindari merokok, teh, dan kopi

cara memerahkan bibir secara alami dan permanen rokok

Tidak terbantahkan lagi jika rokok merupakan salah satu penyebab utama mengapa bibir menjadi cepat menghitam. Maka dari itu hidarilah rokok agar bibir Anda menjadi sehat. Selain itu, kurangi juga minum teh, kopi, dan berbagai minuman bersoda. Banyaklah minum air putih serta mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

3. Hindari penggunaan lipstik terlalu lama

Meskipun dapat mempercantik bibir, janganlah terlalu lama menggunakan lipstik karena dapat merusak warna alami dari bibir. Penggunaan lipstik yang terlalu banyak atau tebal juga dapat berakibat sama. Jika Anda akan tidur, bersihkanlah terlebih dahulu lipstik yang menempel dengan menggunakan butiran es lembut selama beberapa menit.

4. Jangan Sembarangan Memilih Kosmetik

Saat ini terdapat berbagai macam pilihan kosmetik yang dapat mempercantik penampilan bibir, mulai dari yang harganya murah hingga yang harganya selangit. Kesalahan dalam memilih kosmetik justru dapat membuat bibir Anda menjadi kering dan pudar.

Oleh karena itu, pintar-pintarlah dalam memilih kosmetik agar tidak berakibat buruk pada bibir Anda. Pastikan kosmetik tersebut dibuat dari bahan alami yang tidak berbahaya untuk tubuh. Selain itu jangan pernah terpengaruh oleh harga murah yang banyak ditawarkan oleh penjual saat ini.

Itulah berbagai macam cara memerahkan bibir secara alami dan permanen yang dapat Anda coba dengan mudah. Dengan mengikuti tips dan trik di atas, bibir Anda akan menjadi cerah dan juga sehat tanpa perlu melakukan biaya perawatan yang mahal. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: