advertisement
advertisement

Siapa yang tidak kenal dengan tempe, makanan tradisional yang melegenda? Makanan ini tentu sudah populer dan menjadi salah satu makanan yang sering ada di menu makanan kita sehari-hari. Salah satu olahan tempe yang paling banyak digemari adalah tempe mendoan. Cara membuat tempe mendoan juga cukup mudah dan dapat Anda coba sendiri di rumah.

Maka dari itu, kali ini bacaterus.com akan mengulas resep membuat tempe mendoan yang renyah dan gurih. Selain tempe mendoan, akan diulas juga cara membuat sambel kecap pedas yang merupakan teman sejati dari tempe mendoan ini.

Apa Itu Tempe Mendoan?

advertisement
advertisement

Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang berbahan dasar kedelai. Makanan ini dibuat dengan melibatkan fermentasi ragi dan diolah oleh para pengrajin tempe nusantara secara telaten dan khas. Banyak olahan yang sering disajikan dari bahan dasar tempe tersebut, di antaranya adalah tempe penyet, tempe orek, tempe bacem, dan tempe mendoan.

Tempe mendoan merupakan tempe yang diolah dengan cara digoreng, namun dibalut terlebih dahulu oleh adonan tepung dengan bumbu yang khas. Tempe mendoan ini berasal dari tempe yang diiris tipis-tipis sehingga tidak perlu dibutuhkan lagi proses penggorengan yang lama.

Tempe mendoan tersebut merupakan makanan khas dari daerah Banyumas dan daerah sekitarnya seperti Purwokerto, Cilacap, dan Gembong. Walaupun bernama sama yaitu tempe mendoan, namun setiap daerah dapat menyuguhkan cita rasa tempe mendoan yang berbeda. Namun, ada satu ciri khas bagi yang melekat dari tempe mendoan tersebut yaitu berkarakter tidak keras dan cenderung lembek.

Bahan Tempe Mendoan

cara membuat tempe mendoan

Apabila Anda ingin mencoba resep tempe mendoan, maka Anda harus menyiapkan bahan-bahan berikut ini. Bahan pokok yang harus disediakan adalah tempe mendoan mentah sebanyak 10 buah atau untuk penyajian yang lebih minimalis bisa kurang dari jumlah itu, tergantung kebutuhan saja.

Untuk 10 buah tempe dibutuhkan 100 gr tepung terigu, tepung beras sebanyak 50 gram, dan tepung sagu sebanyak 25 gram. Setelah itu, sediakan juga bahan tambahan meliputi daun kucai yang diiris halus sebanyak 2 batang, minyak goreng, dan air sekitar 200 ml.

Setelah semuanya tersedia, jangan lupa juga untuk menyiapkan bumbu-bumbu yang harus dihaluskan. Bumbu-bumbu halus tersebut meliputi garam 1 sendok teh, ketumbar 1 sendok makan, kencur sekitar 1 cm, dan bawang putih sekitar 2 siung.

Cara Membuat Tempe Mendoan

Cara membuat tempe mendoan ini sangat sederhana. Langkah pertama, kupas bungkus tempe dan iris tipis-tipis, biarkan terlebih dahulu di udara selama 15 menit. Sambil menunggu, buatlah adonan tempe mendoan tersebut dengan mencampurkan tepung beras, tepung terigu, tepung sagu, dan daun kucai. Tambahkan air kemudian aduklah hingga adonan tersebut benar-benar merata dengan sempurna.

Langkah selanjutnya, sediakan wajan dan panaskan minyak goreng secukupnya sampai benar-benar panas. Setelah itu, masukan tempe ke adonan tepung tempe mendoan tadi dan gorenglah satu persatu sampai semua irisan tempe tergoreng habis. Jangan lupa untuk menggorengnya tidak terlalu matang atau setengah matang saja karena inilah ciri khas dari tempe mendoan yang tidak boleh ditinggalkan.

Sesudah itu tiriskan tempe mendoan dengan alas tisu supaya kadar minyaknya dapat terserap. Kemudian, sajikan hangat-hangat bersama cubitan pedas sambal kecap. Untuk membuat sambal kecap diperlukan cabai rawit yang diiris kecil-kecil dan tambahkan kecap manis. Jika tidak suka dengan sambal kecap, Anda dapat menyantapnya dengan cabe rawit saja seperti ketika makan bala-bala atau bakwan.

Selain dapat dijadikan sebagai camilan, tempe mendoan juga dapat dijadikan sebagai lauk nasi. Selain itu, tempe mendoan juga sangat pas untuk dimakan bersama dengan pecel lele, ayam goreng, ayam bakar, tahu goreng, dan lainnya.

advertisement
advertisement

https://www.youtube.com/watch?v=WIMkrY8TSLM

Manfaat Tempe Mendoan

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, tempe mendoan ini mempunyai beberapa manfaat. Di antaranya adalah untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah penyakit diabetes karena dapat mencegah naiknya kadar gula dalam darah, dan dapat mencegah timbulnya penyakit kanker.

Hal ini tidak terlepas dari kandungan bahan dasar tempe mendoan, yaitu kacang kedelai yang mengandung beberapa zat yang dibutuhkan diantaranya protein, karbohidrat, dan lemak sehat. Kacang kedelai juga memiliki gizi yang tidak jauh berbeda dengan kacang tanah yang biasa dijadikan bahan dasar olahan kacang telur.

Nah, setelah mengetahui cara membuat tempe mendoan tersebut, kini Anda dapat langsung mempraktekannya sendiri di rumah. Selain bahan-bahannya murah dan cara membuatnya mudah, tempe mendoan juga memiliki banyak gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: