advertisements
advertisement

Banyak prakarya yang bisa dibuat dengan stik es krim, mulai dari kotak pensil hingga rumah-rumahan. Hal tersebut tidaklah mengherankan mengingat stik es krim merupakan media yang mudah didapatkan dan dapat dibentuk menjadi berbagai macam kerajinan tangan.

Nah, kali ini Bacaterus ingin mengajak Anda untuk membuat tempat pensil unik yang dibuat dari stik es krim tersebut. Tempat pensil ini nantinya dapat digunakan untuk meletakkan berbagai alat tulis di atas meja belajar atau kantor.

advertisement
advertisement

Cara membuat tempat pensil dari stik es krim yang akan dibagikan oleh Bacaterus ada 2 macam. Pertama, kita akan membuat tempat pensil dengan mode horisontal, kemudian kita lanjutkan dengan membuat tempat pensil stik es krim yang akan disusun secara vertikal. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak langkah-langkah berikut ini!

Tempat Pensil Horisontal

Pertama-tama, Anda akan kami ajak untuk membuat tempat pensil dari stik es krim yang disusun secara horisontal. Stik es krim akan disusun horisontal membentuk segitiga. Jangan lupa untuk menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu, ya! Berikut adalah alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempat pensil dari stik es krim secara horisontal:

  • Penggaris dengan panjang minimal 15 cm
  • 1 pak Stik Es Krim
  • Lem
  • Bolpen
  • Kertas putih
  • Cat dengan warna favorit Anda

cara membuat tempat pensil dari stik es krim bekas

Setelah semua alat dan bahan tersedia, mulailah mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Letakkan sebuah stik es krim di atas kertas putih, pastikan panjang semua stik es krim yang digunakan sama, yakni sekitar 10,5 cm
  2. Gambar setiga sama sisi di atas kertas putih tersebut sesuai dengan panjang dari stik es krim
  3. Tempatkan salah satu stik es krim di atas garis segitiga yang sudah digambar. Lanjutkan dengan meletakkan dua stik es krim di atas kedua garis lainnya
  4. Beri sedikit lem pada bagian ujung stik es krim, kemudian tumpuk stik berikut di atas ujung yang sudah di lem

kotak pensil dari stik es krim

  1. Lanjutkan hingga Anda berhasil membuat pola segitiga sebagai fondasi utama untuk membuat tempat pensil
  2. Tumpuk stik es krim di atas segitiga yang sudah berhasil dibuat, lanjutkan dengan menambahkan tumpukan segitiga stik es krim hingga tinggi tempat pensil sudah sesuai dengan ukuran bolpen dan pensil yang nantinya akan diletakkan di dalamnya
  3. Setelah selesai, angkat tempat pensil dari atas kertas, lalu lanjutkan dengan membalik tempat pensil sehingga bagian bawahnya berada di atas
  4. Kali ini Anda akan membuat alas tempat pensil. Tutup bagian bawah tempat pensil dengan stik es krim. Potong bagian yang kelebihan agar bagian alas dari tempat pensil ini juga nampak seperti segitiga

tempat pensil dari stik es krim

  1. Setelah kering, segera cat tempat pensil dengan warna favorit Anda. Beri hiasan yang sesuai dengan keinginan Anda
  2. Apabila cat sudah kering, maka Anda bisa langsung menggunakan tempat pensil ini untuk meletakkan alat tulis

Silahkan sesuaikan tinggi tumpukan stik es krim tersebut sesuai dengan alat tulis yang ingin Anda letakan. Jika Anda ingin meletakan spidol, penggaris, atau alat tulis lainnya yang berukuran panjang, silahkan tambah stik es krimnya agar tempat pensilnya semakin tinggi.

Disarankan juga bagi Anda untuk menggunakan lem yang tidak terlalu kuat dan tidak cepat mengering. Pasalnya, Anda akan kesulitan untuk memperbaiki letak stik yang salah jika lem yang digunakan cepat mengering.

Agar lebih menarik, Anda juga dapat mengkombinasikan warna cat yang digunakan, seperti warna pelangi, warna merah putih, dan sebagainya. Jika Anda mahir menggambar, maka tidak ada salahnya juga bagi Anda untuk meggambar di atasnya.

Selain bentuk segitiga, Anda juga bisa menerapkan langkah-langkah di atas untuk membuat tempat pensil dengan bentuk kotak persegi. Namun tempat pensil dengan bentuk persegi tentunya akan membutuhkan stik es krim yang lebih banyak lagi.

Tempat Pensil Vertikal

Nah, setelah membuat tempat pensil yang dari stik es krim yang disusun secara horisontal berbentuk segitiga, kini kami akan mengajak Anda untuk membuat tempat pensil dengan cara yang lebih sederhana yakni berbentuk vertikal.

advertisement
advertisement

Tempat pensil ini dibuat dengan stik es krim yang disusun secara vertikal (tegak lurus) berbentuk lingkaran. Berikut adalah alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempat pensil dari stik es krim secara vertikal:

  • 1 pak Stik Es Krim
  • Cat Akrilik berbagai warna
  • 1 Cup Bekas Es Krim berukuran sedang
  • Kuas Cat
  • 2 lembar Kertas Krep (1 warna hijau dan 1 warna emas)
  • Lem yang kuat
  • Gunting
  • Bubuk Akrilik berwarna emas
  • Bola Kapas

Setelah semua alat dan bahan tersedia, mulailah mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Potong bagian tepi atas cup bekas es krim dengan hati-hati
  2. Tutupi seluruh bagian samping cukup bekas dengan stik es krim yang disusun secara vertikal. Stik es krim tersebut akan direkatkan di seluruh bagian cup dengan lem. Apabila sudah tertutup dengan sempurna, maka cup es krim tidak akan terlihat karena sudah ditutupi dengan stik es krim
  3. Diamkan beberapa saat hingga lem kering, kemudian lanjutkan dengan mengecat stik es krim yang sudah disusun dengan warna favorit Anda. Pastikan bagian dalam tempat pensil juga diwarnai dengan cat
  4. Setelah cat kering, celupkan bola kapas ke dalam bubuk akrilik. Kemudian, usapkan bola kapas tersebut ke beberapa bagian tempat pensil untuk memberikan efek gradasi warna emas
  5. Untuk sentuhan terakhir, buat ornamen bunga dan daun menggunakan kertas krep yang tersedia. Silahkan simak artikel ini untuk tutorial lengkap cara membuat bunganya.
  6. Tempelkan ornamen tersebut di luar tempat pensil

Cara membuat tempat pensil dari stik es krim ternyata cukup mudah, bukan? Anda bisa mengisi waktu luang sembari membuat prakarya ini. Sekedar informasi, stik es krim dapat diperoleh dengan mudah di toserba atau toko yang menjual bahan-bahan membuat kue. Selain itu, harga 1 pak stik es krim cukup murah.

cara membuat kotak pensil dari stik es krim

Jika Anda suka mengkonsumsi es krim, maka Anda juga dapat mengumpulkan stik es krim bekas tersebut untuk dijadikan tempat pensil di atas. Dengan begitu, Anda sudah menjaga lingkungan dengan mengurangi limbah sampah rumah tangga.

Ide membuat tempat pensil dari stik es krim ini tentu lebih ekonomis dibandingkan Anda membeli tempat pensil yang sudah jadi. Selain dapat digunakan sendiri, tempat pensil tersebut juga dapat dijadikan hadiah untuk orang tercinta.

Nah, apakah Anda memiliki kreasi lainnya untuk membuat tempat pensil dari stik es krim yang unik dan menarik? Yuk, bagikan cara membuat tempat pensil dari stik es krim berdasarkan kreasi Anda pada kolom komentar di bawah ini!

Artikel Menarik Lainnya:
Referensi dan sumber gambar: