advertisement
advertisement

Selain pempek, salah satu makanan lain yang terkenal dari palembang adalah tekwan. Makanan berkuah ini sangat menggugah selera karena selain aromanya yang khas, rasanya pun sangat memanjakan lidah. Tekwan sebenarnya dapat ditemukan di restoran khas Palembang. Namun jika tidak ada, Anda dapat mencoba cara membuat tekwan Palembang yang akan diulas oleh bacaterus.com berikut ini.

Apa itu Tekwan?

Tekwan adalah sebuah makanan yang dibuat dari bahan dasar berupa tepung taipoka (sagu) dan dicampurkan dengan kerokan ikan tenggiri, kemudian disajikan dengan kuah udang spesial. Walaupun makanan yang satu ini sudah menyebar ke berbagai daerah yang ada di nusantara; namun mungkin Anda jarang menemukannya kecuali jika Anda berkunjung langsung ke daerah Palembang.

advertisement
advertisement

Tekwan ini termasuk ke dalam makanan berat. Oleh karena itu, makanan yang satu ini dapat ditemukan di beberapa acara seperti di acara syukuran, ulang tahun, pengajian, meeting, arisan, reuni, ataupun acar besar lainnya.

Saat ini banyak tekwan yang dibuat dengan bahan dasar udang, namun tekwan khas Palembang tetap harus dibuat dengan bahan dasar ikan tenggiri. Selain itu, penggunaan tepung sagu juga menjadi ciri khasnya karena akan membuat teksturnya menjadi empuk dan kenyal.

Menguak Sejarah Penamaan Tekwan

Tekwan merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Palembang. Makanan yang masih bersaudara dengan Pempek tersebut ternyata memiliki sejarah penamaan yang cukup unik dan menarik. Setidaknya ada dua asal-usul penamaan dari tekwan, yaitu “Bekotek Samo Kawan” dan “Take One”.

Bekotek Samo Kawan berasal dari bahasa Palembang sendiri yang artinya ngobrol-ngobrol atau berbincang-bincang bersama teman. Filosofinya, biasanya orang-orang menyantap makanan yang satu ini sambil ngobrol santai dengan teman-temannya sehingga dinamailah Bekotek Samo Kawan.

Penamaan tekwan juga diyakini berasal dari Bahasa Inggris “Take One” yang artinya ambil satu. Filosofinya, makanan ini memang disantap dengan mengambilnya satu-persatu atau per butir yang kemudian akan dilengkapi dengan kuah udang yang sangat istimewa sehingga dapat menggoda lidah Anda untuk selalu menikmatinya.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Tekwan

cara membuat tekwan Palembang

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk cara membuat Tekwan Palembang initerdiri dari ikan tengiri 1 kg, tepung kanji 500 gram, dan telur dua butir. Kemudian, sediakan pula bumbu-bumbu berupa bawang putih yang telah haluskan sebanyak lima siung, lada bubuk sebanyak dua sendok teh, garam dua sendok teh serta penyedap secukupnya.

Untuk bahan kuahnya, Anda harus menyiapkan udang kupas yang sudah dicincang dua ratus lima puluh gram, ubi sebanyak seratus gram, dan sedap malam lima puluh gram. Tambahkan juga lima siung bawang putih, satu sendok makan irisan seledri, dua buah bengkuang yang diiris seperti korek api, dan satu sendok teh lada bubuk.

Cara Membuat Tekwan Palembang

Pertama-tama, Anda harus memisahkan daging ikan dari tulangnya kemudian haluskan dengan garpu. Setelah halus, campurkan bersama tepung kanji, lalu tambahkan bawang putih, lada, telur, serta garam sampai benar-benar merata.

Buatlah adonan berbentuk bulat atau lonjong. Supaya hasil adonan bagus langsung saja adonan dimasukkan ke dalam air mendidih. Jika adonan tersebut telah mengapung, maka angkat dan tiriskan.

Untuk membuat kuahnya, Anda harus menyiapkan 2 liter air yang bisa ditambahkan dari sisa pembuatan adonan tadi. Siapkan ubi, udang dan campurkan dengan bawang putih serta bumbu penyedap. Setelah diaduk sampai berubah warna, jangan lupa untuk menambahkan sedap malam, seledri, bengkuang serta lada; lalu masaklah hingga matang.

advertisement
advertisement

Masukan Tekwan ke dalamnya dan hidangkan panas-panas. Anda dapat menambahkan pelengkap lainnya seperti bawang goreng agar rasanya semakin gurih. Jika suka dengan rasa pedas, maka masukanlah sambal secukupnya agar Anda bisa mandi keringat dengan kuahnya yang panas tersebut.

Manfaat Mengkonsumsi Tekwan

Tekwan memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi karena dalam pembuatannya melibatkan ikan tenggiri yang telah terbukti memiliki kaya kandungan seperti protein, selenium, asam lemak omega 3, zat besi, yodium, dan seng.

Kandungan gizi yang kaya tersebut membuat Tekwan sangat bermanfaat untuk menurunkan penyakit darah tinggi, mencegah timbulnya kanker, mencegah penyakit jantung, menutrisi sel-sel otak, mencegah anemia, mencegah penyakit gondok, dan sebagai antioksidan terhadap bahaya radikal bebas.

Maka dari itu, jangan lupa jika sedang berkunjung ke Palembang untuk menyantap makanan yang satu ini. Jika tidak sempat ke Palembang, maka Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah cara membuat tekwan palembang yang diulas di atas. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: