advertisements

Bagi Anda orang Bandung, tentunya sudah tidak asing lagi dengan kuliner satu ini karena seblak merupakan sajian kuliner khas Indonesia yang berasal dari Bandung. Kemunculan seblak Bandung diperkirakan sudah sejak jaman penjajahan dahulu.

Seblak sendiri terdiri dari dua macam yakni seblak kering dan seblak basah. Seblak kering memiliki bentuk seperti kerupuk pada umumnya, namun dilumuri dengan bumbu khas seblak. Bumbu tersebut terdiri dari kencur, bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit.

advertisements

Sementara itu seblak basah menggunakan kerupuk yang direndam di dalam kuah panas sehingga menjadi layu. Kuahnya tersebut menggunakan campuran bumbu yang sama seperti bumbu untuk membuat seblak kering.

Sekilas seblak basah terlihat seperti krupuk yang sudah terkena rendaman air dan memiliki penampilan kurang menarik. Akan tetapi jangan salah, cobalah untuk mencicipi rasanya pasti Anda akan ketagihan.

Pada dasarnya bahan utama yang digunakan untuk membuat seblak adalah kerupuk. Namun saat ini sudah muncul berbagai macam variasi baru dari seblak seperti seblak makaroni, seblak telur, seblak tulang, seblak mie, seblak ceker, seblak kuah, seblak kerupuk udang, dan lainnya.

cara membuat seblak basah kuah

Cara penyajian dari berbagai macam seblak tersebut juga sangat bervariasi. Ada yang menyajikan masing-masing menu tersebut secara terpisah, namun ada juga yang menggabungkannya. Semua variasi tersebut akan memberikan keanekaragaman rasa pada lidah Anda.

Di tempat asalnya sana, menu kuliner seblak ini banyak dihidangkan di warung-warung makan, mulai dari warung makan yang kecil hingga warung makan yang besar. Pada pedagang kaki lima juga banyak menjual makanan ini dengan aneka variasi rasanya.

Namun Anda tidak perlu berkunjung ke Bandung hanya untuk mencicipi kuliner satu ini, karena sebenarnya cara membuat seblak basah khas Bandung itu sangatlah mudah sekali. Nah bagi Anda yang ingin menyajikan kuliner khas Bandung ini kepada keluarga tercinta, silahkan simak dan coba panduan resep seblak basah berikut ini.

Bahan-Bahan Seblak Basah

resep seblak basah kerupuk bandung

Sebelum kita membuat resep seblak basah ini, pertama-tama mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Dalam resep kali ini kita akan membuat seblak tradisional dengan bahan utama kerupuk. Anda dapat mengganti bahan tersebut dengan yang lain sesuai dengan selera Anda. Berikut adalah bahan-bahan utamanya:

  • Air menyesuaikan kebutuhan
  • Minyak untuk menumis secukupnya
  • Kerupuk sebanyak 2 ons (sumber sari atau merek lain)

Bahan bumbu halusan seblak:

  • Garam dan penyedap seperlunya saja
  • Kencur cukup dengan ½ ruas jari
  • Bawang putih sebanyak 2 siung
  • Cabe rawit sebanyak 6 buah atau sesuai dengan keinginan
  • Bawang merah sekitar 2 butir saja

Cara Membuat Seblak Basah

Apabila bahannya sudah siap, sekarang mari kita mengolahnya. Langkah pertama, siapkan sebuah panci rebus dan isi dengan air secukupnya saja. Kemudian panaskan air tersebut hingga mendidih dan masukan kerupuk ke dalamnya. Masak sampai kerupuk tersebut menjadi lembek atau lemas. Angkat dan tiriskan. Sisihkan terlebih dahulu.

advertisements

Kita sekarang akan menumis bumbu halusan. Siapkan terlebih dahulu wajan dengan minyak secukupnya saja. Kemudian masukan semua bumbu yang telah kita haluskan seperti garam, bawang putih, bawang merah, kencur, cabe rawit, dan juga penyedap rasa.

Tumislah bumbu-bumbu halusan tersebut dengan menggunakan api kecil hingga mengeluarkan aroma wangi atau harum. Aroma harum tersebut menandakan bahwa bumbu sudah matang dan siap digunakan untuk proses berikutnya.

Selanjutnya ambil kerupuk yang telah kite rebus tadi, lalu masukan ke dalam bumbu tumisan tersebut. Aduk-aduk agar tercampur secara merata dengan bumbunya dan masak lagi sampai benar-benar matang secara keseluruhan.

Apabila sudah matang, silahkan cicipi sebanyak satu sendok makan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bumbu sudah pas. Jika sudah pas, kini seblak siap untuk disajikan. Tuang seblak tersebut kedalam sebuah mangkuk dan sajikan selagi masih hangat-hangatnya.

Bagaimana sobat, mudah sekali bukan? maka dari itu, bagi Anda yang mencari cemilan enak maka resep seblak khas Bandung di atas bisa Anda coba masak sendiri di rumah. Jangan lupa nikmati seblak bersama dengan seluruh anggota keluarga tercinta agar semakin pas suasananya.

Karena seblak yang kita buat memiliki rasa yang sangat pedas, maka kita juga harus mempersiapkan minuman dingin sebagai penawarnya. Salah satu minuman yang cocok menemani seblak ini adalah es teler yang bisa Anda buat sendiri dengan mengikuti resepnya di artikel ini.

Selain membuat sendiri di rumah itu hemat, kita juga bisa menentukan bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalamnya. Sehingga hal tersebut tidak akan membuat bahan berbahaya masuk kedalam tubuh kita, terutama bahan kimia berbahaya.

Resep di atas hanyalah contoh sederhana yang menggunakan kerupuk sebagai bahan utamanya. Anda bisa mengganti atau menambah bahan lainnya seperti mie, makaroni, telur, ceker, sawi, jamur, atau bakso agar rasanya menjadi lebih nikmat lagi.

Itulah sekilas informasi seputar cara membuat seblak basah khas Bandung. Semoga informasi di atas bisa menjadi sumber referensi bermanfaat bagi Anda semua, khususnya bagi Anda yang memang sedang mencari informasi resep tersebut. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: