advertisements

Scrapbook merupakan salah bentuk kreativitas yang banyak dibuat oleh remaja saat ini. Scrapbook dapat dijadikan sebagai wadah untuk menyimpan berbagai memori indah di dalam hidup kita, seperti kenangan bersama keluarga, teman, kekasih, dan orang-orang tercinta lainnya.

Di dalam sebuah scrapbook kita dapat menyimpan foto, tiket bioskop, pamflet, dan berbagai benda lainnya yang menyimpan sejuta kenangan. Scrapbook tersebut kemudian dapat kita simpan sendiri atau kita berikan kepada orang lain sebagai hadiah ulang tahun, anniversary, dan lainnya.

advertisements

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membuat scrapbook tersebut, kali ini bacaterus.com akan mengulas langkah-langkah lengkap cara membuat scrapbook sendiri. Yuk langsung saja kita simak cara pembuatannya.

Bahan-Bahan Scrapbook

Sebelum memulai langkah pembuatan scrapbook, pertama-tama mari kita persiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Berbagai bahan pembuatannya ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko buku atau peralatan tulis terdekat. Berikut adalah bahan-bahannya:

  • Kertas scrapbook
  • Kertas warna-warni
  • Gunting
  • Lem kertas
  • Spidol, crayon, atau pensil warna
  • Album scrapbook
  • Pernak-pernik seperti pita, kancing, dan lainnya

Cara Membuat Scrapbook Sendiri

Jika semua bahannya sudah terkumpul, sekarang siapkan juga materi yang akan menjadi isi dari scrapbook tersebut seperti foto, tiket, dan lainnya. Pastikan semuanya berbentuk pipih agar scrapbook dapat ditutup dengan baik. Jika sudah siap, mari ikuti langkah-langkah cara membuat scrapbook sendiri berikut ini:

  1. Tentukan tema

Sebelum menyusun scrapbook, pertama-tama Anda harus menentukan terlebih dahulu tema dari scrapbook yang ingin Anda buat. Dengan memilih tema yang tepat maka Anda dapat dengan mudah menentukan foto, layout, serta hiasan untuk scrapbook yang akan Anda buat tersebut.

cara membuat scrapbook sendiri

Sebagai contoh jika Anda ingin membuat scrapbook untuk ulang tahun teman Anda, maka Anda dapat memasukan foto-foto ketika berdua dengannya ke dalam scrapbook tersebut. Anda juga dapat memilih warna dan berbagai hiasan yang disukai oleh teman Anda tersebut.

Jika Anda tidak memiliki tema khusus dan hanya ingin membuat scrapbook untuk pribadi, maka Anda dapat memasukan apa saja ke dalamnya yang dirasa penting. Jika di kemudian hari Anda ingin membuat scrapbook lain dengan tema berbeda, maka Anda dapat mengambil beberapa halaman dari scrapbook tersebut yang cocok dengan temanya.

  1. Tentukan ceritanya

Setelah menentukan temanya, sekarang tentukanlah cerita dari scrapbook tersebut. Meskipun dapat dibuat tanpa alur, namun scrapbook dengan alur cerita yang baik akan membuatnya seperti sebuah mesin waktu yang mengingatkan kita akan momen-momen penting dalam hidup kita.

Sebagai contoh jika Anda ingin membuat scrapbook untuk teman masa kecil Anda, maka Anda dapat membuatnya berdasarkan rincian waktu. Di halaman awal tempelkanlah foto ketika kalian masih duduk di bangku sekolah dasar. Kemudian lanjutkan dengan kenangan semasa SMP, SMA, dan seterusnya hingga selesai.

  1. Pilih item yang sesuai

Selanjutnya mulailah untuk memilih foto, tiket, memo, dan berbagai macam item lainnya yang berkaitan dengan tema dan cerita dari scrapbook yang akan Anda buat. Pilihlah momen yang benar-benar berkesan agar srapbook yang Anda buat menjadi istimewa.

  1. Buat layout dan hiasan dasar
advertisements

Sekarang mari kita mulai proses penyusunannya. Pertama-tama silahkan buat hiasan dasar terlebih dahulu pada setiap kertas scrapbook yang ingin digunakan. Hiasan dasar yang bisa Anda buat di antaranya adalah gambar background, ornamen, dan lainnya.

Untuk tema tertentu Anda dapat membuat setiap halamannya memiliki hiasan dasar yang serupa atau berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Akan tetapi Anda juga dapat membuat setiap halamannya berbeda dari yang lainnya.

Sambil membuat hiasan dasar ini Anda juga dapat menentukan bagaimana layout dari scrapbook yang Anda inginkan. Tentukanlah posisi yang ingin Anda gunakan untuk menaruh judul, foto, komentar, dan item lainnya. Dengan begitu, hiasan dasar yang Anda buat akan selaras dengan isi dari scrapbook-nya.

  1. Gunting dan tempelkan fotonya

Jika semua halaman sudah diberikan hiasan dasar, sekarang mari kita mulai menempelkan foto-fotonya. Anda dapat menempelkan foto secara langsung di atas kertas scrapbook tersebut dengan menggunakan lem kertas yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

foto scrapbook

Jika ada foto yang ukurannya terlalu besar, Anda juga dapat memotongnya agar sesuai dengan ukuran scrapbook. Memotongnya juga tidak harus berbentuk persegi karena bisa divariasikan sesuai dengan keinginan seperti bulat, abstrak, dan sebagainya.

Selain ditempelkan secara langsung, Anda juga dapat menjadikan kertas warna-warni sebagai alas dari foto tersebut. Dengan begitu foto tersebut seakan memiliki frame atau pigura. Silahkan lakukan hal yang sama untuk item-item lainnya.

  1. Beri Judul

judul scrapbook

Setelah fotonya ditempelkan, sekarang saatnya memberi judul pada halaman scrapbook tersebut. Pemberian judul ini dapat dilakukan secara langsung dengan menuliskannya menggunakan spidol, crayon, ataupun pensil warna.

Agar lebih bervariasi, Anda dapat membuat judulnya dengan menggunakan potongan dari kertas warna, solasi, ataupun bahan lainnya. Jika Anda ingin membuat tulisannya dengan font tertentu, maka Anda bisa membuatnya dengan komputer kemudian mencetaknya dengan menggunakan printer.

  1. Beri komentar

komentar scrapbook

Setelah memberikan judul, sering tambahkanlah komentar atau cerita pada setiap foto dan juga item lainnya yang ada di dalam scrapbook tersebut. Komentar dan cerita ini sangatlah penting karena akan membuat berbagai item yang ada di dalamnya menjadi lebih hidup.

Komentar dan cerita yang Anda tuliskan bisa beraneka macam jenisnya, mulai dari nama, tanggal, lirik lagu, quote, pengalaman lucu, dan lainnya. Semuanya dapat Anda tulis langsung dengan tangan ataupun dengan menggunakan komputer.

  1. Tambahkan hiasan

hiasan scrapbook

Setelah semuanya selesai, kini saatnya kita menghias scrapbook tersebut dengan berbagai aksesoris yang telah dipersiapkan sebelumnya. Beberapa aksesoris yang bisa digunakan si antaranya adalah pita, kancing, pernak-pernik, benang, dan lainnya.

Tempelkanlah berbagai aksesori tersebut di berbagai tempat agar membuat scrapbook yang Anda buat semakin meriah. Namun ingat, aksesoris tersebut hanyalah item tambahan sehingga jangan sampai mengurangi makna dari item utamanya.

  1. Masukan ke dalam album

Setelah semua halaman scrapbook tersebut selesai disusun, kini saatnya Anda memasukan semuanya ke dalam album scrapbook. Setelah selesai, album scrapbook tersebut kini siap disimpan ataupun diberikan sebagai hadiah.

Nah itulah langkah-langkah cara membuat scrapbook sendiri yang dapat Anda coba di rumah. Selain untuk mengasah kreativitas, scrapbook ini dapat Anda jadikan sebagai buku memori yang menyimpan berbagai kenangan indah di dalam hidup Anda. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: