advertisement
advertisement

Pernahkah Anda mencicipi rengginang? Jajanan tradisional Indonesia yang satu ini memiliki rasa gurih dan renyah. Orang-orang Jawa menyebut jajanan ini sebagai krupuk rengginang. Rasa gurih dan renyah berpadu secara sempurna, sehingga menghasilkan rasa nikmat yang tiada duanya.

Rengginang sudah ada sejak jaman dahulu kala, orang-orang jaman dahulu mengonsumsi rengginang sebagai teman makan. Namun saat ini rengginang lebih banyak dimakan sebagai camilan, terutama dengan makanan tradisional lainnya seperti opak.

advertisement
advertisement

Seiring dengan perkembangan jaman, di era modern seperti sekarang ini untuk menemukan rengginang sudah sangat sulit, terutama di daerah-daerah perkotaan. Biasanya rengginang hanya bisa ditemukan di acara hajatan seperti sunatan, pernikahan, dan sejenisnya.

Berkurangnya minat masyarakat terhadap kerupuk rengginang terjadi karena jajanan tradisional satu ini tersisihkan oleh datangnya jajanan khas luar negeri. Padahal sebenarnya, jika kita tahu cara membuat rengginang, rasa makanan satu ini bisa mengalahkan jajanan khas luar negeri yang lezat-lezat itu.

Sekilas Mengenai Rengginang

Rengginang merupakan makanan dalam jenis kerupuk yang terbuat dari nasi atau beras ketan. Sebelum digoreng, bahan tersebut dijemur dahulu di bawah sinar matahari sampai mengeras, lalu digoreng dengan menggunakan minyak panas sampai merekah sempurna.

cara membuat rengginang terasi

Rengginang berbeda dengan kerupuk pada umumnya, kerupuk ini tidak terbuat dari tepung tapioka ataupun halusan melinjo. Rengginang dibuat dengan menggunakan nasi secara utuh, sehingga ketika digoreng nasi-nasi tersebut nampak utuh dan membesar.

Seringkali makanan ini dibuat dengan menggunakan nasi yang sudah hampir basi. Nasi tersebut biasanya adalah nasi sisa kemarin yang tidak sempat dimakan. Jadi sebelum membusuk, nasi tersebut diolah menjadi rengginang agar bisa dimakan kembali.

Di Jawa Tengah, jajanan satu ini dikenal pula dengan intip. Kerupuk tersebut digoreng dengan menggunakan bahan dari kerak sisa menanak nasi pada bagian dasar dandang. Perbedaan antara intip dan rengginang hanya terdapat pada bagian ukuran, dimana ukuran rengginang jauh lebih kecil dari intip.

resep rengginang nasi ketan

Dalam proses pembuatannya, rengginang biasanya digoreng tanpa menggunakan bumbu masakan apapun. Menariknya, meskipun tidak menggunakan tambahan bumbu, rengginang tetap memiliki rasa gurih dan lezat.

Namun seiring dengan perkembangan jaman, sekarang ini rengginang sudah dimasak dengan menambahkan berbagai macam bumbu nikmat, mulai dari rengginang rasa udang, terasi, kerang lorjuk, dan masih banyak lagi.

Bahan pembuatannya juga sudah tidak terpaku pada nasi dan beras ketan putih lagi, karena saat ini ada juga yang membuatnya dari beras ketan hitam dan singkong. Jika dikembangkan dengan baik, bukan tidak mungkin rengginang bisa kembali populer seperti beberapa dekade yang lalu.

Bahan-Bahan Rengginang

advertisement
advertisement

Nah bagi Anda yang belum pernah mencicipi jajanan tradisional satu ini, kebetulan pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan membagikan cara membuat rengginang nikmat, gurih, renyah, dan yang pasti khas Jawa banget. Namun sebelum itu, silahkan persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Adapun bahan yang Anda perlukan antara lain:

  • Beras ketan sebanyak 250 gram, cuci bersih dan rendam beras ketan dalam air selama 1 jam
  • Garam cukup sekiranya 1 sendok teh
  • Gula pasir sekitar 1 sendok teh
  • Air sebanyak 100 ml

Bahan bumbu yang dihaluskan: 

  • Bawang putih sebanyak 2 siung
  • Terasi bakar cukup dengan 1 sendok teh

Cara Membuat Rengginang

Setelah semua bahan yang dibutuhkan terkumpul, sekarang kita dapat mulai membuat rengginang tersebut. Langkah pertama kukus terlebih dahulu beras ketan selama kurang lebih 15 menitan, atau sampai setengah matang. Setelah selesai, sisihkan.

Dalam wadah yang berbeda, campurkan semua bumbu yang telah Anda haluskan tadi mulai dari garam, gula pasir, dan air, lalu aduk-aduk sampai semua bumbu tercampur secara merata. Jika sudah diaduk, rebus campuran tadi sampai mendidih secara sempurna.

Sekarang masukan ketan ke dalam rebusan tadi. Aduk-aduk sampai semua bumbu tercampur merata ke beras ketannya. Setelah itu, masak ketan tersebut sampai bumbu menyusut dan meresap ke dalamnya.

Siapkan sebuah papan datar, lalu ambil sedikit ketan tersebut dan bentuk sesuai dengan selera masing-masing. Anda bisa membentuk bulat, kotak, bintang, ataupun bentuk lainnya. Bentuk umum dari rengginang sendiri adalah bulat/bundar dengan tepian yang diangkat ke atas.

Tata rengginang tersebut di atas papan sampai rapi, kemudian jemur di bawah sinar matahari sampai mengering. Jika matahari terik, Anda bisa menjemurnya setengah hari saja. Tetapi jika sinar matahari kurang, jemur rengginang tersebut selama 1 hari penuh. Hal ini bertujuan agar rengginang kering dan renyah ketika digoreng nantinya.

Apabila sudah kering, siapkan wajan penggorengan dengan minyak seperlunya. Dalam hal ini usahakan minyak yang Anda gunakan lebih banyak. Sebab jika terlalu sedikit nanti rengginang tidak bisa matang secara sempurna. Panaskan minyak terlebih dahulu.

Setelah cukup panas, kini masukan rengginang tersebut ke dalamnya, lalu gorenglah sampai mekar dan matang secara sempurna. Lebih baik ketika menggoreng gunakanlah api kecil sampai sedang saja, agar bisa matang secara merata.

Setelah semuanya matang, diamkan sejenak rengginang tersebut di atas kertas/tisu agar semua minyak pada rengginang bisa terserap sempurna. Jika sudah, silahkan sajikan dan nikmati rengginang yang renyah dan nikmat tersebut.

Jika Anda ingin menyimpannya dalam waktu yang lama, silahkan simpan rengginang tadi dalam sebuah toples kedap udara. Hal ini bertujuan agar rengginang tersebut tetap renyah ketika disajikan dan tidak menjadi a lot.

Jajanan tradisional rengginang ini sangat cocok untuk segala macam acara. Mulai dari hanya sekedar bersantai saja, arisan keluarga, hajatan, kondangan, dan suguhan tamu. Agar rasanya lebih nikmat dan khas, Anda pun bisa menambahkan bumbu lain seperti halusan cabai rawit agar pedas, udang yang gurih, dan masih banyak lagi silahkan berkreasi sendiri.

Bagaimana, praktis dan mudah bukan? oleh sebab itu tunggu apalagi segera coba terapkan resep rengginang di atas sekarang juga. Tanpa keahlian memasak pun Anda bisa membuatnya dengan mudah. Mengingat semua bumbu yang diperlukan dan cara memasak sudah kami sampaikan di atas secara lebih mendetail.

Sekian informasi singkat seputar resep dan cara membuat rengginang yang dapat kami sampaikan. Terus ikuti upadate informasi seputar resep masakan yang akan kami bagikan di kesempatan mendatang. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi masakan bagi Anda.

Artikel Menarik Lainnya: