advertisements

Pesawat terbang dari kertas merupakan mainan yang sangat digemari oleh anak-anak. Selain bahannya murah, cara membuatnya juga sangat mudah karena kita hanya perlu melipat-lipat kertas tersebut. Nah kali ini bacaterus.com akan mengulas beberapa cara membuat pesawat dari kertas lipat tersebut.

Pesawat terbang kertas yang akan dibuat di sini terdiri dari berbagai macam, mulai dari yang bentuknya sederhana hingga yang bentuknya unik. Berikut adalah langkah-langkah cara pembuatannya seperti dikutip dari ncgraphicarts.com.

The Eagle

advertisements

Pesawat kertas ini adalah yang paling sering ditemukan dan paling mudah untuk dibuat. Pertama-tama, ambillah kertas berukuran 8 x 11 inci atau kertas dari buku tulis biasa yang ukurannya lonjong. Setelah itu, lipatlah menjadi dua bagian, buka kembali, lalu bentuklah segitiga di atasnya.

Lipat segitiga tersebut ke arah bawah, lalu buat kembali dua lipatan setengah segitiga di atasnya. Sekarang kunci kedua lipatan tersebut dengan segitiga kecil yang ada di bagian bawah. Lipatlah ke arah atas untuk membentuk sebuah sayap.

Setelah jadi terbangkanlah pesawat kertas tersebut dengan memberikan dorongan ke arah depan. Jika pergerakannya kurang mulus, cobalah untuk memberikan lipatan kecil di kedua sayapnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan gambar di bawah ini:

Cara membuat pesawat dari kertas the eagle

High Glider

Pesawat kertas yang selanjutnya dinamakan high glider. Pesawat ini memiliki kestabilan yang sangat baik sehingga dapat terbang hingga 10 detik di udara. Cara membuatnya juga tidak jauh berbeda dengan pesawat kertas yang pertama, hanya saja terdapat modifikasi di bagian hidung pesawat.

Untuk membuatnya, gunakanlah kertas berukuran 8 x 11 inci atau kertas biasa yang bentuknya lonjong. Lipat kertas tersebut menjadi dua bagian, buka kembali, lalu buat menjadi bentuk segitiga seperti ketika membuat pesawat yang pertama.

Setelah itu lipat kembali bagian atasnya ke arah bawah sehingga menjadi berbentuk segitiga terbalik. Selanjutnya lipat kedua sisinya untuk membentuk sayapnya. Sama seperti pesawat kertas yang pertama, Anda bisa menekuk kedua sisi sayapnya jika pesawat ini kurang stabil ketika diterbangkan. Silahkan ikuti gambar ini untuk lebih jelasnya:

high glider

Flying Wing

Flying Wing merupakan pesawat kertas yang sederhana. Cara membuat pesawat dari kertas ini sangatlah simpel. Sayangnya, pesawat ini kurang cocok untuk diterbangkan dalam waktu yang lama. Namun setidaknya gerakan terbangnya cukup baik jika diterbangkan di dalam ruangan.

flying wing

Cara membuatnya, persiapkan kertas berukuran 8 x 11 inci atau kertas lonjong yang biasa. Lipat kertas tersebut menjadi dua bagian, lalu lipat kembali sepertiga bagian atasnya ke arah bawah. Setelah itu, lipat kembali seperempat bagian atasnya ke arah bawah.

advertisements

Kini, lipatlah kedua sisinya lalu lekukan di bagian tengahnya sehingga membentuk dua buah sayap. Untuk menambah tingkat kestabilan ketika terbang, lipatlah sedikit ujung sayapnya ke arah atas. Setelah selesai, cobalah untuk menerbangkan pesawat kertas ini dengan memberikan sedikit dorongan di udara. Silahkan simak langkah-langkah lengkapnya dalam gambar di atas.

Upside Down Glider

Pesawat yang selanjutnya bernama Upside Down Glider yang cukup unik dibanding yang lainnya. Pasalnya, pesawat ini dapat terbang dengan gerakan ke atas ke bawah yang sangat unik. Cara membuatnya juga tidak terlalu rumit.

Pertama-tama, siapkan kertas berukuran berukuran 8 x 11 inci. Lipat kedua sisinya secara vertikal lalu buka kembali. Selanjutnya lipat sepertiga bagian atasnya ke arah bawah. pada lipatan tersebut, lipat kembali sepertiga bagian atasnya.

Setelah itu balikkan pesawat tersebut lalu bentuklah sayap seperti pesawat lainnya. lipat sayap tersebut sehingga lipatan di bagian belakangnya timbul kembali. Setelah jadi, cobalah terbangkan lalu lihat manuver unik yang dibuat oleh pesawat kertas ini. Silahkan ikuti tutorial pada gambar ini untuk lebih jelasnya:

upside down glider

Master Glider

Master Glider merupakan pesawat kertas terbaik yang dapat Anda buat. Untuk menciptakan kestabilan yang tinggi, diperlukan ketelitian ketika membuatnya. Anda juga membutuhkan gunting dan selotip ketika proses pembuatannya.

Untuk membuatnya pertama-tama siapkanlah kertas berukuran 8 x 11 inci. Setelah itu, guntinglah bagian bawahnya sebanyak 2 inci. Lipat kedua sisinya menjadi dua bagian lalu buka kembali. Selanjutnya, lipat bagian atas kertas tersebut sebanyak 1,5 inci lalu lipat kembali setengahnya ke arah bawah.

Langkah selanjutnya sama seperti ketika membuat pesawat kertas The Eagle, yaitu membuat sayap dengan melipat kedua sisi kertasnya. Namun karena tidak ada lipatan untuk mengunci sayapnya, tempelkanlah sebuah selotip di antara kedua sayap tersebut.

Lekukan sayapnya pada kemiringan sekitar 12 derajat. Berikan juga lipatan kecil pada kedua ujung sayapnya untuk memberikan kestabilan tambahan. Setelah selesai, terbangkanlah pesawat tersebut sedikit condong ke arah atas agar dapat terbang dengan baik. Silahkan ikuti langkah-langkah di gambar ini untuk lebih jelasnya:

master glider

Pesawat ini memiliki kestabilan yang sangat baik sehingga mampu terbang dalam jangka waktu yang lama. Bahkan pesawat terbang meskipun menabrak dinding ataupun pohon. Selain itu, pesawat ini juga dapat bertahan dari terjangan angin kecil hingga sedang.

Nah itulah beberapa cara membuat pesawat dari kertas lipat yang mudah untuk dicoba tanpa perlu modal yang banyak. Jika Anda ingin membuat berbagai kerajinan tangan dari kertas yang lainnya, silahkan ikuti tutorialnya di artikel ini. selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: