advertisements
advertisements

Kemiri merupakan salah satu tumbuhan yang bijinya banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Selain untuk bumbu masak dan obat tradisional, biji kemiri banyak dipakai sebagai bahan untuk membuat minyak kemiri. Cara membuat minyak kemiri juga cukup mudah karena bisa dilakukan dengan cara tradisional.

Kemiri sendiri dikenal dengan berbagai macam nama di Indonesia, seperti muncang di daerah Sunda, dèrèkan dan pidekan di Jawa, kembiri di Batak, dan masih banyak lagi. Nah sebelum membahas lebih jauh mengenai cara pembuatan minyak kemiri, mari kita ketahui terlebih dahulu beberapa manfaat dari minyak kemiri.

Manfaat Minyak Kemiri

advertisements
advertisements

Minyak kemiri memiliki manfaat yang sangat banyak untuk rambut kita. Dapat dibilang khasiat dari minyak kemiri ini tidak jauh berbeda dengan kosmetik kesehatan rambut yang banyak beredar di pasaran saat ini. Berikut beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dari minyak kemiri:

  1. Menghitamkan rambut

Manfaat utama yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan minyak kemiri adalah rambut yang hitam. Selain hitam, rambut Anda juga akan semakin berkilau sehingga tampil cantik dan elegan. Khasiat ini dapat dirasakan oleh berbagai jenis rambut, baik itu lurus, ikal, keriting, dan lainnya.

  1. Mencegah kerontokan

Jika Anda memiliki masalah rambut rontok dan mudah putus, maka minyak kemiri dapat menjadi solusinya. Kemiri memiliki kandungan protein dan juga mineral yang cukup tinggi sehingga dapat memperkuat akar rambut. Jika akar rambut sudah kuat, maka tidak akan terjadi lagi kerontokan yang berlebihan.

  1. Mempercepat pertumbuhan rambut

Banyaknya rambut yang rontok terkadang membuat rambut tampak tipis dan bahkan terdapat sedikit kebotakan di beberapa bagian kepala. Nah, minyak kemiri juga ternyata dapat mempercepat tumbuhnya rambut sehingga akan menutupi daerah yang botak karena kerontokan tersebut.

  1. Menjadikan rambut lebih tebal

Setelah masalah kerontokan hilang dan daerah yang botak akibat kerontokan tersebut telah tumbuh rambut kembali, maka efek selanjutnya yang akan Anda dapatkan adalah rambut yang lebih tebal. Selain tebal, rambut juga akan lebih kuat dan tidak mudah putus.

  1. Mencegah uban

Timbulnya uban merupakan hal yang lumrah bagi orang yang sudah berusia lanjut. Namun jika hal tersebut terjadi pada usia yang masih mudah maka tentu akan merusak penampilan. Maka dari itu, minyak kemiri juga berguna untuk menghitamkan rambut yang berubah serta mencegahnya datang kembali.

Cara Membuat Minyak Kemiri

cara membuat minyak kemiri

Setelah mengetahui berbagai manfaatnya, Anda menjadi lebih bersemangat untuk segera membuatnya bukan? Cara membuat minyak kemiri tidaklah sulit karena cukup dilakukan dengan proses tradisional. Selain itu, bahan pembuatannya juga sangat mudah didapat di warung-warung biasa. Mari simak langkah-langkahnya berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 250 gram biji kemiri atau sesuaikan dengan minyak yang ingin dihasilkan
  • Air putih

Proses pembuatan:

  • Haluskan biji kemiri

Pertama-tama cucilah biji kemiri tersebut hingga bersih kemudian haluskan namun jangan sampai terlalu halus. Anda dapat menghaluskannya dengan dua cara, yaitu ditumbuk secara langsung ataupun dengan menggunakan mesin blender. Jika Anda menumbuknya secara langsung, maka tumbuklah hingga agak halus dan mudah untuk disaring.

Sedangkan jika Anda menghaluskannya menggunakan blender, maka campurkanlah beberapa biji kemiri tersebut dengan air secukupnya. Ingat, jangan memblender biji kemiri tersebut hingga halus seperti cairan. Cukup blender hingga bertekstur kasar saja.

  • Saring santannya

Setelah mendapatkan kemiri halus hasil belender ataupun tumbukan, kini saatnya kita menyaringnya. Caranya, campurkanlah kemiri halus tersebut dengan air secukupnya kemudian peras hingga keluar santannya. Proses pemerasan ini sama dengan ketika kita memeras santan kelapa.

advertisements
advertisements

Jika kita menumbuk atau memblendernya terlalu halus, maka kita dapat memerasnya dengan menggunakan kain. Setelah diperas, saringlah santan tersebut agar tidak tercampur dengan santannya ketika dididihkan pada proses selanjutnya.

  • Didihkan hingga menjadi minyak

Setelah mendapatkan santan kemiri yang bersih, maka langkah selanjutnya adalah memasaknya. Masukanlah santan kemiri tersebut ke dalam wajan dan biarkan hingga mendidih. Selama proses ini, aduk-aduklah santan kemiri agar proses penguapannya berlajan sempurna.

Proses penguapan ini akan memakan waktu yang cukup lama sehingga Anda harus cukup bersabar untuk menunggunya. Terus aduk santan kemiri hingga airnya menguap dan menyisakan minyaknya saja. Minyak kemiri yang sudah jadi biasanya tampak dari kerak minyaknya yang berwarna coklat pekat.

  • Peras dan masukkan ke dalam botol

Setelah minyaknya jadi, diamkanlah hingga menjadi dingin. Setelah itu, ambil kerak tersebut dan peras minyaknya menggunakan kain hingga menjadi kering. Masukkan minyak kemiri hasil perasan tersebut ke dalam botol agar mudah digunakan untuk pemakaian sehari-hari.

Cara Membuat Minyak Kemiri ala Hawaii

Selain dengan cara di atas, Anda juga dapat membuat minyak kemiri dengan cara lainnya. Cara ini banyak digunakan oleh masyarakat Hawaii dan dianggap lebih praktis dibandingkan cara di atas. Untuk bahannya tetap sama yakni biji kemiri dan air putih. Berikut adalah langkah-langkahnya:

cara membuat minyak kemiri

Kemiri panggang

  • Sangrai biji kemiri atau panggang di dalam oven hingga matang lalu dinginkan.
  • Setelah dingin, tumbuk atau blender biji kemiri tersebut hingga halus seperti cara di atas.
  • Setelah halus, campurkan dengan air lalu peras menggunakan kain hingga minyaknya keluar.
  • Saring hasil perasan tersebut agar bersih kemudian masukkan minyaknya ke dalam botol.

Nah bagaimana, mudah bukan? Setelah minyak kemiri tersebut dimasukkan ke dalam botol, simpanlah di tempat yang sejuk atau di dalam lemari es agar dapat tahan lama. Sekarang mari kita bahas cara penggunaan minyak kemiri yang baik dan benar.

Cara Menggunakan Minyak Kemiri

cara membuat minyak kemiri

Minyak kemiri

Setelah berhasil membuat minyak kemiri, kini saatnya Anda menggunakannya untuk mendapatkan rambut yang cantik dan juga sehat. Agar mendapatkan khasiatnya secara maksimal, Anda bisa menggunakan minyak kemiri ini dengan tiga cara:

  • Oleskan setiap pagi sebagai minyak rambut.
  • Gunakan sebagai masker rambut 1 jam sebelum keramas. Pijatlah kulit kepala Anda agar minyaknya bisa meresap dengan baik.
  • Oleskan di malam hari sebelum tidur dan kemudian bersihkan dengan keramas di pagi harinya.

Setelah menggunakan minyak kemiri tersebut, maka kini Anda dapat melihat perkembangan rambut Anda yang semakin indah dan sehat setiap harinya. Jika Anda ingin rambut yang tumbuh dengan cepat, maka Anda juga dapat mengikuti tips mempercepat pertumbuhan rambut di sini.

Perawatan dengan minyak kemiri ini tentu jauh lebih murah dibandingkan dengan perawatan rambut di salon sehingga Anda dapat menghemat pengeluaran bulanan. Jika tidak mau repot membuatnya, maka Anda juga dapat membeli minyak kemiri yang banyak dijual di pasaran. Selamat mencoba cara membuat minyak kemiri ini dan jangan lupa baca terus tips trik kecantikan dari kami yang lainnya.

Artikel Menarik Lainnya: