advertisements

Wanita sering kali mengeluhkan biaya perawatan kulit yang mahal, namun ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk tetap melakukan perawatan kecantikan tanpa biaya yang mahal. Salah satunya adalah dengan cara membuat masker wajah alami sendiri di rumah.

Selain alami, langkah-langkah cara membuatnya pun cukup mudah. Berikut merupakan beberapa tips cara membuat masker wajah alami dengan bahan-bahan sederhana yang dihimpun dari berbagai sumber.

Masker Pepaya

advertisements

Selain baik untuk pencernaan, buah pepaya ternyata memiliki khasiat lain yang baik untuk kesehatan kulit. Dengan mengikuti tips sederhana ini, Anda dapat memanfaatkan buah pepaya sebagai masker alami wajah. Bahan-bahan yang diperlukan hanyalah potongan buah pepaya secukupnya.

Pertama-tama potong buah pepaya matang, kemudian buang bijinya dan simpan isi buah pepaya (bisa digunakan sebagai snack yang baik untuk pencernaan). Gunakan bagian dalam kulit pepaya, gosokan perlahan pada wajah yang telah dibersihkan.

Fokuskan gosokan pada daerah sekitar mata dan mulut, pelipis, leher, dan daerah kulit yang berkeriput. Masker ini dapat juga digosokan pada tangan. Biarkan kurang lebih 15-20 menit hingga mengering. Setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu.

Enzim dalam pepaya dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari, mengurangi tanda-tanda penuaan dan menghaluskan kulit. Oleh karena itu, masker pepaya ini dapat membantu mencerahkan kulit Anda secara alami.

Masker Oatmeal

pola makan sehat gandum

Oatmeal biasa kita konsumsi sebagai sarapan atau untuk makanan diet karena oatmeal mengandung serat yang baik sehingga kita tak mudah lapar. Kandungan serat tersebut juga baik untuk menurunkan kolesterol. Oatmeal ternyata juga dapat digunakan sebagai masker dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yaitu:

  • Oatmeal (secukupnya)
  • Olive Oil (1 sendok teh)
  • Madu (1 Sendok Teh)

Cara membuatnya cukup mudah. Campur 1 sendok teh madu dengan 1 sendok teh olive oil. Di tempat terpisah, siapkan satu bungkus oatmeal polos, masak oatmeal dengan menggunakan sedikit air hingga tektstur oatmeal seperti pasta. Campurkan madu dan olive oil ke dalam oatmeal yang telah dimasak.

Bubuhkan masker seperti scrub pada wajah, pijat perlahan dengan gerakan memutar. Hindari daerah mata. Bilas dengan air hangat kemudian keringkan. Masker ini dapat dilakukan dua kali seminggu. Oatmeal berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, sementara madu dan olive oil dapat menutrisi kulit.

Masker Yogurt

cara membuat masker wajah alami

Minuman ini memang rasanya asam tetapi jangan salah, yogurt sangat berkhasiat bagi kulit. Tapi Anda harus ingat, yogurt yang digunakan di sini haruslah yogurt yang tidak berasa alias polos. Hati-hati dalam memilih yogurt-nya ya Good Readers! Bahan-bahan yang digunakan dalam masker ini adalah:

  • Plain Yogurt (2 sendok teh)
  • Lemon (dibuat dari 1 buah lemon yang diperas atau dijus tanpa tambahan apapun)

Campurkan 2 sendok teh plain yogurt dan satu sendok teh jus lemon. Bubuhkan pada wajah dan leher. Biarkan selama 20-30 menit. Anda akan merasakan kulit Anda kencang. Jika ingin efek kencang lebih lama, biarkan selama 1 jam. Setelah itu bilas dengan air hangat yang dilanjutkan dengan bilasan air dingin.

Masker Alpukat

advertisements

Alpukat adalah buah yang sangat enak dibuat untuk makanan ataupun minuman. Alpukat bahkan biasa dibuat sambal oleh orang-orang di Amerika Latin sana. Tak diragukan lagi khasiat dan kegunaan buah Alpukat ini. Daging alpukat sangat lembut sehingga cocok untuk digunakan sebagai masker.

Ikuti langkah sederhana membuat masker ini dengan terlebih dahulu menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut:

  • Buah alpukat matang (1 buah)
  • Madu (2 sendok makan)

Pertama, tumbuk alpukat hingga sangat halus lalu campurkan dengan madu. Aduk rata. Setelah halus, bubuhkan pada wajah. Biarkan hingga dingin lalu bilas dengan handuk dingin. Masker ini dapat melembabkan wajah dan mencegah kulit kering.

Masker Telur

cara agar rambut cepat panjang telur

Telur tak hanya enak disantap untuk sarapan, telur bisa juga digunakan sebagai bagian dari perawatan kecantikan kulit. Bagaimana cara membuat masker telur ini?  Siapkan bahan-bahan dibawah ini:

  • Telur (2 butir)
  • Yogurt (2 sendok makan)

Pertama-tama pisahkan putih telur dari kuningnya. Campur putih telur dengan dua sendok makan yogurt. Bubuhkan masker pada wajah dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat lalu usap dengan handuk hangat secara perlahan. Anda akan merasakan sensasi berbeda setelah menggunakan masker ini!

Masker Pisang

masker pisang

Pisang merupakan buah yang sangat populer pada berbagai kalangan. Hal itu karena pisang sangat mudah dicari dan harganya relatif murah. Buah pisang ini tak hanya mengenyangkan loh! Pisang ternyata dapat digunakan sebagai bahan utama masker wajah. Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, yaitu:

  • Pisang matang (1 buah)
  • Madu (2 sendok makan)
  • Jeruk atau Lemon (1 buah)

Cara membuatnya adalah, ambil pisang dan tumbuk hingga halus. Setelah halus, campurkan pisang dengan 2 sendok makan madu. Untuk hasil terbaik, Anda bisa menggunakan blender untuk mencampur pisang dan madu. Tambahkan beberapa tetes air perasan jeruk atau lemon.

Aplikasikan pada wajah dan diamkan sekitar 15 menit. Setelah itu, gunakan handuk hangat untuk membersihkan wajah. Bilas dengan air dingin setelahnya. Masker ini dapat membantu melembabkan kulit sehingga tidak kering dan juga mencegah terjadinya jerawat.

Nah, bagaimana Good Readers? Masker-masker di atas sangat mudah dibuat bukan? Anda bisa langsung mencobanya di rumah. Walaupun dengan biaya yang sangat minim, Anda tetap bisa merawat kulit Anda agar selalu cantik dan sehat. Jika Anda sudah mencoba cara membuat masker wajah alami di atas, jangan lupa untuk share pengalaman di kolom komentar kami ya Good Readers! Have a beautiful day!

Artikel Menarik Lainnya: