advertisements

Di terik udara siang hari, salah satu makanan yang paling banyak diburu adalah manisan mangga. Dengan tekstur yang kenyal serta rasanya yang asam kecut campur manis, olahan manisan mangga muda memang sangat menggoda selera. Cara membuat manisan mangga muda sangatlah mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Selayang Pandang tentang Mangga

Sebelum mengulas cara membuat manisan mangga muda yang segar dan menyehatkan, mari kita bahas terlebih dahulu karakteristik dari buah mangga. Tahukah Anda bahwa mangga merupakan buah yang berasal dari negara India yang dikenal dengan sebutan nama ilmiahnya yaitu Mangifera indica.

advertisements

Di indonesia sendiri, mangga dapat tumbuh di beberapa daerah serta telah tersebar di seluruh nusantara. Karena persebarannya ke beberapa daerah, membuat penamaan mangga pun dikenal dengan sebutan yang beragam seperti pelem, mempelam, dan poh. Apa sebutan mangga di daerah Anda?

Di samping itu, mangga kini telah mengalami beragam variasi yang umumnya sering kita temukan, di antaranya adalah Mangga Arumanis, Gedong, Golek, dan Manalagi. Walaupun mirip, semuanya itu mempunyai karakteristik masing-masing yang dipandang unik.

Mangga yang sudah matang dapat dimakan secara langsung, dibuat salad, puding buah, ataupun jus. Sementara itu, ketika Anda mempunyai mangga yang masih muda atau mangga mengkal, maka Anda juga dapat memanfaatkan buah mangga mengkal tersebut untuk olahan cemilan yang mengasyikan seperti rujak petis dan manisan.

Nah maka dari itu pada artikel kali ini bacaterus.com akan memberikan langkah-langkah cara membuat manisan dari mangga yang enak dan juga bermanfaat. Manisan mangga muda ini juga sangat sederhana dan dapat Anda coba sendiri di rumah.

Cara Membuat Manisan Mangga Muda

cara membuat manisan mangga muda

Pertama-tama, Anda harus mempersiapkan bahan-bahan dan bumbu-bumbu yang diperlukan. Bahan pokok yang harus tersedia adalah buah mangga muda yang banyaknya kira-kira satu kilogram. Setelah itu, cuci dan kupas buah mangga, kemudian belah dan potong-potong secara memanjang atau Anda dapat berkreasi sendiri dengan kreasi potongan mangga yang unik dan menarik.

Setelah itu, sediakan pula bahan untuk sirup pertama, 1.000 ml air, gula pasir sebanyak 250 gram, dan satu sendok makan garam. Selanjutnya, sediakan bahan-bahan sirup kedua yang meliputi 500 ml air, dan 250 gram gula pasir.

Bagaimana cara pengolahan manisan mangga tersebut? Mangga yang telah dipotong-potong tadi harus direndam dengan menggunakan air dingin. Supaya hasilnya maksimal, Anda dapat menambahkan air kapur sirih kira-kira satu sendok makan dan kemudian diamkan selama kurun waktu sekitar dua belas jam atau semalaman.

Setelah proses perendaman selesai, buang air rendamannya tersebut dan masukanlah kembali mangga-mangga tersebut ke dalam sebuah wajan yang dicampurkan dengan sirup pertama.

Untuk membuat bahan sirup yang pertama, rebuslah mangga-mangga tadi dengan air yang sudah disediakan sebelumnya, lalu tambahkan gula pasir serta garam. Biarkan rebusan tersebut sampai dengan mendidih. Setelah mendidih angkatlah rebusan tadi dan dinginkan. Setelah dingin, Anda bisa menyimpan dan menuangkannya ke toples kaca, kemudian diamkan kembali selama satu malam.

advertisements

Keesokan harinya, tiriskan mangga-mangga yang ada dalam toples kaca tersebut dengan cara membuang airnya. Kemudian, rebus kembali dengan ramuan sirup kedua yang terdiri dari campuran 500 ml air, dan 250 gram gula pasir.

Setelah proses perebusan rampung, dinginkan kembali mangga-mangga tersebut dan jangan lupa untuk memasukan mangganya. Setelah semuanya selesai, masukan ke wadah dan simpan manisan mangga Anda dalam lemari es supaya tetap segar dan enak untuk dimakan.

Manfaat Menkonsusmsi Manisan Buah Mangga

Apa manfaat dari manisan mangga tersebut? Tidak terlalu jauh dari kandungan asli buah mangga, kandungan yang ada dalam manisan buah mangga pun memang kaya akan nutrisi. Di antaranya adalah vitamin E yang berfungsi untuk membantu pengaturan hormon sex serta dapat meningkatkan libido yang bermanfaat untuk membangkitkan gairah hubungan intim.

Mangga juga mengandung senyawa antioksidan yang sangat efektif dalam mencegah timbulnya penyakit kanker. Serat dan vitamin C yang terkandung dalam buah mangga juga akan bersifat menurunkan kolestrol jahat.

Selain itu, Mangga juga mengandung Vitamin A yang dapat merawat kesehatan mata dan mencegah penyakit mata. Zat besi adalah kandungan nutrisi lainnya yang dimiliki oleh mangga sehingga dapat mencegah dan mengobati penyakit anemia.

Makanlah manisan mangga tersebut di siang hari atau ketika udara sedang terik agar terasa kesegarannya. Namun ingat jangan memakannya ketika perut Anda masih kosong karena bisa menyebabkan sakit perut. Selamat mencoba cara membuat manisan mangga muda di atas!

Artikel Menarik Lainnya: