advertisements

Siapa yang tidak kenal dengan lemper? Makanan yang terbuat dari nasi satu ini sudah sangat populer sekali di kalangan masyarakat Indonesia. Lemper merupakan makanan yang terbuat dari bahan ketan yang di dalamnya diisi dengan berbagai macam bahan isian.

Untuk bahan isian, sebenarnya lemper bisa diisi dengan menggunakan bahan masakan apapun. Seperti bisa dengan abon sapi, tumisan daging ayam, telur ayam rebus, sayuran, abon, daging sapi, dan masih banyak lagi. Dengan demikian varian rasa lemper akan semakin nikmat.

advertisements

Secara tradisional, lemper dibuat dengan cara menanak ketan hingga matang, lalu digulungkan dengan campuran isiannya. Gulungan tersebut kemudian dibungkus oleh daun pisang lalu dikukus hingga matang. Setelah matang, gulungan dipotong-potong hingga isi yang ada di dalamnya bisa terlihat.

Seiring berjalannya waktu, kini cara tradisional tersebut banyak ditinggalkan karena memakan banyak waktu dan biaya. Kini banyak lemper yang dibungkus dengan plastik saja. Jikapun menggunakan daun pisang, lemper tersebut tidak dikukus kembali sehingga daun pisangnya masih segar dan tidak layu.

Tidak hanya itu saja, saat ini variasi lemper juga sudah mulai berkembang. Ada lemper goreng yang dibuat dengan tambahan tepung dan telur atau biasa disebut sebagai semar mendem. Selain itu ada juga lemper bakar, lemper basah, lemper mie, dan masih banyak lagi.

Saat ini kebanyakan masyarakat Indonesia mengisi lemper dengan menggunakan daging ayam. Cara membuat lemper ayam sebenarnya sangat mudah sekali. Nah, berikut ini bacaterus.com akan menyajikan informasi panduan resep lemper ayam enak yang bisa Anda coba terapkan di rumah masing-masing.

Bahan-Bahan Lemper Ayam

cara membuat lemper ayam

Mengingat lemper merupakan makanan asli dari indonesia, maka secara otomatis bahan untuk pembuatannya juga tidak akan sulit untuk didapatkan. Nah berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda persiapkan:

  • Beras ketan sebanyak 200 gr (rendam lebih dari 1 jam dan tiriskan)
  • Daun salam cukup dengan 1 lembar
  • Serai 1 batang saja, dimemarkan
  • Garam kira-kira ¾ sdt
  • Daun pisang secukupnya (sebagai pembungkus)
  • Santan kelapa sekiranya 125 ml

Bahan-bahan untuk isian:

  • Paha ayam cukup 2 buah
  • Air kira-kira 500 ml
  • Serai 1 batang, dimemarkan
  • Daun salam sebanyak 2 lembar
  • Garam sekitar ¾ sdt
  • Merica bubuk sekiranya ¼ sdt
  • Santan kelapa sebanyak 100 ml
  • Gula pasir cukup dengan ½ sdt

Bumbu-bumbu halusan:

  • Bawang merah sebanyak 6 butir
  • Bawang putih cukup sekitar 4 siung
  • Ketumbar sekiranya 1 sdt
  • Kemiri 3 butir saja, disangrai

Cara Membuat Lemper Ayam

resep lemper ayam

Jika semua bahan di atas sudah dipersiapkan, sekarang saatnya kita mulai mengolahnya. Dalam resep lemper kali ini kita akan menggunakan metode yang praktis, yakni tidak mengkukus lemper bersama dengan daun pisangnya.

Langkah pertama kita dapat membuat isian lemper tersebut. Caranya rebus dahulu daging ayam dengan menggunakan air yang telah disediakan hingga mendidih sempurna. Lalu angkat daging tersebut dan cabik atau suwir kecil-kecil.

advertisements

Jangan buang air kaldu bekas rebusan daging ayam tersebut, karena kita akan memanfaatkannya. Cukup sisihkan air kaldu tersebut sebanyak kurang lebih 250 ml. Selanjutnya campurkan daging ayam tersebut dengan bumbu halusan, serai, merica bubuk, garam, daun salam, dan gula pasir. Aduk-aduk bahan tersebut agar tercampur secara merata semua.

Ambil kaldu ayam yang telah kita persiapkan tadi, kemudian masukan ke campuran bahan-bahan di atas. Masak bahan-bahan tersebut hingga mendidih, lalu masukan air santan ke dalamnya. Sambil terus merebus, aduk-aduk rebusan tersebut agar tekstur santan tidak pecah-pecah.

Pastikan pula santan juga sudah meresp ke dalam bahan. Jika sudah matang, silahkan sisihkan bahan isian tersebut dan diamkan hingga dingin. Bahan isian ini sudah siap untuk dicampurkan dengan beras ketan yang akan kita olah selanjutnya.

Setelah membuat isian di atas, kita dapat melanjutkan dengan membuat bagian utama dari lemper tersebut. Caranya ambil beras ketan kemudian kukus selama kurang lebih 20 menitan, usahakan beras ketan tersebut sudah matang dan empuk.

Rebuslah santan, serai, dan garam sampai benar-benar mendidih. Setelah itu matikan api dan tambahkan ketan ke dalamnya. Tunggu hingga semua bumbu meresap sekitar 30 menitan. Setelah meresap, kita dapat mulai membentuk lempernya.

Caranya, ambil sedikit ketan tersebut kemudian pipihkan, letakan isian pada lemper tersebut dan gulung atau bentuk sesuai selera masing-masing. Jangan lupa tutup gulungan lemper tersebut dengan daun pisang yang telah kita persiapkan tadi.

Sekarang lemper daging ayam spesial siap untuk disajikan dan disantap. Untuk penyimpanan dalam jangka waktu yang lama, Anda bisa membungkusnya dengan menggunakan plastik lalu disimpan di tempat yang bersih dan rapat.

Selain untuk camilan, lemper ini juga sangat cocok disajikan ketika lebaran atau hari raya Idul Fitri. Selain itu, lemper juga sering menjadi makanan wajib di acara-acara tertentu seperti pernikahan, sunatan, arisan, dan lain sebagainya.

Selain menggunakan daging ayam, Anda juga dapat mengganti isinya dengan abon sapi. Anda dapat mengikuti cara membuat abon sapi sendiri di sini. Namun jika tidak ingin repot, maka Anda dapat langsung membeli abon instan yang banyak dijual di warung-warung.

Demikian informasi seputar resep dan cara membuat lemper ayam yang mudah dan enak. Cobalah resep diatas sendiri di rumah, dijamin hasil olahan Anda akan memiliki rasa yang nikmat dan juara. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: