advertisements

Risoles adalah salah satu bentuk makanan yang digulung oleh kulit Risoles dengan beragam varian isi. Isinya bisa berbentuk daging maupun vegetarian atau sayur-mayur. Daging yang biasanya dipakai untuk isi Risoles biasanya terdiri dari daging ayam, sapi, ikan, ataupun udang. Cara membuat kulit risoles bersama isinya sendiri sangat mudah untuk dicoba.

Selain menggunakan daging, Anda juga  bisa membuat risoles dengan isi sayuran seperti buncis, wortel, kentang dan lain sebagainya. Bahkan sekarang banyak juga yang bereksperimen dengan bahan-bahan lain seperti telur dadar, keju, dan lainnya. Anda dapat membuat variasi isi yang lain dari makanan tersebut.

Mengenal Asal Usul Risoles

advertisements

Risoles bukanlah makanan asli Indonesia karena makanan ini merupakan peninggalan penjajahan Belanda. Dalam sejarahnya, bangsa Belanda membawa makanan yang satu ini ke tanah air. Orang Belanda sendiri menyebut makanan ini dengan nama rissole.

Bangsa Belanda mengkategorikan makanan ini sebagai kue yang sangat difavoritkan dan digemari karena rasanya yang gurih dan enak. Konon, bangsa-bangsa yang ada di Eropa sudah mengenal Risoles sejak abad ke-13, jauh sebelum Belanda menjajah Indonesia.

Di tanah air sendiri, Risoles merupakan salah satu makanan yang mudah ditemukan di berbagai tempat karena rasanya yang enak dan harganya pun sangat murah meriah. Di beberapa daerah harga per bijinya berkisar antara Rp. 1000 sampai dengan Rp. 5000. Harga yang dibandrol sangat tergantung pada ukuran Risoles dan isi yang ada di dalamnya.

Bahan-Bahan untuk Membuat Kulit Risoles

advertisements

Kulit risoles sangatlah berpengaruh terhadap kualitas dari risoles secara keseluruhan. Kulit risoles yang lembut akan membuat risoles semakin nikmat dilahap. Kulit risoles ini berbeda dengan kulit lumpia yang akan menjadi renyah setelah digoreng. Bahan-bahan yang dibutuhkan ketika anda ingin membuat kulit Risoles terdiri dari:

  • Tepung terigu sebanyak 500 gram,
  • Telur ayam 5 butir,
  • Air susu kira-kira 1 liter,
  • Garam 1 sendok makan,
  • Minyak goreng 9 sendok makan (termasuk untuk mengolesi adonan ketika membuat kulit dadar).

Jika bahan-bahan yang dimaksud diatas sudah dipersiapkan, kini kita akan bahas bagaimana cara membuatnya.

Cara Membuat Kulit Risoles Special

cara membuat kulit risoles

Pertama-tama aduk 5 butir telur ayam dengan menggunakan sebuah mixer dan tambahkan garam agar pengadukan dapat berjalan dengan mudah lancar. Langkah selanjutnya, adonan telur dengan campuran garam yang telah di-mixer tadi diberi susu cair secara perlahan-lahan dan aduklah semua bahan-bahan tadi sampai merata.

Setelah itu, tambahkan tepung terigu sebanyak 500 gram, aduk lagi bersama adonan tadi dengan menggunakan tangan. Ingat pakailah sarung tangan khusus untuk mengaduknya agar adonan tetap sehat. Langkah berikutnya adalah dengan menambahkan minyak goreng sebanyak 8 sendok agar adonan menjadi licin dan mudah dibentuk menjadi kulit Risoles, aduk terus sampai merata kembali.

Cara membuat kulit risoles selanjutnya adalah menyediakan wajan khusus untuk mencetak kulit Risolesnya. Jangan lupa olesi dengan minyak goreng sekitar satu sendok makan saja sehingga semua bagian wajan dapat terolesi dengan merata.

Langkah terakhir, adonan dibentuk menjadi beberapa bagian sesuai dengan ukuran Risoles yang akan Anda buat. Adonan yang telah dibagi menjadi beberapa bagian tersebut dibuat tipis-tipis seperti lembaran-lembaran kertas dan dicetak di atas wajan yang telah dilumuri oleh minyak goreng tersebut.

Cara Memilih Risoles yang Sehat

advertisements

Jika Anda tidak mau repot-repot untuk membuat Risoles yang enak dan sehat, Anda dapat membelinya secara langsung di warung-warung gorengan yang ada di sekitar rumah Anda. Namun, pastikan untuk membeli Risoles dari warung yang menjamin kehalalan dan menggunakan bahan-bahan yang fresh serta tanpa bahan pengawet.

Apabila Anda membeli Risoles dalam jumlah banyak dan tidak langsung dikonsumsi, sebaiknya simpanlah pada wadah yang tertutup, bersih dan kering. Masukan ke dalam freezer jika Anda ingin menyimpannya dalam waktu yang relatif lama. Saatnya kita memburu makanan enak dan lezat seperti Risoles dan selamat mencoba cara membuat kulit risoles di atas.

Artikel Menarik Lainnya: