advertisements

Berbicara mengenai jajanan tradisional khas Indonesia memang tidak ada habis-habisnya. Indonesia memiliki banyak sekali jajanan tradisional khas yang jumlahnya tidak terhitung. Dari Sabang hingga Merauke, jajanan tersebut memiliki ciri khas yang berbeda-beda.

Meskipun sekarang ini banyak beredar makanan cepat saji di pasaran, tetapi kedatangan camilan tersebut nampaknya tidak bisa mengganti keberadaan jajanan tradisional Nusantara di hati masyarakat. Salah satu jajanan tradisional yang dari dulu sampai sekarang masih banyak diminati adalah klepon.

Apa Itu Klepon?

advertisements

Mendengar nama klepon mungkin cukup asing di telinga kita. Klepon sendiri merupakan salah satu jajanan tradisional Nusantara yang terbuat dari bahan tepung beras ketan dengan tambahan isian berupa gula merah.

Terbuat dari tepung beras ketan, makanan satu ini dibentuk mirip seperti bola-bola kecil kemudian ditaburi kelapa parut di atasnya. Perpaduan ketan, gula merah, dan kelapa tersebut mampu menghasilkan rasa yang begitu nikmat di lidah.

Untuk menemukan kue klepon sangatlah mudah sekali, karena hampir di setiap pasar tradisional pasti menjajakan menu satu ini. Biasanya klepon banyak dijual bersama dengan makanan tradisional lainnya seperti cenil (cetil) dan getuk.

resep klepon beras ketan

Terkadang, klepon disajikan diatas daun pisang supaya lebih nikmat. Sebagai camilan tradisional, klepon memiliki harga yang cukup terjangkau. Anda bisa membawa pulang klepon dengan budget sekitar Rp. 10 ribuan saja.

Saat ini klepon juga sudah dibuat dengan berbagai macam variasi, terutama dari bahan baku pembuatannya. Ada yang membuat kelepon dari tepung beras, singkong, ubi jalar, ubi ungu, ketan hitam, dan bahkan dari kentang.

Di daerah Sumatra dan Malaysia, klepon sering disebut dengan onde-onde. Padahal di Jawa sendiri onde-onde jelas berbeda dari klepon. Onde-onde dalam versi Jawa merupakan makanan dari tepung beras yang berisi adonan kacang hijau dan ditaburi dengan wijen pada bagian kulitnya.

cara membuat kue klepon enak

Perbedaan penyebutan antara Sumatra-Malaysia dengan Jawa ini terkadang menyebabkan kerancuan mengenai definisi dari klepon itu sendiri. Namun apapun itu sebutannya, yang jelas untuk mengetahui ciri klepon itu sangat mudah. Cirinya adalah bulatan kecil berwarna putih atau hijau dengan isian gula merah dan taburan kelapa parut pada bagian kulitnya.

Bahan-Bahan Klepon

Memang menemukan klepon di pasar tradisional sangatlah mudah, bahkan kita bisa mendapatkan dengan harga murah. Namun akan menjadi kebanggaan tersendiri apabila kita mengetahui cara membuat kue klepon dan mencobanya sendiri di rumah.

Nah bagi Anda yang ingin membuat camilan tradisional ini sendiri di rumah, kali ini bacaterus.com akan membagikan resepnya untuk Anda. Namun sebelum membuatnya, mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan seperti:

  • Tepung Beras dengan kualitas bagus cukup dengan 50 gram.
  • Pasta pandan hijau kurang lebih 2 sendok teh
  • Tepung ketan halus sebanyak 250 gram, ayak agar lebih lembut
  • Gula Jawa merah cukup sebanyak 190 – 220 gram, iris secara tipis-tipis
  • Garam dapur halus beryodium cukup dengan 1/4 sendok teh
  • Air putih matang sebanyak 280 ml, bisa disesuaikan dengan adonan
  • Daun pandan segar cukup sebanyak 1 lembar, cuci dulu sebelum digunakan
  • Kapur sirih sekitar 1/4 sendok teh, larutkan dengan 50ml air putih
  • Buah kelapa yang tidak terlalu tua cukup 1/2 bagian saja.

Cara Membuat Kue Klepon

advertisements

Pertama siapkan terlebih dahulu wadah untuk membuat adonan, Anda bisa memilih baskom. Setelah itu campurkan tepung ketan dan tepung beras. Aduk-aduk kedua bahan tepung tadi sampai tercampur secara merata.

Ingat! Sebelumnya tepung sudah harus Anda ayak dulu agar lebih halus. Setelah tercampur merata, masukan pasta pandan dan air kapur sirih ke dalamnya. Aduk-aduk lagi hingga semua bahan dapat tercampur secara merata.

Selanjutnya, masukan air putih matang sedikit demi sedikit ke dalam adonan tepung tersebut. Sambil memasukan, aduk juga adonan tadi supaya dapat tercampur secara merata. Tambahkan air apabila adonan masih susah dibentuk. Namun jangan sampai terlalu encer.

Sekarang bentuk adonan tersebut menjadi mirip dengan bola-bola kecil. Ukurannya bisa Anda sesuikan dengan keinginan masing-masing. Jangan lupa bagian tengahnya beri lubang untuk isian. Lakukan pembentukan sampai semua adonan yang telah dibuat tadi habis.

Apabila sudah terbentuk bola-bola kecil, ambilan gula merah dan masukan ke dalamnya sebagai isian. Tutup kembali lubang yang telah Anda bentuk tadi. Lakukan langkah ini sampai bola-bola dan gula merah isiannya habis.

Setelah selesai, rebuslah bulatan-bulatan tadi dalam air panas berapi kecil. Tunggu hingga bola-bola tersebut matang dan mengapung. Biasanya setelah air mendidih, klepon tersebut sudah matang secara sempurna.

Sambil menunggu klepon melayang, mari kita membuat parutan kelapa untuk melumuri bagian luarnya. Caranya silahkan parut kelapa yang telah disiapkan kemudian campur dengan garam dan daun pandan. Agar tidak mudah basi, kukus sebentar parutan kelapa tadi.

Apabila klepon sudah matang, gulingkan diatas parutan kepala yang telah kita buat tadi. Usahakan semua bagian kulit dari bola kecil tersebut tertutup parutan kelapa. Nah kini klepon bisa Anda sajikan sebagai camilan lezat spesial saat bersantai bersama keluarga tercinta.

Agar klepon yang Anda buat memiliki tekstur lembut, kenyal, dan nikmat di lidah, kami sarankan memilih tepung beras ketan yang sudah terkenal dan favorit. Sebab jika tepung beras asal-asalan, tekstur dari klepon nantinya menjadi kasar di mulut.

Selain itu, sebenarnya isian klepon juga tidak terbatas gula merah saja. Anda pun bisa menggunakan isian bahan lain. Seperti isian kacang ijo, kelapa parut, selai, coklat, dan masih banyak lagi. Sesuaikan isian tersebut dengan selera Anda masing-masing.

Selain menggunakan warna hijau, kue klepon ini juga sebenarnya bisa menggunakan warna lainnya agar tampilannya semakin menarik sehingga menjadi klepon rainbow. Namun ingat, Anda harus menggunakan pewarna khusus makanan agar terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Itulah sajian informasi singkat mengenai resep dan cara membuat kue klepon isi gula merah yang nikmat. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi masakan camilan bagi Anda. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

Artikel Menarik Lainnya: