advertisements

Kacang telur merupakan salah satu kue kering lebaran yang cukup diminati. Dengan rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah, kacang ini sangat pas untuk menemani momen silaturahmi dengan keluarga. Nah kini bacaterus.com akan mengulas resep dan cara membuat kacang telur manis yang renyah dan juga gurih.

Sekilas Mengenai Kacang Tanah

Sebelum membahas resep kacang telur, mari kita ketahui terlebih dahulu seluk beluk mengenai kacang tanah. Kacang tanah yang bernama latin Arachis hypogaea L. merupakan salah satu jenis tanaman polong-polongan yang dimanfaatkan untuk berbagai bumbu dan olahan makanan.

advertisements

Kacang tanah yang berasal dari benua Amerika ini dikenal di nusantara dengan beragam nama dan sebutan. Di daerah sunda dikenal dengan sebutan suuk dan kacang Bandung. Sementara di beberapa daerah lainnya dikenal pula dengan sebutan una, kacang kole, kacang jebrol, kacang banggala, dan kacang tuban.

Sementara itu, dalam bahasa Inggris, kacang ini dikenal dengan nama peanut dan groundnut. Apapun sebutannya, semuanya itu merujuk pada satu jenis makanan, yaitu kacang tanah. Banyak olahan makanan yang dalam proses pembuatannya melibatkan kacang tanah, salah satu olahan kacang tanah yang sangat populer adalah kacang telur.

Bahan-Bahan Kacang Telur

cara membuat kacang telur manis

Oke, jangan terlalu banyak basa-basi, kita langsung saja berbagai tentang bagaimana cara membuat kacang telur manis yang super enak, empuk dan gurih. Pertama-tama, Anda harus menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan, setelah itu barulah kita menginjak ke cara pembuatannya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan meliputi 600 gram kacang tanah. Supaya kacang telur Anda enak, empuk dan gurih; maka belilah kacang tanah yang sudah dikupas. Hal ini juga akan sangat membantu untuk menentukan dan mensortir manakah kacang tanah yang berkualitas dan tidak.

Untuk membuat kacang telur diperlukan kacang tahan kupas yang berkualitas agar hasil dari olahan makanan tersebut dapat maksimal. Selanjutnya, sediakan pula 2 butir telur, margarin cair sebanyak 4 sendok makan, gula halus sebanyak 150 gram, bawang putih yang telah dihaluskan sebanyak 6 siung, garam ½ sendok makan, tepung terigu 500 gram, serta minyak goreng.

Cara Membuat kacang Telur Manis

Bagaimana cara membuat kacang telur tersebut? Langkah pertama adalah dengan mencampurkan bahan-bahan di atas tadi dengan cara dikocok hingga merata meliputi telur, margarin, gula halus, garam, serta bawang putih.

Setelah semuanya merata dengan baik, lengkah kedua adalah dengan menuangkan adonan tadi kedalam kacang yang sudah disangray terlebih dahulu. Setelah itu, dengan menggunakan telapak tangan; gulingkan ke dalam wadah yang berisi tepung terigu sampai dengan merata.

Supaya kacang telur lebih merata; maka gunakan saringan kemudian ayak sampai mendapatkan ketebalan yang pas. Langkah terakhir adalah proses penggorengan yang dilakukan dengan minyak yang banyak dan di atas api sedang. Tunggulah hingga warna kacang telur berubah menjadi kecokelatan, angkat dan tiriskan kemudian simpan di dalam toples agar tetap renyah dan gurih.

Sajikanlah kacang telur ini dalam acara silaturahmi ketika hari raya Idul Fitri. Selain itu, kacang telur juga cocok untuk menemani ketika menonton film atau begadang menonton bola. Rasanya yang gurih dan renyah juga membuatnya sangat cocok dipadukan dengan makanan ringan lainnya seperti keripik, kue cucur, kentang goreng, dan lainnya.

Manfaat Kacang Telur

advertisements

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari olahan kacang telur tersebut. Salah satunya adalah manfaat dari telur yang mengandung protein hewani dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat juga dapat bersumber dari kacang tanah itu sendiri yang mengandung protein nabati, serat, lemak, zat besi, kalsium, vitamin dan kandungan gizi lainnya.

Karena kandungan gizi yang sangat melimpah ruah, maka kacang tanah sangat efektif untuk kecerdasan otak, kesehatan dan kelancaran fungsi usus, menurunkan resiko mengidap penyakit jantung dan kanker, menjaga kelancaran fungsi tubuh, merawat kesehatan tulang dan gigi, serta dapat mencegah kita dari serangan osteoporosis.

Supaya Anda mendapatkan semua manfaat itu, maka sebaiknya Anda mencoba untuk membuat beberapa olahan kacang tanah tersebut di rumah masing-masing, salah satunya adalah dengan cara membuat kacang telur manis. Jika Anda tidak mau ribet untuk membuat kacang telur yang renyah dan gurih, Anda dapat membelinya di warung-warung makanan ringan dekat rumah Anda. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: