advertisements

Infused water atau air infus (spa air)  adalah air putih yang ditambahkan beberapa potongan buah-buahan atau bisa juga tumbuh-tumbuhan (rempah-rempah) herbal. Air tersebut didiamkan beberapa waktu sehingga sari-sari dari buahnya keluar dan akhirnya diminum.

Infused water bermanfaat untuk kesehatan seperti mengatasi insomnia, mengobati penyakit asma, depre, menurunkan berat badan dan juga dapat menambah energi. Lebih tepatnya, infused water ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang tidak terlalu suka minum air putih, karena melalui infused water air putih akan menjadi beraroma dan lebih berasa (lebih segar).

Buah Dan Sayuran Untuk Infused Water

advertisements

Buah-buahan atau rempah-rempah herbal yang biasanya digunakan dalam infused water adalah buah yang mengandung asam bukan manis seperti lemon, jeruk, stroberi, mentimun, daun mint, dan lainnya.  Sebelum beranjak ke cara membuat infused water, mari kita bahas terlebih dahulu beberapa buah serta rempah herbal yang dapat dijadikan infused water, yaitu:

cara membuat infused water

  • Lemon

Buah lemon termasuk buah yang memiliki kandungan asam. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan (membakar lemak), membersihkan kotoran dalam perut, mencegah bau mulut dan juga dapat mengobati tekanan darah tinggi.

  • Mentimun

Mentimun merupakan sayuran (rempah) yang mengandung vitamin A dan dapat digunakan untuk infused water. Mentimun memiliki manfaat untuk mengurangi sembelit, mencegah penyakit lambung, dan menurunkan darah tinggi. Mentimun juga mengandung air yang tinggi sehingga berfungsi untuk menyegarkan tubuh.

  • Kiwi

Buah kiwi memiliki kalori yang rendah sehingga baik untuk diet, memperbaiki metabolisme tubuh, memperbaiki sel rusak, dan juga dapat menangkal radikal bebas. Buah asal Selandia Baru ini juga bermanfaat untuk mengatasi kembung dan dehidrasi.

  • Stroberi

buah infused water

Stroberi merupakan buah yang sangat menarik. Di samping penampilannya yang menarik, buah ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan sangat cocok untuk menjadi pendamping infused water.

Stroberi sendiri termasuk buah yang memiliki kandungan asam. Stroberi mengandung vitamin C untuk memperbaiki kulit, mengurangi peradangan, batu ginjal, mencegah hipertensi, alergi dan juga dapat melancarkan pencernaan.

  • Daun mint

Daun mint biasanya dikenal sebagai rempah-rempah guna menghilangkan bau mulut. Namun manfaat lain dari daun mint adalah mengurangi panas tubuh dengan cara meminimalkan efek dari sinar matahari yang terik.

Selain itu daun mint juga dapat berfungsi untuk meredakan batuk, menyehatkan gigi dan mulut, mengurangi alergi, membuat kulit menjadi lebih sehat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Jeruk Nipis

Sama halnya dengan Lemon, jeruk nipis juga mengandung vitamin C untuk meningkatkan energi dalam tubuh. Buah inipun memiliki khasiat seperti pengangkatan sel kulit mati, membersihkan komedo, mencegah kambuhnya penyakit ambien, batuk serta bau badan.

Cara Membuat Infused Water

advertisements

Dari sekian bahan yang dijelaskan di atas, kita dapat mencampurkan beberapa buah dan sayuran ke dalam infused water seperti stroberi dan kiwi, lemon dan jeruk nipis, timun dan daun mint. Sekarang, akan dibahas bagaimana cara membuat infused water tersebut:

  1. Pilihlah buah atau sayuran segar untuk infused water.
  2. Cuci bersih buah atau sayuran segar yang telah dipilih dengan air yang mengalir.
  3. Iris atau potong-potong buah yang akan dipakai dalam infused water. Untuk berbagai buah-buahan, potong dengan ketebalan 0,7cm. Namun untuk buah stroberi atau anggur, cukup potong menjadi dua bagian. Siapkan 5 sampai 10 buah untuk setiap ½ liter air.
  4. Siapkan air yang sudah matang sekitar kurang lebih 500ml atau setengah liter air, kemudian masukan buah, rempah, dan air tersebut ke dalam wadah steril yang sudah dicuci bersih lalu tutup rapat.
  5. Tempatkan infused water yang sudah ada di dalam wadah ke dalam kulkas selama dua jam agar sari-sari dari buah-buahan larut dalam air.
  6. Setelah menunggu selama 2 jam, maka infused water dapat di konsumsi. Jika air habis, dapat diisi ulang namun bahan-bahan diganti dengan yang baru. Biasanya, buah-buahan yang dipakai akan bertahan selama 2 hari.
  7. Buah-buahan yang dipakai sebaiknya langsung dibuang dan tidak dikonsumsi kembali karena telah mengalami oksidasi dan pembusukan.

Tips Membuat Infused Water

Dalam pembuatan infused water, ada beberapa hal yang perlu dicermati supaya manfaat yang diterima dapat bekerja secara optimal. Berikut beberapa point yang harus dicermati pada saat pembuatan infused water:

  • Air

Air yang digunakan harus benar-benar bersih dan berasal dari kran (mengalir) karena air adalah hal utama dalam infused water.

  • Jenis buah yang dipilih

Tidak semua buah dapat digunakan pada infused water, hanya buah yang memiliki kadar asam, tekstur cukup keras dan memiliki citarasa segar yang dapat digunakan untuk pembuatan infused water seperti stroberi, daun mint, lemon, dll.

  • Masa pemyimpanan

botol infused water

Masa atau waktu penyimpanan yang efektif dalam pembuatan infused water adalah dua jam (dalam kulkas) agar sari-sari buah dapat keluar dan tercampur dengan air putih secara optimal, baru dapat dikonsumsi.

Setelah diminum, buah yang digunakan hanya dapat dipakai kembali minimal satu kali, karena biasanya buah sudah tidak segar. Buah yang sudah digunakan harap langsung dibuang dan tidak dikonsumsi kembali, karena buah tersebut sudah mengalami oksidasi atau pembusukan.

  • Kandungan Nutrisi maksimal

Infused water memang memiliki manfaat cukup banyak seperti mengurangi berat badan, membuat badan lebih segar dan juga meningkatkan energi dalam tubuh. Sebenarnya, meminum infused water sama halnya dengan memakan buah itu sendiri. Maka dari itu, disarankan membuat infused water yang optimal dengan cara menambahkan beberapa buah atau sayuran lain ke dalamnya.

Sekian bahasan saya tentang cara membuat infused water. Semoga melalui artikel ini banyak pembaca yang mengetahui berbagai jenis manfaat buah atau sayuran jika diolah secara optimal menjadi  infused water.  Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: