advertisements

Cireng isi merupakan salah satu makanan ringan yang cukup banyak digemari belakangan ini. Rasanya yang unik serta teksturnya yang kenyal sangat pas untuk menemani Anda di waktu lengang. Cara membuat cireng isi juga cukup mudah karena tidak memerlukan bahan-bahan yang rumit. Namun sebelum membahas resepnya, tahukah Anda dari mana asalnya cireng ini?

Ya, benar, makanan ini berasal dari kota Bandung. Bandung memang sangat terkenal sebagai salah satu daerah wisata kuliner yang sangat populer di nusantara bahkan sampai ke dunia internasional. Bandung mempunyai beragam kuliner mulai dari makanan tradisional sampai dengan modern sekalipun tersedia di kota kembang tersebut.

advertisements

Banyak jajanan tradisonal yang sampai saat ini tetap disukai oleh semua kalangan. Di samping namanya yang unik, jajanan tradisional khas Bandung juga memiliki rasa yang unik pula. Beberapa jajanan unik tersebut terbuat dari bahan dasar aci atau tepung kanji, sebut saja cimol (aci digemol), cilok (aci dicolok), dan cireng (aci digoreng). Penamaan kuliner yang unik bukan!

Cireng merupakan salah satu makanan ringan yang masih eksis sampai saat ini. Bahkan, makanan yang berasal dari Sunda Priangan ini semakin digemari bukan saja oleh orang Sunda, namun disukai juga oleh hampir semua orang. Maka dari itu tidaklah heran kalau penyebarannya pun dapat ditemukan di berbagai daerah yang ada di nusantara.

Pada awalnya, makanan tradisional ini mulai terkenal pada era 80-an dan tetap bertahan sampai saat ini karena faktor keunikan rasa ditambah harganya pun sangat murah meriah. Anda juga dapat mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah masing-masing.

Bahan-bahan pembuatannya yang mudah didapatkan serta cara membuatnya yang tidak membutuhkan keahlian khusus. Dengan begitu semua orang dapat membuat cireng tersebut dengan mudah. Berikut ini akan disajikan tentang cara pembuatannya, kita simak bersama!

Bahan-Bahan Cireng Isi

cara membuat cireng isi

Bahan-bahan utama yang digunakan untuk membuat cireng terdiri dari tepung kanji sebanyak ½ kilogram yang dikombinasikan dengan 5 sendok makan dari tepung terigu. Sediakan pula 400 mililiter air yang berfungsi untuk mencampurkan adonan cireng tersebut.

Selain itu, persiapkan pula bumbu-bumbu yang dibutuhkan seperti merica bubuk sekitar 2 sendok teh, bawang putih 4 siung, bawang daun, garam, dan minyak goreng secukupnya. Terakhir, untuk membuat isinya, Anda dapat memilih isian cireng yang paling Anda sukai. Namun jika ingin membiarkannya polos, maka Anda tidak perlu mempersiapkan isiannya.

Kebanyakan para pembuat cireng mengisinya dengan isian daging ayam, daging sapi, keju, bakso, sosis, kornet, sambal kacang, abon, dan lain sebagainya. Anda juga dapat mengkreasiakan isinya dengan bahan-bahan lainnya sesuai dengan selera Anda.

Tips: Untuk mendapatkan manfaat gizi bagi kesehatan tubuh, maka Anda dapat memilih isian cireng yang mempunyai asupan gizi yang bagus seperti daging ayam dan daging sapi karena kedua daging tersebut sudah terbukti mempunyai segudang gizi yang akan memberikan khasiat bagi kita semua.

Cara Membuat Cireng Isi

Setelah semua bahan-bahan tadi dipersiapkan, saatnya kita menginjak ke bagaimana cara membuat cireng isi ala Bandung ini. Langkah pertama adalah dengan menghaluskan bumbu-bumbu yang terdiri bawang daun dan bawang putih sesuai dengan takaran diatas.

advertisements

Langkah kedua, sediakan wadah yang telah diberi air kemudian tuangkan tepung kanji dengan tepung terigu aduk-aduk sampai dengan tercampur merata. Langkah ketiga, tambahkan merica, garam, bawang putih dan daun bawang, lalu aduk lagi sampai merata sempurna.

Langkah keempat, bentuklah adonan cireng yang telah diaduk tadi sedikit demi-sedikit. Kreasikan bentuk cireng tersebut dengan desain bulat, lonjong atau kreasi bentuk lainnya. Langkah kelima, isi cireng yang telah dibentuk tersebut dengan isian pilihan Anda bisa diisi dengan daging, sosis, baso, atau yang lainnya.

Langkah terakhir, gorenglah cireng dengan minyak yang cukup, tunggu sampai matang. Menu cireng isi ala Bandung asli siap untuk disajikan dan disantap panas-panas agar lebih enak dan lezat. Sajikan juga dengan cocolan saus sambal atau sambal kacang jika Anda suka dengan rasa pedas dari keduanya.

Bagaimana, mudah bukan cara membuat cireng isi di atas? Selain bahannya murah, cara membuatnya juga sangatlah mudah dan dapat disesuaikan menurut selera. Selain cireng masih banyak makanan khas Bandung lainnya yang akan menggugah selera Anda. Silahkan simak ulasan kami mengenai makanan yang tidak boleh terlewat ketika berkunjung ke Bandung di artikel ini.

Artikel Menarik Lainnya: