advertisements

Kain flanel merupakan salah satu kain yang bermanfaat dan sering digunakan untuk menghasilkan berbagai jenis kerajinan tangan. Bahkan, siswa-siswi Sekolah Dasar pun sering memanfaatkan kain flanel untuk membuat kerajinan tangan pada mata pelajaran kesenian. Hal ini disebabkan karena kain flanel aman dan tidak mengandung bahan berbahaya.

Harga kain flanel juga cukup murah serta dapat diperoleh dengan mudah. Di samping itu, kain ini memiliki berbagai pilihan warna yang menarik. Oleh karena itu, kain flanel sering dimanfaatkan untuk membuat aksesoris, seperti cincin atau gelang.

advertisements

Motif cincin atau gelang yang yang biasa dibuat dari kain flanel ialah bunga mawar. Nah, kali ini Bacaterus akan membagikan cara membuat bunga mawar dari kain flanel, lho! Tak hanya itu saja, kami juga akan memberikan langkah-langkah membuat gelang dan cincin dari kain flanel dengan motif bunga mawar tersebut.

Cara Membuat Cincin Mawar

Aksesoris dari kain flanel pertama yang akan kita buat adalah cincin dengan bunga mawar yang indah di atasnya. Sebelum membuat cincin bunga mawar dari kain flanel tersebut, silahkan kumpulkan alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu, yakni:

cara membuat bunga mawar dari kain flanel

  • Kain flanel dengan warna favorit Anda
  • Gunting
  • Lingkaran cincin
  • Jarum
  • Benang yang sewarna dengan kain flanel

Setelah semua alat dan bahan yang dibutuhkan tersedia, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Potong kain flanel dengan bentuk kelopak mawar. Potong sebanyak 11 lembar. Ukuran kelopak mawar yang kami sarankan adalah 1 inci x 1 inci
  2. Masukkan jarum ke bagian bawah atau ujung kelopak
  3. Tarik jarum hingga ujung kain terlihat ketat. Ikat simpulnya untuk membuat bentuk serupa dengan kelopak bunga mawar

cincin mawar dari flanel

  1. Lakukan langkah 2 dan 3 kepada semua kain flanel yang sudah dipotong berbentuk kelopak bunga mawar
  2. Ambil 4 buah kelopak, kemudian jahit semuanya hingga menyatu dengan posisi satu kelopak harus tumpang tindih dengan kelopak yang lain. Jahit 4 buah kelopak hingga menyerupai bentuk kipas angin. Lakukan cara yang sama hingga menjadi 3-4 set kelopak bunga mawar yang sudah dijahit satu sama lain
  3. Tumpuk 3-4 set kelopak bunga mawar, lalu jahit dari bawah. Tumpukan kelopak yang paling atas berisi kelopak dengan jumlah yang lebih sedikit dari bawahnya

cincin mawar kain flanel

  1. Remas dua kelopak yang berada di atas sehingga sedikit menguncup, lalu jahit dengan benang agar bentuk kuncup tersebut tetap terjaga
  2. Ambil sebuah kelopak yang masih tersisa, kemudian gulung ujungnya dan letakkan di tengah-tengah bunga mawar
  3. Jahit kelopak yang digulung di pusat bunga mawar tersebut
  4. Potong sedikit ujung kelopak agar tidak terlalu menonjol keluar

bunga mawar dari kain

  1. Rekatkan bunga mawar dari kain flanel ini ke bagian tengah cincin dengan lem
  2. Cincin bunga mawar dari kain flanel siap digunakan

Jika ukuran bunganya dirasa terlalu besar, maka Anda dapat memotongnya menjadi lebih kecil pada awal pembuatan. Selain ditempelkan di cincin, bunga mawar ini juga dapat ditempelkan pada bros sehingga akan menjadi bros bunga mawar yang cantik.

Cara Membuat Gelang Mawar

cara membuat gelang mawar dari kain flanel

Selain cincin bunga mawar, kain flanel juga dapat digunakan untuk membuat gelang bunga mawar yang sangat cantik. Gelang handmade ini adalah solusi bagi pecinta aksesoris yang tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk berbelanja aksesoris.

Sebelum kita menuju ke cara membuat bunga mawar dari kain flanel, siapkan dahulu bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuatnya, yakni:

  • Selembar kain flanel dengan warna favorit Anda
  • Tali pengikat (bisa menggunakan karet elastis yang berwarna senada dengan kain flanel
  • Lem
  • Gunting
advertisements

Jika semua alat dan bahan sudah terkumpul, silakan ikuti langkah-langkah membuat gelang bunga mawar dari kain flanel berikut ini:

  1. Potong kain flanel menjadi 11 persegi berukuran 1,5 inci x 1,5 inci. Persegi ini nantinya akan digunakan sebagai kelopak bunga mawar.
  2. Potong setiap ujung persegi sehingga tampak bulat (melengkung).
  3. Gambar spiral di tengah-tengah persegi tersebut, kemudian potong persegi tersebut mengikuti garis spiral yang sudah dibuat sebelumnya.
  4. Ambil tali pengikat yang digunakan, lalu potong sesuai dengan ukuran tangan Anda
  5. Sekarang Anda harus membuat mawar dari kain flanel yang sudah dipotong menjadi spiral tersebut. Caranya, ambil kain tersebut lalu lingkarkan. Tempatkan sudut awal yang dipotong pada bagian tengah lingkaran, kemudian putar dan tekuk. Pegang sudut dengan kuku jari dan regangkan sedikit.

gelang bunga mawar

  1. Saat ini, Anda akan melihat tepi lurus dan melengkung dari kain flanel itu. Selanjutnya, buat bunga mawar dengan menggulung secara melingkar kain flanel tersebut sembari menjaga tepi lurus di tepi lurus yang sebelumnya. (Jika Anda pernah membuat bunga mawar dari dasi pramuka, tentu cara tersebut lebih mudah dan bisa diterapkan untuk membuat bunga mawar dari kain flanel).
  2. Lubangi sedikit bagian bawah bunga mawar yang berhasil dibuat, lalu masukkan tali pengikat melalui lubang tersebut.
  3. Agar bunga mawar semakin rekat dengan tali pengikat, beri lem pada ujung bawah bunga mawar dan biarkan hingga kering.
  4. Gelang bunga mawar dari kain flanel siap digunakan.

Cara membuat gelang bunga mawar dari kain flanel ini adalah cara yang sudah kami sederhanakan. Agar gelang ini semakin cantik ketika dikenakan, silahkan pilih warna kain flanel yang sesuai dengan selera dan gaya Anda.

Dua Cara membuat bunga mawar dari kain flanel ini bisa Anda gunakan untuk membuat aksesoris lainnya seperti kalung atau giwang. Cara ini sangat bermanfaat untuk mengisi waktu luang sekaligus mengasah keterampilan. Anda juga dapat mencoba membuat bunga mawar dari sedotan plastik dengan mengikuti tutorial ini.

Nah, apakah Anda tertarik untuk membuat kerajinan tangan dari kain flanel? Kerajinan tangan apakah yang hendak Anda buat dengan memanfaatkan kain flanel? Yuk, silakan share dengan kami di kolom komentar!

Artikel Menarik Lainnya:
Referensi dan sumber gambar: