advertisements

Mata yang bersih dan indah merupakan idaman setiap orang. Namun banyaknya udara kotor di sekitar kita membuat mata mudah menjadi kotor. Mata yang kotor tersebut juga bisa mengakibatkan iritasi hingga menjadi merah dan kuning sehingga keindahannya menurun drastis.

Nah, agar mata tersebut bisa kembali seperti sedia kala, Anda tentu harus membersihkannya dengan cara yang tepat. Maka dari itu kali ini bacaterus.com akan mengulas berbagai cara membersihkan mata yang kotor. Cara-cara di bawah ini semuanya dilakukan secara alami sehingga tidak akan menimbulkan efek samping bagi mata.

Berkedip

advertisements

Berkedip merupakan salah satu mekanisme alamiah dari mata untuk membersihkan berbagai macam kotoran. Air mata memiliki banyak zat yang berguna untuk menghambat tumbuhnya mikroorganisme, serta menutrisi dan melindungi kornea dari kotoran dan debu.

Maka dari itu jika mata mulai terasa kotor atau perih, cobalah untuk mengedipkan mata beberapa kali. Berkedip juga menjadi langkah pertama yang harus Anda lakukan jika kelilipan atau ada kotoran yang masuk. Pasalnya, gerakan otot-otot mata ketika berkedip secara tidak langsung akan mendorong kotoran keluar dari mata.

Jika Anda berencana untuk berpergian sementara di luar sedang banyak debu, maka gunakanlah kacamata atau alat pelindung lainnya. Dengan begitu mata Anda akan tetap terjaga dari debu ataupun partikel yang beterbangan di udara.

Basuh dengan air

cara membersihkan mata

Jika berkedip belum cukup untuk mengeluarkan debu, maka cobalah untuk mengeluarkan kotoran tersebut dengan cara mengalirkannya dengan air bersih. Ingat, Anda harus menggunakan air yang steril agar tidak terjadi infeksi di mata Anda.

Selain itu jangan pula menguceknya dengan tangan. Tangan yang kotor hanya akan mempeparah keadaan karena bisa jadi malah menyebabkan infeksi. Selain itu jangan pula membersihkannya dengan lap basah, cukup basuh dengan air saja.

Istirahat

Mata yang sudah lelah biasanya akan mulai kusam dan memerah. Jika sudah begitu, maka satu-satunya cara yang harus Anda lakukan adalah istirahat. Cobalah untuk memejamkan mata Anda selama 30 hingga 60 menit sampai segar kembali.

Selain itu, hindari pula tidur larut malam dan biasakan untuk tidur minimal 7 jam perhari. Jika Anda suka membaca buku, maka bacalah dengan posisi duduk sempurna dan di tempat dengan penerangan yang cukup agar mata Anda tidak mudah lelah.

Jangan Menggunakan Daun Sirih

Daun Sirih

Banyak orang yang menyarankan untuk menggunakan rebusan daun sirih untuk membersihkan mata. Padahal seperti dikutip dari klikdokter.com, air rebusan tersebut memiliki keasaman yang tinggi sehingga dapat berbahaya bagi mata.

Rasa perih yang dirasakan ketika menggunakannya merupakan tanda adanya kerusakan di mata akibat keasaman tersebut. Jika air rebusan tersebut kotor, maka bakteri akan mudah masuk dan menimbulkan berbagai macam penyakit mata yang berbahaya.

Lepaskan Lensa Kontak

advertisements

Ketika mata kotor dan terasa perih, lepaskanlah lensa kontak yang sedang Anda gunakan. Hal ini untuk menghindari terjadinya iritasi mata akibat debu yang masuk. Jika mata sudah segar kembali, silahkan gunakan kembali lensa kontak tersebut namun jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu.

Konsumsi Vitamin A

Sejak jaman dahulu vitamin A dikenal sebagai nutrisi yang sangat baik untuk mata. Maka dari itu, konsumsilah berbagai macam makanan yang banyak mengandung vitamin A seperti wortel, alpukat, bayam, brokoli, dan ikan salmon.

Nah itulah beberapa cara membersihkan mata serta tips pencegahan agar mata tidak mudah kotor. Selalu jaga kesehatan mata Anda karena hanya dengan mata yang sehat kita bisa melihat indahnya dunia ini.

Artikel Menarik Lainnya: