advertisements

Kecoa merupakan salah satu binatang menjengkelkan yang sering ada di rumah atau kamar kita. Kecoa biasanya mengendap-endap naik ke atas meja untuk “mencicipi” makanan dan minuman yang ada di sana. Selain itu, kecoa juga sering memakan kardus dan buku hingga rusak dan berserakan.

Tidak hanya merusak, kecoa juga dapat menyebarkan penyakit untuk manusia sehingga perlu diusir dari rumah. Bagi sebagian orang, kecoa juga menjadi binatang yang menjijikan sehingga mereka enggan memasuki kamar atau menggunakan barang yang dihinggapi oleh binatang ini.

advertisements

Nah jika Anda termasuk salah satu yang memiliki masalah tersebut, kali ini bacaterus.com akan mengulas cara membasmi kecoa dari rumah Anda. Cara mengusir kecoa yang dibahas di sini akan menggunakan bahan-bahan yang mudah Anda temukan. Berikut langkah-langkahnya.

Tutup Makanan

Kecoa biasanya akan keluar dari tempat persembunyiannya untuk mencari makan. Mereka akan memakan makanan yang ada di atas meja ataupun memakan sisa makanan yang ada di dapur ataupun di piring kotor yang belum sempat dicuci.

Maka dari itu tutuplah semua makanan di meja Anda agar kecoa tidak mencicipinya terlebih dahulu sebelum Anda memakannya. Bersihkan juga semua piring kotor yang ada di dapur agar para kecoa tidak bisa menjadikannya tempat untuk berpesta.

Jauhkan Dari Air

Menurut penelitian, kecoa dapat bertahan hidup hingga satu bulan meskipun tanpa makanan sama sekali. Akan tetapi, mereka hanya dapat bertahan hingga seminggu jika tidak menemukan air. Oleh karena ini jauhkanlah berbagai sumber air dari jangkauan kecoa.

cara membasmi kecoa

Tutplah semua gelas berisi air yang ada di meja Anda. Jika ada pipa yang bocor, segera perbaiki agar tidak menjadi lembab dan ditempat oleh para kecoa. Jika mereka sudah kesulitan menemukan aair, maka biasanya kecoa akan mudah tertarik kepada umpan atau jebakan yang kita buat.

Membuat Jebakan Kecoa

Jika kecoa sudah mulai kesulitan untuk menemukan makanan dan minuman, maka selanjutnya kita dapat mulai membasminya dengan membuat umpan atau jebakan. Nah, berikut adalah beberapa jebakan kecoa yang bisa Anda buat sendiri di rumah:

  • Mentimun

Mentimun merupakan salah satu bahan yang paling mudah untuk menjebak kecoa. Caranya cukup potong beberapa lembar kecil mentimun kemudian masukan ke dalam kaleng alumunium yang kosong. Selanjutnya, silahkan letakan kaleng tersebut di tempat yang sering dilalui oleh kecoa.

Mentimun yang ada di dalam kaleng tersebut pastinya akan menarik perhatian para kecoa. Namun mentimun tersebut akan bereaksi dengan alumunium sehingga menciptakan bau tertentu yang akan menjadi racun mematikan jika terhirup oleh kecoa.

  • Baking soda dan gula

Gula atau makanan yang manis merupakan salah satu makanan kesukaan para kecoa, sedangkan baking soda merupakan makanan yang akan meracuni dan membunuhnya. Maka dari itu kita bisa menjebaknya dengan menyediakan makanan yang manis namun mengandung racun tersebut.

Caranya adalah dengan menyiapkan gula dan baking soda yang biasa digunakan untuk membuat kue. Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata lalu taburkan di daerah yang banyak kecoanya. Tidak perlu menunggu waktu yang lama, para kecoa pasti akan langsung menyerbunya dan beberapa saat kemudian mereka akan mati keracunan.

  • Air sabun
advertisements

Kecoa sangat tidak menyukai air sabun dan mereka juga tidak akan bisa berjalan jika kakinya berlumuran sabun. Oleh karena itu kita dapat menjebaknya dengan membuat larutan air sabun yang ditekatan di dalam botol atau gelas.

botol jebakan kecoa

Caranya, campurkan sabun dengan air secukupnya lalu masukan ke dalam botol atau gelas. Letakan botol tersebut di atas meja atau di tempat favorit para kecoa. Agar mudah dijangkau kecoa, letakan kertas di sampingnya yang berfungsi sebagai tangga.

Jika ada kecoa yang masuk, maka mereka akan terjebak di dalamnya tidak bisa keluar lagi. Selain menggunakan sabun, Anda juga dapat menggantinya dengan kopi atau bahan lainnya yang akan menarik perhatian kecoa. Anda juga dapat memodifikasi botol untuk memastikan kecoa benar-benar tidak bisa keluar.

  • Garam dapur

Cara membasmi kecoa yang selanjutnya adalah dengan menggunakan garam dapur. Caranya cukup taburkan garam dapur di wilayah yang sering dilalui oleh para kecoa. Jika mereka memakannya, maka dipastikan kawanan kecoa tersebut akan mati keracunan.

Cara Mengusir Kecoa Secara Langsung

Selain menggunakan berbagai jebakan di atas, Anda juga dapat mengusir kecoa secara langsung jika Anda mengetahui di mana sarangnya atau melihatnya secara langsung. Caranya adalah dengan memasukan air sabun ke alat penyemprot, kemudian semprotlah kecoa tersebut ketika muncul di hadapan Anda.

Kecoa tersebut akan kesulitan berjalan sehingga Anda dapat dengan mudah menangkap dan membuangnya. Namun ingat, jangan sekali-kali memukul atau menjepit kecoa hingga badannya hancur berantakan. Pasalnya di dalam perut kecoa terdapat cacing-cacing kecil yang bisa membahayakan bagi manusia.

Maka dari itu, cukup ambil kecoa tersebut lalu buang ke tempat yang jauh. Jika tidak, Anda juga dapat membalikan tubuh kecoa tersebut hingga terlentang. Kecoa tidak akan bisa membalikan tubuhnya sendiri sehingga mereka akn mati dalam posisi tersebut.

Tips Agar Kecoa Tidak Kembali Lagi

Jika kecoa sudah mulai pergi dari rumah Anda, maka kini saatnya Anda mencegahnya agar tidak kembali lagi. Cara yang paling utama tentu saja dengan menjaga kebersihan rumah Anda. Selain itu Anda juga bisa mengikuti tips-tips berikut ini:

  • Tutup celah-celah kecil

celah kecoa

Kecoa biasanya masuk melalui lubang atau celah-celah kecil yang ada di sekitar rumah Anda seperti lubang pada tembok, pintu, jendela, dan lainnya. Maka dari itu tutuplah lubang tersebut agar kecoa tidak bisa masuk lagi ke rumah Anda.

  • Letakan bahan pengusir kecoa

Daun salam, kapur barus, dan biji bunga lavender merupakan beberapa bahan yang tidak disukai oleh kecoa. Maka dari itu, letakanlah bahan-bahan tersebut di daerah yang rawan ditempati kecoa agar mereka tidak kembali dan menempatinya lagi.

Selain itu taburkan juga ketika bahan tersebut di jalan yang sering dilalui kecoa. Untuk melindungi meja makan dan barang lainnya, maka Anda juga bisa menaburkannya di kaki meja agar kecoa tidak bisa menaikinya lagi.

  • Ramuan lada

Selain tiga bahan di atas, lada juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir kecoa. Caranya ambil lada secukupnya lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu campurkan dengan sedikit air hingga lada tersebut menjadi sedikit kental seperti pasta.

Sekarang, silahkan oleskan ramuan tersebut ke tempat-tempat yang menjadi sarang kecoa. Oleskan juga di sekitar meja agar kecoa menjauhinya. Selain untuk mengusir kecoa, ramuan ini juga dapat digunakan untuk mengusir semut dan binatang kecil lainnya.

Nah itulah berbagai macam cara membasmi kecoa serta mengusirnya agar tidak kembali lagi ke rumah Anda. Ingat jagalah selalu kebersihan di rumah dan kamar Anda karena kemunculan kecoa merupakan salah satu pertanda bahwa tempat tersebut kotor dan layak untuk mereka tempati.

Artikel Menarik Lainnya: