advertisements

Kangkung merupakan jenis sayur yang cukup populer sekali di kalangan masyarakat Indonesia. Di pedesaan, kangkung bisa kita temukan dengan mudah di kawasan yang banyak air. Biasanya kangkung banyak terdapat di selokan, sawah, bendungan, sungai mati, dan masih banyak lagi. Namun selain itu, sayuran ini sekarang ternyata juga sudah banyak dibudidayakan.

Kangkung bisa kita masak menjadi beragam kuliner lezat, mulai dari sup kangkung, cah kangkung, sayur asem kangkung, sampai dengan tumisan kangkung. Di antara jenis olahan kangkung tersebut, tumis kangkung paling populer dan banyak diminati di antara yang lainnya. Sebab selain mudah membuatnya, tumisan kangkung juga memiliki rasa cukup nikmat.

advertisements

Nah bagi Anda yang saat ini sedang mencari resep tumisan kangkung, kebetulan pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi resep tersebut. Sebenarnya cara membuat kuliner ini cukup mudah, namun Anda juga perlu mengetahui cara memasak tumis kangkung yang benar agar hasilnya semakin nikmat.

Bahan-Bahan Tumis Kangkung

Sebelum beranjak ke langkah pembuatan, lebih baik Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan nantinya. Bahan-bahan ini cukup mudah didapat, Anda bisa membelinya di tukang sayur atau pasar tradisional terdekat. Adapun bahan yang diperlukan antara lain seperti:

  • Kangkung cukup 2-3 ikat, bersihkan dan siangi, lalu sisihkan.
  • Bawang merah sebanyak 2 siung, iris tipis dan sisihkan
  • Bawang Putih sebanyak 3 siung, iris tipis dan sisihkan
  • Margarin sekiranya 2 sendok makan, atau bisa juga 3 sendok makan minyak goreng (untuk menumis)
  • Cabe merah cukup 1 buah, iris serong tipis dan sisihkan
  • Air putih matang sebanyak 150 ml
  • Gula pasir putih secukupnya saja
  • Garam seperlunya
  • Kecap manis sesuai kebutuhan masing-masing.

Cara Memasak Tumis Kangkung

cara memasak tumis kangkung

Langkah pertama panaskan minyak goreng atau mentega secukupnya dalam sebuah wajan. Lalu tumislah bawang merah dan bawang putih dengan api sedang sampai mengeluarkan aroma harum. Agar matang secara sempurna, sambil menumis bolak-bolik bahan tersebut.

Sekarang masukan cabe merah besar yang telah diiris ke dalam tumisan tersebut. Masak hingga cabe menjadi layu, lalu masukan sayur kangkung segar yang telah disiangi ke dalamnya. Aduk-aduk sebentar sambil menambahkan air sedikit demi sedikit ke dalam masakan tersebut.

Tambahkan garam, gula, dan kecap manis ke dalamnya. Agar merata, aduk-aduk lagi sampai tercampur semua bahan yang ada di wajan tersebut. Pastikan Anda memasak tumis kangkung ini dengan menggunakan api sedang saja.

Cicipi masakan tersebut apakah bumbu sudah pas atau belum. Jika sudah matang silahkan angkat dan sajikan tumisan kangkung ini. Masakan ini dapat Anda jadikan sebagai menu makan siang keluarga bersama dengan semangkuk nasi hangat.

Tumis kangkung ini juga sangat pas untuk disajikan bersama dengan sambal, tempe goreng, tahu goreng, dan nasi liwet. Jika Anda tertarik untuk membuat nasi liwet juga, silahkan simak tutorialnya di artikel ini.

Tips Memasak Tumis Kangkung Agar Lebih Nikmat

Agar masakan tumis kangkung yang Anda buat memiliki rasa yang mantap, silahkan simak beberapa tips dan trik sederhana berikut ini:

  • Gunakan kangkung yang masih segar dan berkualitas, bisa kangkung air ataupun kangkung darat.
  • Ketika memasak usahakan menggunakan api sedang. Hal ini bertujuan agar sayur kangkung tadi bisa matang secara merata.
  • Tambahkan sedikit minyak zaitun agar sayur kangkung Anda semakin nikmat.
  • Jika Anda suka pedas, tambahkan takaran cabai rawit yang digunakan.

Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh

advertisements

Tumisan kangkung di atas tidak hanya nikmat dikonsumsi sebagai lauk saja, tetapi lebih dari itu ternyata kita bisa mendapatkan segudang manfaat dari sayuran hijau tersebut. Adapun manfaat kangkung antara lain:

  • Meningkatkan kesehatan tubuh

Kangkung merupakan sayuran yang mengandung antioksidan cukup tinggi. Kandungan antioksidan yang terkenal dari sayuran ini adalah phyuto. Menurut para ahli gizi, kandungan tersebut dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit pun akan semakin tinggi.

  • Kaya akan mineral

resep tumis kangkung

Mineral alami sangat diperlukan oleh tubuh untuk melakukan regenerasi sel-sel kulit yang baru dan respirasi sel. Anda bisa mendapatkan asupan mineral tersebut dengan mengonsumsi sayur kangkung secara rutin. Sayur kangkung mengandung mineral magnesium, kalisum, kalium, fosfor, dan masih banyak lagi. Semua mineral tersebut juga dipercaya mampu membentuk sel darah merah secara lebih baik.

  • Menyingkirkan bau mulut

Bau mulut dapat muncul disebabkan karena pengaruh kuman atau bakteri pada bagian gigi. Untuk menghilangkannya, konsumsilah sayur kangkung secara rutin. Sayur ini mengandung banyak sekali senyawa yang bersifat anti-bakterial. Senyawa antibakterial tersebut antara lain estragole, cineol, icomene, dan phellandrene.

  • Mengobati sakit gigi

Apakah Anda sedang sakit gigi? Jika benar demikian, maka konsumsilah tumisan kangkung secara rutin. Sebab selain dapat membantu menghilangkan bau mulut, kandungan antibakterial tersebut juga sangat efektif untuk membantu mengatasi bakteri penyebab sakit gigi berlubang. Agar lebih maksimal, haluskan kangkung dan tempelkan pada gigi yang sakit.

  • Meningkatkan nafsu makan siapa saja

Tumisan kangkung memiliki aroma yang harum dan rasa sangat lezat, oleh karenanya makanan satu ini mampu menggugah selera makan siapa saja. Terlebih jika sayur kangkung ini Anda masak dengan bumbu yang pas seperti takaran diatas.

Demikian sajian informasi mengenai cara memasak tumis kangkung yang nikmat dan lezat. Resep tumis kangkung di atas sangat cocok bagi Anda yang belum jago memasak sayuran. Sebab selain bahan-bahannya mudah, cara membuatnya pun juga tidak terlalu rumit. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: