advertisements

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar atau membaca kalimat: cara diet dengan air putih? Mungkin sebagian dari Anda berasumsi bahwa diet ini hanya mengandalkan air putih saja, dengan kata lain Anda tidak mengkonsumsi makanan apapun selain air putih.

Jika Anda berpikir bahwa minum air putih saja (tanpa makan) bisa menurunkan berat badan, segera singkirkan pikiran tersebut. Karena pada tulisan kali ini kita akan bersama-sama menggali manfaat air putih sebagai sarana untuk membantu proses diet sehat Anda.

advertisements

Diet dengan air putih artinya menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi air putih secara teratur dalam porsi yang sesuai. Karena terlalu banyak mengkonsumsi air juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Nah, berikut ini adalah cara sukses diet dengan bantuan air putih.

  1. Minum Segelas Air Putih Sebelum Makan

Minum segelas air putih saat sebelum makan membuat perut terasa lebih kenyang dan akhirnya Anda hanya mengkonsumsi makanan tidak terlalu banyak. Ketika Anda mengurangi porsi makan, maka asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh juga semakin sedikit.

Pemangkasan asupan kalori ini bisa mempercepat proses penurunan berat badan. Agar cara ini semakin efektif, minumlah segelas air putih sebelum, saat, dan sesudah makan.

  1. Redakan Lapar dengan Segelas Air Putih

diet dengan air putih

Pernahkah Anda merasakan lapar sebelum waktu makan tiba? Nah, dari pada nyemil, Anda bisa minum segelas air putih untuk meredakan rasa lapar tersebut. Apabila Anda memiliki penyakit maag, sebaiknya minum air putih sembari mengkonsumsi buah-buahan yang juga kaya akan air, seperti semangka atau melon.

  1. Pilih Air Mineral Saat Makan Di Luar

Es teh, jus, minuman bersoda, smoothie dan minuman beralkohol tidak akan membuat tubuh Anda menjadi kurus. Pasalnya, semua jenis minuman tersebut mengandung kalori yang sangat tinggi. Alih-alih bisa menurunkan berat badan, minuman tersebut malah akan semakin menaikkan berat badan Anda.

Oleh karena itu, selalu pilih air mineral saat sedang makan di luar atau sekedar hang-out bersama kerabat. Usaha ini sangat efektif untuk membantu pengurangan asupan kalori sehari-hari dan juga membuat tubuh menjadi lebih segar.

  1. Detoks Tubuh dengan Air

Infused water adalah air yang dimasukkan ke dalam botol kemudian ditambahkan irisan buah-buahan dan sayuran, lalu botol tersebut didinginkan dalam lemari es. Infused water ini dapat berfungsi sebagai air detoks yang sangat baik untuk tubuh.

Air detoks ini tidak hanya bisa menurunkan badan dengan cepat, tetapi juga bisa membuang racun-racun akibat dari sisa makanan yang terdapat dalam tubuh. Silahkan simak artikel ini untuk cara membuat infused water yang sehat dan menyegarkan.

  1. Minumlah Air Putih Minimal 2 Liter Sehari

Dua liter adalah jumlah minimal konsumsi air yang dianjurkan dalam sehari. Jumlah ini tidak hanya membantu kesuksesan diet sehat yang sedang dijalankan, tetapi juga mencegah tubuh agar tidak mengalami dehidrasi.

  1. Konsumsi Air Putih Saat Berolahraga
advertisements

Diet apapun tidak akan sukses jika tanpa olahraga. Oleh karena itu, lengkapi cara diet dengan air putih ini dengan berolahraga secara teratur. Pastikan Anda selalu membawa air minum untuk dikonsumsi saat berolahraga. Sebelum olahraga, minumlah segelas air putih. Jika merasa haus di saat berolahraga, segera minum air yang Anda bawa.

  1. Minum Jenis Air yang Tepat

Pilihlah air putih dengan suhu standar ruangan untuk dikonsumsi sehari-hari. Hindari konsumsi air hangat atau dingin. Air hangat bisa dikonsumsi di pagi hari bersama dengan perasan air lemon dan garam. Kombinasi air hangat dan lemon ini dipercaya bisa melunturkan lemak-lemak berlebih pada tubuh.

Namun, jika Anda memiliki gangguan pencernaan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter mengenai diet dengan air putih dan lemon di pagi hari. Pasalnya, kadar asam pada air lemon tersebut dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah bagi pencernaan Anda.

  1. Jaga Nutrisi Tetap Seimbang dan Pola Makan Sehat

makanan sehat untuk diet

Diet dengan bantuan air putih ini tidak akan berhasil jika Anda tetap mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi. Nah, pastikan Anda juga memperhatikan pola makan sehat untuk melancarkan diet Anda. Di samping itu, jaga keseimbangan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kurangi makanan berkalori dan berlemak tinggi yang bisa menaikkan berat badan.

Tips Diet dengan Air Putih

Nah, sekali lagi kami tegaskan bahwa diet air yang benar adalah diet yang tetap disertai dengan konsumsi makanan sehat. Hindari diet yang hanya mengisi perut dengan air putih saja. Pasalnya, diet tersebut sangat berisiko tinggi bagi kesehatan.

cara diet dengan air putih

Perlu diingat, hanya meminum air putih saja dapat membuat tubuh kehilangan nutrisi penting. Bukan tubuh langsing yang diperoleh, malahan Anda bisa terkena penyakit dan tidak bisa beraktivitas dengan baik. Nah, berikut adalah beberapa kunci sukses menjalani diet dengan air putih:

  • Minum air putih sepanjang hari

Jangan minum air putih sekaligus 8 gelas dalam waktu bersamaan. Sebaiknya, konsumsi air setiap 2 jam sekali. Lakukan cara ini hingga tubuh memperoleh asupan air hingga 8 gelas sehari.

  • Sertai dengan gaya hidup yang sehat

Diet sehat tapi tetap merokok, malas berolahraga, makan junk-food, dan konsumsi minuman beralkohol, tidak akan ada hasilnya. Meskipun Anda sudah minum satu galon air putih dalam sehari, tapi jika Anda masih belum meninggalkan gaya hidup yang tidak sehat, maka sama saja Anda tidak akan memperoleh tubuh langsing dan sehat.

  • Gabungkan dengan Pola Makan ‘Eat Clean’

Eat Clean adalah pola makan yang mengkonsumsi makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar dan alami, serta tidak ditambahkan pengawet, perasa, atau bahan kimia lainnya. Eat clean bisa dilakukan dengan cara mengolah makanan Anda sendiri.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba cara diet dengan air putih ini? Ingat, selalu imbangi diet Anda dengan gaya hidup dan pola makan sehat agar usaha Anda menurunkan berat badan semakin sukses. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: