advertisements

Tidur merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan oleh setiap manusia. Sayangnya karena berbagai macam faktor, terkadang kita tidak bisa tidur pada waktu yang tepat dan dengan durasi yang cukup. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

Oleh karena itu kali ini saya akan mengulas beberapa cara agar cepat tidur dengan mudah di malam hari. Namun sebelumnya mari kita simak terlebih dahulu apa saja manfaat dari tidur yang cukup dan juga bahaya dari kekurangan tidur agar kita bisa menghindarinya.

Manfaat Tidur Cukup

advertisements

Durasi tidur terbaik untuk orang dewasa adalah 7 hingga 8 jam. Kekurangan tidur selama satu jam saja dapat menyebabkan berbagai masalah. Namun dengan tidur yang cukup kita bisa mendapatkan banyak sekali manfaat, di antaranya adalah:

1. Hidup lebih sehat

Tidur dengan durasi yang cukup dapat menjadikan tubuh lebih sehat. Banyak penelitian yang mengungkapkan jika tidur dapat meningkatkan imun atau kekebalan tubuh sehingga menjauhkan dari penyakit. Sebaliknya, kekurangan tidur justru akan mengundang berbagai penyakit seperti diabetes, obesitas, hingga gangguan jantung.

2. Mempercepat penyembuhan

Mungkin semenjak kecil kita sering dianjurkan oleh dokter untuk banyak tidur ketika sakit. Ya, tidur memang aktivitas paling mujarab dalam membantu penyembuhan. Bukan hanya penyakit dalam saja, penyembuhan luka dan cedera fisik juga dapat berlangsung lebih cepat jika kita tidur dengan waktu yang cukup.

3. Menghindarkan dari kecelakaan

Tidur juga dapat membuat kita lebih aman ketika berkendara. Seperti dikutip dari webmd.com, dalam beberapa penelitian mengenai kecelakaan di Amerika Serikat ditemukan fakta bahwa kekurangan tidur menjadi salah satu penyebab terbanyak dari kecelakaan mobil yang terjadi.

4. Menjaga berat badan

Cara agar cepat tidur obesitas

Tidur yang berkualitas dapat menjaga berat badan dari kegemukan. Para ahli mengatakan jika tubuh kita memiliki hormon leptin yang akan membuat perut kita selalu merasa kenyang. Namun ketika kita kekurangan tidur, hormon leptin tersebut akan berkurang sehingga kita akan sering merasa lapar.

5. Membuat pikiran lebih fresh

Kekurangan tidur dapat membuat kita kehilangan konsentrasi sehingga sulit untuk berpikir atau belajar. Oleh karena itu tidur yang cukup sangatlah penting untuk menjaga agar pikiran kita tetap segar. Selain itu, tidur yang sempurna juga akan memperkuat memori atau daya ingat pada otak kita.

Bahaya Kurang Tidur

Susah tidur malam saat ini saat ini banyak dialami oleh masyarakat indonesia. Banyak hal yang menyebabkan seseorang sulit tidur di malam hari, seperti karena pekerjaan atau hal lainnya. Namun apapun alasannya, kekurangan tidur tetap akan memberikan berbagai pengaruh buruk pada tubuh kita, seperti:

1. Kelelahan

Kelelahan merupakan efek utama yang akan dirasakan oleh seseorang yang kekurangan tidur. Kelelahan dapat mengakibatkan berbagai macam kecelakaan, baik itu kecil ataupun besar. Seperti disinggung di atas, menyetir dalam keadaan lelah akibat kurang tidur sama bahayanya dengan menyetir sambil mabuk sehingga dapat menimbulkan kecelakaan di jalan raya.

2, Mengundang berbagai penyakit

Cara agar cepat tidur

Resiko terserang penyakit kronis akan meningkat pada orang yang kurang tidur. Diperkirakan sekitar 90 persen orang yang terkena insomnia juga mengidap penyakit kronis yang cukup berbahaya seperti diabetes, stroke, penyakit jantung, serta tekanan darah tinggi.

3. Depresi

advertisements

Tidur yang berkualitas dapat menciptakan mood yang baik, namun kurang tidur justru akan memicu terjadinya depresi. Dikutip dari md-health.com, sebuah survey di tahun 2005 membuktikan jika kebanyakan penderita depresi hanya tidur kurang dari 6 jam setiap malamnya.

4. Mengganggu pekerjaan

Kekurangan tidur dapat menurunkan tingkat konsentrasi sehingga membuat kita sulit untuk fokus ketika bekerja atau belajar.  Selain itu, kekurangan tidur juga dapat mengganggu kinerja memori otak sehingga kita dapat menjadi pelupa.

5. Merusak penampilan

Cara agar cepat tidur mata panda

Kurang tidur dalam satu malam bisa membuat kelopak mata bawah membesar dan juga kulit wajah menjadi pucat. Jika hal ini terjadi berulang-ulang, maka kulit yang pucat dan mata panda tersebut akan menjadi permanen dan sulit untuk dihilangkan.

Elastisitas kulit juga akan terganggu ketika kita tidak tidur dengan durasi yang cukup. Pasalnya ketika kita kelelahan, tubuh akan memproduksi hormon cortisol lebih banyak dari biasanya. Hormon tersebut akan merusak protein yang menjaga agar kulit tetap elastis dan halus.

6. Obesitas

Jika Anda tidak ingin bertambah berat badan dengan cepat, maka hindarilah begadang atau tidur dalam waktu yang singkat. Sebuah penelitian menyatakan jika seseorang yang tidur kurang dari 7 jam akan beresiko terkena obesitas 30 persen lebih tinggi dibanding dengan orang yang tidur selama 7 jam atau lebih.

Cara Agar Cepat Tidur

Jika melihat berbagai macam dampak buruk dari kurang tidur di atas, tentu kita tidak ingin hal tersebut terjadi kepada kita. Namun bagaimana jika kita sudah terbiasa tidur larut malam atau bahkan mengalami insomnia sehingga sulit untuk tidur?

Hal tersebut memang cukup sulit untuk diobati apalagi jika kita sudah terbiasa tidur larut malam. Namun Anda dapat mengikuti berbagai macam tips dan trik di bawah ini agar Anda dapat langsung tidur dengan cepat di malam hari.

1. Matikan lampu satu jam sebelum tidur

Cara cepat tidur yang pertama adalah dengan mematikan lampu, smartphone, komputer, dan berbagai macam alat elektronik lainnya yang mengeluarkan cahaya. Tubuh kita memiliki hormon melatonin yang dapat merangsang rasa kantuk di malam hari. Sayangnya hormon tersebut tidak akan muncul apabila mata dan tubuh kita terus terpapar oleh cahaya.

Maka dari itu, matikanlah semua perangkat yang mengeluarkan cahaya agar tubuh kita dapat memproduksi hormon melatonin dengan normal. Hormon ini pulalah yang menjadi alasan mengapa kita cepat merasa ngantuk ketika mati lampu.

2. Gunakan Aromatherapy

Wangi Aromatherapy dapat membuat tubuh menjadi rileks serta menurunkan detak jantung dan tekanan darah. Seperti dikutip dari dr-oz.com keadaan tersebut akan memudahkan tubuh untuk mengantuk dan dapat menciptakan tidur yang pulas dan berkualitas.

[youtube youtubeurl=”8OMUO7c7fWY” ][/youtube]

3. Olahraga

Cara mengatasi susah tidur yang selanjutnya adalah dengan berolahraga. Olahraga dapat menciptakan tidur yang berkualitas di malam hari meskipun kita hanya berolahraga ringan saja. Namun pastikan Anda tidak berolahraga 4 jam sebelum tidur untuk menghindari kelelahan. Sangat disarankan untuk melakukan olahraga di pagi hari.

4. Makan kentang dan nasi

Sering merasa ngantuk setelah makan nasi? Nah, tips cepat tidur selanjutnya adalah dengan memakan nasi dan kentang. Makanan seperti nasi dan kentang memiliki Glycemic Index (GI) yang tinggi sehingga mampu meningkatkan Tryptophan. Tryptophan sendiri merupakan zat yang dapat merangsang rasa kantuk dengan cepat.

Maka dari itu konsumsilah nasi atau kentang jika Anda ingin cepat tidur. Namun ingat, Anda harus mengkonsumsinya 4 jam sebelum tidur agar tidak mengganggu metabolisme tubuh. Sebuah penelitian menyatakan jika mengkonsumsi makanan ber-GI tinggi akan membantu seseorang untuk tidur 49% lebih cepat dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan rendah GI.

5. Tidur dengan posisi miring

Menurut penelitian, tidur dengan posisi miring jauh lebih baik dibanding tidur terlentang. Tidur terlentang dapat menghambat peredaran udara sehingga memperbesar kemungkinan untuk mendengkur. Nabi Muhammad SAW juga mensunnahkan umat Islam untuk tidur miring ke arah kanan agar jantung tidak terhimpit.

6. Hindari kafein dan obat-obatan

Cara menyembuhkan insomnia yang terakhir adalah dengan minuman yang mengandung kafein tinggi seperti kopi. Anda disarankan untuk tidak minum kopi 8 jam sebelum tidur agar tubuh Anda mampu mencerna berbagai makanan di dalam tubuh dengan baik. Selain itu, hindari pula berbagai macam obat-obatan yang dapat membuat mata Anda selalu terjaga.

Itulah berbagai macam cara agar cepat tidur di malam hari bagi Anda yang sulit tidur atau menderita insomnia. Mengubah kebiasaan memang cukup sulit, namun jika Anda mau mencoba dengan tekad yang kuat pastinya Anda dapat merubah kebiasaan buruk tersebut sedikit demi sedikit. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: