advertisements

Seperti yang dilansir oleh liputan6.com, Bandung layak menjadi pusat kajian seni kuliner karena kota ini adalah trendsetter jajanan di Indonesia. Buktinya, hampir setiap weekend ribuan wisatawan datang ke Bandung sekedar untuk berburu kudapan yang sedang hits di sana. Seblak misalnya. Walaupun di kota asal para wisatawan sudah ada yang menjual seblak, tetap saja rasanya akan berbeda kalau tidak original dari Bandung atau asli buatan orang Bandung. Tidak hanya seblak, masih banyak lagi kuliner khas Bandung lainnya dan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Selain karena penasaran dengan rasa kudapannya atau sedang kangen dengan kudapan tersebut, tak jarang orang datang ke suatu kafe hanya karena tidak mau ketinggalan atau kudet alias kurang update. Yang membuat orang penasaran biasanya karena makanan atau minuman yang dijual di kafe itu unik, atau konsep kafenya sendiri yang unik. Bacaterus telah mengumpulkan 10 cafe hits di bandung yang lagi happening tahun 2016 supaya kamu tidak kudet. Yuk, disimak!

Cocorico

advertisements

Cocorico merupakan kafe hits di Bandung yang mengusung tema kebun modern dan memiliki view puncak bukit Kota Bandung. Kafe ini memiliki tiga lantai dengan tema yang berbeda di tiap lantainya. Alamat lengkap Cocorico adalah di Jalan Bukit Pakar Timur No. 19, Cimenyan. 

Makanan dan minuman di sini dominan ala Barat, seperti pasta, risotto, pizza, lemonade, smoothies, dan masih banyak lagi. Tapi ada juga kok kudapan khas nusantaranya seperti iga bakar dan nasi goreng. Siapkan uang sekitar 10 ribu – 150 ribu untuk menikmati santap enak di sini. Oh, ya, jam buka Cocorico adalah setiap hari pukul 11 siang – 11 malam WIB.

Lereng Anteng

lereng anteng

Lereng Anteng adalah kafe baru yang di Punclut. Kafe ini buka setiap hari jam 8 pagi – 10 malam WIB (weekdays) dan jam 8 pagi – 11 malam WIB (weekends). Kafe ini hanya bisa menampung 75-80 orang, jadi jangan kaget kalau harus ikutan waiting list saat datang ke sini. Harga makanan di sini sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp 5 ribu – 50 ribu saja. Ada tiga tempat yang bisa kamu pilih untuk nongkrong di Lereng Anteng, yaitu indoor, semi-outdoor, dan outdoor.

Ruangan indoor dilengkapi dengan bantal pipih sebagai alas duduk juga meja kayu yang lebar. Ruangan indoor ini merupakan no smoking area, ya. Untuk area semi-outdoor, tersedia sofa berkaki pendek dan bean bag ala kafe tepi pantai di Bali. Di sini kamu tetap bisa merasakan angin sejuk tapi tidak terpapar sinar matahari langsung. Nah, area outdoor inilah yang paling unik menurut Bacaterus, karena berada di lereng tebing, ada 5 buah tenda transparant (lesehan), dan kursi-kursi kayu untuk yang tidak mau lesehan.

Two Hands Full

cafe hits di bandung

Mungkin kamu akan agak kebingungan kalau baru pertama datang ke Two Hands Full, karena bentuk kafenya seperti belum jadi. Ternyata, konsep bangunan belum jadi merupakan tema cafe hits di Bandung ini. Lokasi Two Hands Full agak bergeser dari tempat yang dulu, jadi di Jalan Sukajadi No. 198A. Kafe hits di Bandung ini buka dari jam 8 pagi – 10 malam.

Menu yang dijual di sini adalah breakfast all day ala kafe Australia, seperti Big Brekky (non-halal) yang berisi sosis, bacon, hash brown, tomat panggang, tumis bayam, dan telur yang bisa disuguhkan sesuai permintaan (sunny side up, scrambled, atau omelette). Untuk minumannya, Two Hands Full menyediakan aneka kopi yang sedap seperti Cappucinno dan teh yang unik seperti Chai Latte. Range harga makanan dan minumannya sekitar Rp 20 ribuan – Rp 100 ribuan.

One Eighty Coffee

one eighty coffee

Kafe ini sedang happening banget, karena merupakan satu-satunya tempat minum kopi sambil rendam kaki di Bandung. Bangunan kafe ini ada tiga lantai, nah tempat duduk di kolam itu ada di lantai satu (outdoor). Lokasi kafe ini ada di dekat ITB, yaitu di Jalan Ganeca No. 3 (seberang Warung Pasta).

Selain menjual  kopi, di sini juga tersedia minuman lain yang menyegarkan seperti lemon tea (gelasnya tinggi banget, loh!). Untuk makanannya, tersedia masakan Asia (nasi-nasian) dan Western (pasta-pastaan dan pizza-pizzaan). Harganya agak bersahabat, sekitar Rp 10 ribuan – 80 ribuan.

Ngorea Bistro

advertisements

Hallyu wave adalah tersebarnya budaya pop Korea di berbagai negara di dunia yang memicu orang di negara tersebut mempelajari Bahasa dan kebudayaan Korea. Ya, Indonesia telah terkena hallyu wave, dapat dilihat dari maraknya restoran Korea di negeri ini. Dan Bandung adalah salah satu dari beberapa kota yang memiliki banyak resto Korea. Salah satunya yang sedang hits adalah Ngorea Bistro.

Makanan dan minuman yang dijajakan di sini tentu saja semuanya khas Korea. Selain kudapannya, konsep tempat mereka pun sangat Korea, jadi kamu tidak akan berpikiran kalau kamu ada di Bandung, tapi benar-benar serasa sedang ada di Korea. Harga makanan dan minuman di sini relatif murah, yaitu mulai dari Rp 5 ribu – Rp 40 ribu saja. Ingin segera datang ke sini? Langsung saja pergi ke Jalan Progo No. 35. Kafe ini buka dari jam 10 pagi – 9 malam.

Warunk Segood

Jalan Cihampelas merupakan destinasi wajib para wisatawan karena merupakan pusat belanja pakaian yang lumayan murah dan masih bisa ditawar. Di sana ada satu cafe hits di Bandung, namanya Warunk Segood. Lokasi kafe ini tepat di sebelah kanan setelah Cihampelas Walk, yaitu di Jalan Cihampelas No. 103. Jam buka kafe ini adalah dari jam 12 siang – 11 malam.

Sesuai dengan namanya, Warunk Segood menjual makanan ala warung seperti roti bakar dan mie instan dengan berbagai topping menggiurkan. Selain itu ada menu tradisional khas Bandung juga, yaitu surabi. Karena kafe ini bertema warung dan makanannya pun ala warung, harga yang dibanderol pun tidak mahal. Semua makanan dan minuman di sini under Rp 25 ribu.

Kane Pizzeria

kane pizzeria

Kafe hits di Bandung ini menyediakan pizza sebagai signature dish mereka. Pizza di sini berbeda dengan pizza biasanya. Ada pizza biasa (Savoury Pizza) yang topping-nya berupa fettuccine, smoked beef, tuna, chicken pesto, dan lainnya.

Ada pizza yang berbentuk seperti cone es krim (Cone Delight Pizza) dengan topping tuna, beef, greentea, cokelat, dan ada juga yang pizza benar-benar berisi es krim. Selanjutnya ada Dessert Pizza, yaitu pizza dengan topping buah-buahan atau dessert. Buah-buahan yang tersedia mulai dari pisang, apel, strawberi, dan bluberi. Untuk pizza dengan topping dessert ada cokelat, blackforest, greentea, dan smores (cokelat dan marshmallow).

Selain pizza, di Kane Pizzeria juga tersedia makanan ala Western lainnya seperti pasta, steak, dan baked rice. Siapkan uang sekitar Rp 30 ribu – Rp 100 ribu untuk makan di sini. Walaupun tempatnya tidak terlalu besar, Kane Pizzeria merupakan salah satu dari 10 cafe hits di Bandung yang lagi happening banget. Langsung saja datang ke TKP di Jalan Bahureksa No. 1, Bandung Wetan. Kane Pizza beroperasi setiap hari dari jam 10 pagi – 10 malam WIB.

The Three Monkeys Steakhouse

the three monkeys

The Three Monkeys Steakhouse menyajikan konsep yang berbeda dari steak house lainnya, yaitu dengan konsep open kitchen. Sehingga para pelanggan dapat menyaksikan langsung proses pembuatan makanan dan minuman yang mereka pesan. Lokasi The Three Monkeys ada di Jalan Buah Batu No. 231 (seberang BRI).

Speciallity di sini tentu saja steak dari daging sapi New Zealand dan Australia, disajikan dengan saus homemade yang eeenaaak banget! Tapi, buat yang lagi tidak ingin makan steak, di sini juga tersedia burger, chicken atau fish burger, Germany sausage, grilled chicken, dan ramyeon. Bangunannya luas, begitu pula dengan parkirannya, jadi cocok untuk kamu yang mau nongkrong dengan teman-teman.

Warkop Modjok

warkop modjok

Warung kopi hits ini berada di Jalan Pinus Raya, Komplek Perumahan Pondok Hijau Indah (masuk dari Jalan Sersan Bajuri). Sesuai dengan namanya, Warkop Modjok ini benar-benar berada di pojok jalan.

Mendukung konsep yang mereka angkat, harga kopi dan camilan di sini sangat murah. Satu gelas kopi hitam dihargai Rp 10 ribu saja, kalau mau pakai susu tinggal tambah Rp 2 ribu. Untuk camilannya ada cireng, tempe mendoan, mantau, kentang goreng, singkong keju, dll dengan range harga Rp 10 ribu – 20 ribuan.

Di sini kamu bisa pilih sendiri biji kopi favorit kamu untuk diolah, seperti robusta, arabica, liberica, dan kopi luwak. Metode pembuatan kopinya menggunakan manual brewing (V60, aeropress, vietnam drip, cold brew, dll).

Kalau kamu sedang tidak ingin ngopi atau tidak kuat minum kopi, di sini juga tersedia minuman lainnya seperti jeruk nipis, jahe rempah, dan milo tubruk. Kalau kamu mau makan berat ada indomie telur, nasi goreng, nasi bandeng presto, soto, dll dengan harga sekitar Rp 20 ribuan per porsi.

Marlo Kitchen

marlo kitchen

Lokasi Marlo Kitchen by Chef Norman ini ada di Jalan Tamblong No. 48-50. Marlo Kitchen dikelola oleh celebrity chef Indonesia, Chef Norman Ismail. Beliau berkolaborasi dengan Abu Marlo, magician jebolan “The Master Indonesia Season 1”. Makanya jangan heran kenapa konsep tempat ini dipenuhi oleh desain ala magician.

Di sini terdapat VIP room yang dapat digunakan untuk tempat private party atau arisan. Ada juga meeting room dengan kapasitas 10-15 orang beserta fasilitasnya seperti proyektor, screen, dan sound system. Marlo Kitchen by Chef Norman juga menyediakan fasilitas wedding party dengan kapasitas 200 pax.

Variasi makanan di cafe yang instagram-able ini mulai dari menu tradisional hingga western. Siapkan uang sekitar Rp 20 ribu – Rp 99 ribu untuk makanan dan Rp 7 ribu – Rp 42 ribu untuk minumannya.

Ya, itulah 10 cafe hits di Bandung lagi happening Tahun 2016. Tidak mau kalah hits? Ayo buruan datang ke 10 tempat yang Bacaterus rekomendasikan di atas. Kalau kamu pernah mampir ke tempat-tempat yang Bacaterus bagikan di atas, ayo cerita di kolom komentar di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya: